Placeholder canvas
[xoo_wsc_cart]

10 Cara Mencuci Muka yang Benar untuk Kulit Sehat

Bagikan :
Echa
Echa
10 Cara Mencuci Muka yang Benar untuk Kulit Sehat

Wajah adalah bagian tubuh yang paling terlihat, tidak salah kalau Bunda pasti memberikan perhatian khusus pada area ini. Salah satunya adalah melakukan cara mencuci muka yang benar dalam perawatan kulit sehari-hari agar wajah selalu tambah bersih dan sehat.

Cara mencuci muka yang benar ini sebenarnya tidak sulit, hanya banyak orang yang ternyata masih salah saat membersihkan wajah dengan rutin. Padahal mencuci muka dengan benar dapat membantu kulit wajah makin terlihat cerah. Karena dapat membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa makeup dari wajah. Hal ini dapat mencegah terjadinya masalah kulit, seperti jerawat, komedo, iritasi bahkan kulit menjadi kusam.

Baca Juga: 3 Alasan Jangan Sepelekan Bahaya UV pada Ibu Hamil

Agar tidak salah saat membersihkan muka, Bunda perlu tahu bagaimana cara mencuci muka yang benar dan tidak merusak kulit wajah. Apalagi kegiatan ini dilakukan setiap hari dan rutin. Ingin tahu caranya? Cek di sini ya!.

10 Cara Mencuci Muka yang Benar Agar Kulit Tetap Sehat

Berikut ini adalah 10 cara mencuci muka yang benar agar Bunda mendapatkan kulit yang sehat.

1. Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Langkah pertama sebelum mencuci muka adalah mencuci tangan terlebih dahulu hingga bersih. Ini perlu Bunda lakukan untuk mencegah kontaminasi kotoran dan bakteri dari tangan ke wajah. Pastikan mencucui tangan dengan sabun dan air mengalir. 

Namun sebelum itu, pastikah wajah sudah bebas dari make up dan sudah Bunda bersihkan ya. Jadi tinggal tahapan mencuci wajah saja. Bunda bisa menggunakan make up remover atau pembersih penyegar ketika membersihkan sisa make up yang menempel di muka. 

2. Basahi Wajah dengan Air Hangat

Membasahi wajah dengan air hangat dapat membuka pori-pori wajah. Sehingga mempermudah mengangkat kotoran dari kulit. Pastikan menggunakan air hangat ya dan jangan terlalu panas, karena berbahaya dan akan membuat kulit wajah menjadi lebih kering. 

3. Gunakan Sabun Cuci Muka Sesuai dengan Jenis Kulit

Pilih sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit. Buat Bunda yang memiliki kulit kering, pilih sabun cuci muka yang lembut dan tidak mengandung alkohol. Namun jika Bunda memiliki kulit berminyak, pilih sabun cuci muka yang mengandung bahan-bahan yang dapat mengontrol produksi minyak.

Baca label produk dan pilih yang bahannya sesuai dengan kebutuhan kulit. Jangan menggunakan sabun tangan atau badan, tapi gunakan sabun khusus wajah agar kulit tidak menjadi kering. 

Salah satu yang bisa Bunda gunakan adalah produk GabaG Beauty ya. Dengan bahan alami yang aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui. Sabun pembersih muka GabaG ada dua, yaitu Gabag Beauty Acne Clarifying Facial Cleanser dan Gabag Beauty Gentle Face Wash.

Untuk Gabag Beauty Acne Clarifying Facial Cleanser bisa Bunda gunakan bila mengalami kulit berjerawat, tapi untuk kulit normal gunakan Gabag Beauty Gentle Face Wash.

4. Aplikasikan Sabun Wajah dan Pijat dengan Lembut

Oleskan sabun cuci muka ke wajah dengan gerakan melingkar yang lembut. Pijat wajah selama 20-30 detik untuk mengangkat kotoran dan minyak. Jangan menggosok kulit terlalu keras dan hindari daerah mata. Bersihkan juga bagian leher dan area bawah rahang yang sering terlupakan saat mencuci muka dengan benar. 

Jangan lupa fokus pada area T-Zone, yang mencakup dahi, hidung, dan dagu, adalah tempat di mana sebum (minyak kulit) biasanya terkumpul. Setiap bagian muka gosok lembut selama 20-30 detik saja. Bersihkan dengan air bersih hingga sabun cuci muka benar-benar hilang. 

5. Keringkan Wajah dengan Handuk Bersih

Setelah melakukan tahapan cara mencuci muka yang benar, selanjutnya adalah menepuk wajah perlahan dengan handuk bersih untuk mengeringkan wajah. Gunakan handuk bersih ya Bunda dan jangan lupa ganti handuk secara rutin. Karena handuk yang kotor atau berpotensi mengandung bakteri dapat menyebabkan masalah kulit. 

Hindari menggosok wajah dengan handuk karena dapat membuat kulit menjadi kering dan dapat merusak kulit. Jadi Bunda cukup menekan dengan lembut saja untuk menghilangkan kelebihan air.

6. Gunakan Toner

Cara mencuci wajah yang benar selanjutnya adalah menggunakan toner. Pemberian toner dapat membantu menyeimbangkan pH kulit dan mengangkat sisa kotoran yang masih tertinggal. Pilih toner sesuai dengan jenis kulit dan aplikasikan lembut menggunakan kapas bersih. 

7. Gunakan Produk Perawatan yang Sesuai 

Setelah selesai membersihkan wajah, gunakan produk perawatan kulit lainnya yang sesuai dengan kulit wajah Bunda. Seperti menggunakan serum lalu pelembab dan krim lain yang biasa Bunda gunakan. Penggunaan produk perawatan setelah mencuci muka akan membantu meresap ke dalam kulit lebih cepat.

