skip to content
[xoo_wsc_cart]

Bolehkah Pompa ASI Dipakai Berulang Kali Tanpa Dicuci?

Bagikan :
Picture of Nabila GabaG
Nabila GabaG

TIDAK . Memberikan Air Susu Ibu (ASI) pada bayi tak melulu dengan cara menyusui secara langsung atau direct feeding tapi juga dengan metode exclusive pumping (e-pumping) atau menyusui secara tidak langsung.

Bagi sebagian orang, metode e-pumping dianggap lebih rumit dibanding menyusui langsung, karena harus mempersiapkan alat pompa ASI atau breast pump dan tempat penyimpanan. Apalagi ASI yang dipompa perlu dijaga agar tetap steril.

Proses memompa ASI tidak hanya berurusan tentang cara memakai agar ASI lancar. Moms juga harus memperhatikan perawatannya.Bila tidak dirawat dengan benar maka pompa ASI bisa saja rusak dan malah tidak awet untuk dipakai.

Baca Juga :Rekomendasi Pompa Asi Terlaris paling di cari ibu menyusui

Apakah Boleh Memakai Pompa ASI Berulang Kali?

Dengan menjaga kebersihan dari pompa itu sendiri. Jadi setiap sehabis melakukan pumping, Moms harus mencuci dengan bersih.

Ingat bahwa setelah melakukan pompa mungkin saja alat tersebut terkontaminasi dengan bakteri, jamur dan kuman. Moms juga harus melakukannya dengan teliti dan memastikan keseluruhan alat bersih dengan sempurna.

Kebersihan adalah hal paling penting yang harus dijaga saat memompa dan mencucinya. Moms harus mengetahui bahwa kesehatan bayi yang bakal jadi taruhannya.

Apabila tidak dibersihkan dengan benar, akan muncul risiko penyakit berbahaya untuk Si Kecil.Salah satu risiko yang perlu Moms tahu adalah infeksi yang disebabkan cronobacter. Bakteri tersebut dapat menyebabkan radang selaput otak dan usus pada bayi.

Kebersihan alat pompa memiliki keterkaitan yang erat dengan kesehatan bayi. Terutama pada bayi prematur yang sangat berisiko terkena meningitis akibat cronobacter.Maka Moms harus memastikan kebersihan dari setiap alat pemompa yang dibersihkan.

Cara Sterilisasi dan Membersihkan Pompa ASI

Sebelum melakukan sterilisasi, pastikan tangan ibu bersih terlebih dulu. Selain itu, kumpulkan alat pemompa ASI yang akan dicuci. Periksa juga apakah perlengkapan pompa ASI itu kotor atau berjamur selama penyimpanan. Jika tabung berjamur, buang dan ganti dengan segera.

Baca Juga : Rekomendasi Pompa Asi Terlaris paling di cari ibu menyusui


Sehabis melakukan sterilisasi, jangan lupa untuk membersihkan pompa ASI. Berikut ini enam cara membersihkan pompa ASI yang bisa ibu terapkan:

  • Cermati bagian yang harus dicuci dan tidak. Sebab, tidak semua bagian dari pompa ASI bisa dicuci. Ibu bisa mengetahuinya dari pedoman penggunaan dan pencucian pompa ASI yang tersedia. Bagian pompa ASI yang harus dicuci biasanya adalah botol, corong, leher, dan klep atau katup. Sementara, bagian yang tidak boleh dicuci adalah selang serta mesinnya.
  • Lepaskan semua bagian botol satu per satu. Tujuannya agar ibu bisa membersihkannya secara menyeluruh.
  • Jangan mencampurkan pompa ASI dengan alat dapur lain saat mencucinya. Gunakan wadah khusus untuk membersihkan pompa ASI. Namun, pastikan wadah itu hanya digunakan untuk membersihkan perlengkapan bayi. Hindari meletakkan bagian pompa ASI di tempat pencuci piring. Hal ini dilakukan untuk agar pompa ASI tidak terkontaminasi kuman, bakteri, atau jamur yang ada di bak cuci piring.
  • Rendam bagian pompa ASI yang sudah dilepaskan dengan air panas yang sudah dicampur dengan sabun pencuci botol bayi. Cuci dan bilas alat pompa ASI dengan air hangat, lalu siram kembali pompa ASI dengan air panas mendidih untuk memastikan kebersihan alat tersebut.
  • Setelah selesai, keringkan alat pompa ASI. Ibu bisa menggunakan tisu bersih atau lap khusus yang bersih. Hindari menggunakan lap dapur atau lap cuci piring biasa karena bisa mencemari pompa ASI yang sudah bersih.
  • Bersihkan juga wadah dan sikat yang digunakan untuk membersihkan pompa ASI. Setelah bersih, biarkan alat tersebut hingga kering sebelum digunakan kembali.