Skincare lain ini sangat membantu kulit Bunda terhidrasi dan melindungi dari kulit kering. Karena akan menjaga keseimbangan kelembaban kulit dan memberikan nutrisi tambahan.

Untuk produk GabaG Beauty, setelah mencuci wajah lanjutkan dengan Gabag Beauty Daily Protective Moisturizing Care – Daily Cream pada pagi hari dan Gabag Beauty Hydrating Night Cream – Night Cream di malam hari. Sedangkan untuk kulit berjerawat beri Gabag Beauty Acne Care Cream pada jerawat yang muncul di wajah setelah penggunaan pelembab. 

Baca Juga: 7 Manfaat Sunscreen yang Wajib Bunda Ketahui

8. Hindari Mencuci Muka Terlalu Sering

Mencuci muka terlalu sering dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Ternyata cara mencuci muka yang benar adalah cukup cuci muka dua kali sehari, yaitu di pagi hari dan malam hari saja. 

9. Hindari Menyentuh Wajah Berlebihan

Wajah adalah bagian wajah yang sensitif dan paling mudah terkontaminasi. Karena itu apabila sudah selesai mencuci muka, hindari menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Sentuhan berlebihan dapat mentransfer kuman dan minyak dari tangan ke wajah, yang dapat menyebabkan masalah kulit.

10. Lakukan Eksfoliasi Secara Rutin

Salah satu tahapan skincare dan masuk dalam cara mencuci muka yang benar adalah eksfoliasi. Melakukan eksfoliasi scrub rutin 1-2 kali seminggu dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Sel kulit yang baru pun akan tumbuh dengan cepat dan ini membuat wajah Bunda pasti tampak terlihat lebih cerah. 

Sekarang Bunda sudah tahu bagaimana cara mencuci muka dengan benar. Jadi jangan sampai salah lagi ya! Dan juga jangan sampai salah pilih produk kecantikan, apalagi buat ibu hamil dan menyusui. Gunakan produk dari GabaG Beauty yang terbukti terbuat dari bahan alami dan aman untuk Bunda gunakan setiap harinya. Dengan pembersih muka GabaG, wajah Bunda terlihat lebih bersih dan makin cantik. 

Baca Juga: 5 Ciri-ciri Kantong ASI yang Bagus untuk Ibu Menyusui

Perlu Bunda pahami, kalau setiap jenis kulit memiliki kebutuhan yang berbeda. Jadi penting untuk memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit. Tidak ada salahnya konsultasi dengan profesional perawatan kulit atau dokter kulit dermatologi, agar mendapat perawatan yang tepat. 

Dengan mencuci wajah dengan tepat, kulit muka Bunda akan sehat dan bercahaya. Buktikan sendiri yuk!.

Produk Terbaik

Produk Terbaik

JualGabag – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE STATER PACK

Rp912.644

FREE STATER PACK

12% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,2RB Terjual

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Single Handbag Bunga / Crystal / Awan / Rain Lily / Hummingbird

30% OFF

Rp199.000

5/5

3RB Terjual

JualGabag – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE STATER PACK

Rp1.130.133

FREE STATER PACK

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

JualGabag – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE STATER PACK

Rp764.744

FREE STATER PACK

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,8RB Terjual

JualBundling Hemat 3 Pack Kantong Asi Kolibri Smart 120ml – Assorted

FLASH SALE JAM 15.30

Rp66.000

FLASH SALE JAM 15.30

60% OFF

Rp165.000

5/5

1,8RB Terjual

JualGabag Beauty – Gentle Face Wash

FLASH SALE JAM 15.30

Rp49.000

FLASH SALE JAM 15.30

46% OFF

Rp89.000

5/5

782 Terjual

JualGabaG Tas Asi – Backpack Cooler Bag 2 in 1 Lemon / Hazel / Zenia ( Laptop Fit)

FLASH SALE JAM 15.30

Rp298.000

FLASH SALE JAM 15.30

34% OFF

Rp452.000

5/5

2,1RB Terjual

JualGabaG – Ice Gel Pack New Edition 200ml – Hot Gel Pack 200ml

26% OFF

Rp10.000

5/5

10RB+ Terjual

JualGift Card Voucher GabaG

Hemat s.d 100RB

Rp95K - 900K

Hemat s.d 100RB

10% OFF

Rp100K - 1.000K

5/5

113 Terjual

Trending Artikel

Campaign
GabaG Ramadhan – Ambil THR di GabaG AplikASI
Ini Penyebab Bintik Merah pada Kulit Bayi dan Penanganannya
Beauty
Ini Penyebab Bintik Merah pada Kulit Bayi dan Penanganannya
Apa Saja Basic Skincare Untuk Pemula agar Glowing
Beauty
Apa Saja Basic Skincare Untuk Pemula Agar Glowing? Cek Di Sini ya Bunda!
Urutan Basic Skincare yang Benar, Pilih GabaG Beauty skincare aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui
Beauty
Urutan Basic Skincare yang Benar, Jangan Sampai Salah!
Manfaat Ikan lele Bagi Ibu Menyusui yang Kaya Nutrisi
Ibu Hamil & Menyusui
Manfaat Ikan lele Bagi Ibu Menyusui yang Kaya Nutrisi
Laktogogue Adalah Solusi untuk Menangani Penurunan Produksi ASI, Bunda Sudah Coba
Ibu Hamil & Menyusui
Laktogogue Adalah Solusi untuk Menangani Penurunan Produksi ASI, Bunda Sudah Coba?
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
0
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top