Yang perlu diingat juga dalam membersihkan pompa ASI adalah lakukan segera setelah pompa ASI selesai digunakan.

REKOMENDASI BREASTPUMP TERBAIK GABAG

1. GABAG Kolibri X1

Merupakan mesin penghisap ASI yang memungkinkan Moms untuk melakukan pumping dengan mudah dan nyaman. Breastpump ini hadir dengan silikon yang membuat Moms dapat dengan nyaman melakukan penghisapan tanpa nyeri. Moms juga dapat memilih beragam mode penghisapan untuk dapat Moms pilih sesuai kebutuhan. Kolibri konektor pada produk ini dapat membantu Moms untuk memindahkan ASI tanpa perlu takut tumpah. 

  • Super comfortable

Moms dapat memompa ASI dengan nyaman tanpa perlu takut merasa nyeri karena produk ini dilengkapi dengan silicon lembut berkualitas. Bagian corong pada produk ini juga dilengkapi dengan tutup untuk menjaga kesterilan ASIP Bunda. 

  • Ultra silent

Tidak menghasilkan suara bising sehingga nyaman untuk digunakan dimanapun dan kapanpun.

  • Various Mode (16 mode)

Dilengkapi dengan beberapa mode penghisapan lengkap, GABAG Kolibri X1 dapat membantu Bunda untuk menghasilkan ASIP dengan nyaman.

  • Comfortable Connector 

Breastpump ini dilengkapi dengan kolibri konektor yang dapat memudahkan Bunda untuk memindahkan ASIP dari pump ketempat penyimpanan ASIP. Konektor ini dilengkapi dengan pengait yang dapat memungkinkan Bunda untuk memindahkan hasil perasan dengan mudah dan tetap steril. Dengan ini, Bunda dapat memberikan hasil ASI berkualitas untuk si kecil. 

harga 500ribuan saja dan banyak free gift nya loh moms!

2. Gabag – Handsfree Breastpump – Kolibri I Max Breastpump

Kolibri I-Max adalah Breastpump dengan inovasi baru yang lebih praktis, modern dan mudah digunakan. dengan media simpan berbentuk Cup maka Breastpump ini bisa digunakan secara mobile tanpa harus dipegang dan tidak perlu menggunakan bra khusus menyusui (pastikan saja pakai bra yang pas). 

Fitur :

–  5 level mode exspression 

–  5 level modeUnique suction

Mode:

Expression : Menjaga ASI tetap mengalir

Unique Suction : Kombinasi pijat dan ekspresi yang meniru irama hisapan alami bayi untuk memicu refleks ke bawah dan membuat ASI tetap mengalir

Cara penggunaan Kolibri I-Max :

1. Pastikan seluruh part dalam keadaan bersih dan Mesin tidak Lowbat

2. Pasang Valve, Diafragma dan Sillicone Pump menjadi 1 kesatuan

3. Pasang Mesin Kolibri I-Max pada Media simpan yang berbentuk Cup, Kemudian satukan dengan part nomor 2

4. Masukan Breastpump ke dalam bra kemudian nyalakan dan sesuaikan Mode serta Levelnya.

harga Rp. 700ribuan dan banyak free gift nya loh moms!

3. Gabag – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax 

The Lightest Handsfree Breastpump, BERGARANSI RESMI 3 TAHUN by GabaG Indonesia loh!

Kolibri MiniMax adalah Breastpump tanpa kabel dengan inovasi baru yaitu frekuensi suara lebih rendah, dibawah 55Db sehingga tidak perlu khawatir akan membangunkan bayi saat memompa di malam hari, mesin lebih ringan hanya 126 gram dan berdiameter 6,3 cm sehingga lebih bebas & bahagia ketika beraktivitas, modern dan mudah digunakan. 

Dengan media simpan/corong berbentuk Cup  maka Breastpump ini bisa digunakan secara mobile tanpa harus dipegang dan tidak perlu menggunakan bra khusus menyusui (pastikan saja pakai bra yang pas), Corong berbahan silicone lembut sehingga tidak akan melukai payudara dan puting ketika pumping. Dalam satu box Kolibri MiniMax terdapat part yaitu :

Fitur :

 Terdapat LED screen untuk memudahkan mengecek durasi pompa

  9 level mode expression 

 9 level mode Unique suction

Terdapat fitur auto memory untuk menyimpan setting terakhir pakai

 Touch button operation

Mode:

Expression : Menjaga ASI tetap mengalir

Unique Suction : Kombinasi pijat dan ekspresi yang meniru irama hisapan alami bayi untuk memicu refleks ke bawah dan membuat ASI tetap mengalir. 

harga 800ribuan dan banyak free gift nya loh moms!

4. Gabag – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

The Most Seamless Breastpump

Jika moms Lelah memegang pompa ASI dan aktivitas jadi terbatas,

Kini gak perlu khawatir lagi Moms, telah hadir breastpump handsfree Maximo TANPA harus di pegang! 

Dengan 3 mode hisapan yang membuat aliran ASI semakin lancar.

  • Mode Unique suction : Merupakan mode yang dirancang khusus seperti hisapan bayi, sehingga akan memudahkan Moms untuk berada di fase Let Down Reflex 
  • Mode Expression suction : Merupakan mode yang dirancang untuk menjaga aliran ASI agar tetap lancar dan stabil
  • Mode Automatic : Merupakan mode stimulasi yaitu perpaduan dari Unique Suction (mode hisapan bayi) & Massage yang bergantian secara otomatis 

– Terdapat 12 level hisapan yang bisa di atur sesuai kenyamanan

– Suara hisapan rendah sehingga tidak mengganggu bayi ketika sedang tertidur

– Rechargable Lithium Battery, 1000 mAh sehingga dapat digunakan sampai 4x pumping dalam sehari

Automatic off setiap 20 menit 

– Standing cup, sehingga cup atau wadah ASI bisa di simpan dengan posisi berdiri

– Ukuran Corong bawaan adalah 24 mm. 

– Adaptor corong 21mm & corong 27 mm di jual terpisah

– Daya tampung corong maksimal 180 ml

– Bergaransi selama 3 tahun yang terdiri dari:  1 tahun full jasa service & sparepart,  2 tahun free jasa service. harga Rp. 1.078.000 dan banyak free gift nya loh moms!

Nah, setelah mengetahui rekomendasi breastpump terbaik diatas untuk memudahkan Moms dalam menyusui atau MengASIhi, sudahkah Moms menentukan pilihan untuk memilih yang mana? Atau Moms sudah pernah menggunakannya?

Sharing di bawah kolom komentar pengalaman Moms menggunakannya, ya!

Produk Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Produk Terbaik

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp912.630

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,3RB Terjual

JualGabaG Tas Asi – Cooler Bag – Sling Tote Double Compartment Diamond / Passion

FLASH SALE JAM 15.00

Rp167.500

FLASH SALE JAM 15.00

50% OFF

Rp335.000

5/5

368 Terjual

JualGabaG Nipple Cream – Krim Puting Lecet Halal Vegan

FLASH SALE JAM 15.00

Rp54.500

FLASH SALE JAM 15.00

50% OFF

Rp109.000

5/5

322 Terjual

JualGabaG Tas Asi – Backpack Cooler Bag 2 in 1 MARIGOLD / TARTAN (Laptop Fit)

FLASH SALE JAM 15.00

Rp274.500

FLASH SALE JAM 15.00

50% OFF

Rp549.000

5/5

683 Terjual

JualSesi Konselor Menyusui GabaG

ONLINE & HOME VISIT

Rp200.000

ONLINE & HOME VISIT

0% OFF

Rp200.000

5/5

200 Terjual

JualKolibri Smart – Gabag Kantong Asi 120 ml – Enigma – Blossom

FLASH SALE JAM 15.00

Rp22.000

FLASH SALE JAM 15.00

60% OFF

Rp55.000

5/5

493 Terjual

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Sling Single Compartment Gaia / Cinnamon

FLASH SALE JAM 12.00

Rp144.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp289.000

5/5

559 Terjual

JualGabag Beauty Acne Clarifying Facial Cleanser

FLASH SALE JAM 12.00

Rp54.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp109.000

5/5

458 Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp764.730

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp1.130.130

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

JualWebinar Batch II – Gabag Roadshow

NEW !!!

Rp30.000

NEW !!!

0% OFF

5/5

50 Terjual

Jual5 Pack Gabag Kantong Asi – Kolibri Classic 120 ml

NYETOK KANTONG ASI SELAMA GAJIAN !!!

Rp110.000

NYETOK KANTONG ASI SELAMA GAJIAN !!!

34% OFF

Rp167.500

5/5

6,6RB Terjual

Trending Artikel

Uncategorized
Review Pompa ASI Manual dan Elektrik, Ini Perbandingannya!
Uncategorized
Cara Merangsang ASI untuk Atasi Kendala ASI Sulit Keluar
Pompa-ASI-Handsfree
Uncategorized
Kelebihan pakai pompa ASI handsfree
Diaper-Bag-Lokal-yang-Bagus
Uncategorized
Diaper Bag Lokal yang Bagus
rekomendasi-diaper-bag-terbaik-2
Uncategorized
Rekomendasi Diaper Bag Terbaik
Gabag-Yelo Mom- New-Normal-Bag - Diaper-Bag
Uncategorized
Merek Diaper Bag Yang Bagus dan Murah
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
0
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top