skip to content
[xoo_wsc_cart]

Catat Bun! Ini Daftar Pantangan Makanan Untuk Ibu Menyusui

Bagikan :
Picture of Nabila GabaG
Nabila GabaG

Saat memasuki fase menyusui, pastinya Bunda ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati, terutama pemberian ASI. Buah hati yang berusia kurang dari 1 tahun memang wajib diberikan ASI eksklusif hingga berusia 6 bulan. Hal ini dikarenakan pada usia tersebut, sang bayi belum bisa mengonsumsi makanan sehingga untuk mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil, maka Bunda perlu memberikan ASI eksklusif.

Selama fase menyusui, tentunya Bunda pernah mengalami berbagai rintangan dan tantangan tersendiri. Misalnya saja, seperti kualitas ASI yang menurun atau jumlah ASI yang keluar tidak deras. 

Nah, penurunan produksi ASI ternyata bisa berdampak pada tumbuh kembang si kecil lho, Bun. Oleh sebab itu, untuk menjaga kualitas dan produksi ASI selalu bagus, Bunda harus mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi, serta vitamin.

Bunda, saat dalam masa menyusui, perlu diketahui terdapat beberapa makanan yang dilarang untuk dikonsumsi. Pantangan makanan untuk Ibu menyusui ini dilarang karena kandungan yang ada di dalamnya dapat menghambat proses produksi ASI. Tentunya Bunda tidak ingin sampai hal ini terjadi bukan? Nah, berikut daftar pantangan makanan untuk Ibu menyusui yang telah artikel ini rangkum untuk Bunda. Busui, merapat yuk!

Fast Food atau Junk Food

Urutan pertama dalam daftar pantangan makanan untuk Ibu menyusui ialah fast food atau disebut juga junk food. Memang, mencium aroma junk food dari kejauhan saja sudah membuat perut keroncongan ya, Bun. Akan tetapi, untuk melancarkan produksi ASI, maka Bunda perlu menghindari makanan junk food, seperti fried chicken, french fries, burger, dan lainnya. 

Sebab, makanan-makanan tersebut tidak mengandung gizi dan nutrisi yang cukup untuk Bunda yang menyusui. Maka dari itu, pastikan saat masih dalam fase menyusui, hindari makanan junk food dulu ya, Bun.

Makanan Pedas

Daftar pantangan makanan untuk Ibu menyusui selanjutnya ialah makanan yang memiliki rasa pedas berlebihan. Semua Bunda pejuang ASI pasti setuju jika makanan pedas merupakan hal yang paling sulit untuk dihindari.

Bun, makanan pedas seperti sambal perlu dihindari ya. Meskipun rasanya tidak lengkap makanan tanpa sambal, namun sebaiknya Bunda perlu mengurangi makanan tersebut.

Hal tersebut dikarenakan makanan pedas dapat membuat rasa ASI menjadi pedas yang tentunya akan berdampak buruk pada pencernaan buah hati. Terlebih bayi yang berusia kurang dari 6 bulan belum bisa menerima rasa pedas.

Buah Asam

Mengonsumsi buah-buahan memang bagus untuk kesehatan. Akan tetapi, untuk Bunda menyusui terdapat sejumlah buah-buahan yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan. Jenis buah yang masuk dalam daftar pantangan makanan untuk Ibu menyusui ialah buah yang rasanya asam, seperti jeruk atau lemon yang mengandung vitamin C cukup tinggi. Kandungan zat asam yang di dalam buah dapat membuat pencernaan bayi terganggu karena tidak mampu menahan zat asam tersebut.

Daun Peterseli

Daun peterseli juga termasuk dalam daftar pantangan makanan untuk Ibu menyusui lho, Bun. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam daun tersebut dapat mengurangi kadar ASI sehingga kualitas ASI ikut menurun. Kualitas ASI yang buruk dapat memengaruhi tumbuh kembang si kecil. Maka dari itu, Bunda perlu mengurangi mengkonsumsi daun peterseli saat memasuki fase menyusui.

Itulah daftar pantangan makanan untuk Ibu menyusui yang perlu Bunda hindari untuk menjaga kualitas dan produksi ASI tetap baik. Sebenarnya, hanya menghindari pantangan makanan untuk Ibu menyusui di atas tidaklah cukup, Bunda juga perlu memompa ASI secara rutin untuk meningkatkan kualitas dan produksi ASI.

Memompa ASI secara rutin dipercaya dapat meningkatkan stok ASI perah, menjaga kualitas ASI tetap baik, dan menjaga kesehatan payudara Bunda. Memompa ASI tidak akan berjalan sempurna tanpa adanya alat pompa ASI yang canggih. Nah, kini sudah ada produk pompa ASI canggih yang bisa Bunda andalkan, yaitu Infinite Double Breastpump dari GabaG Indonesia.

Infinite Double Breastpump merupakan pompa ASI berjenis elektrik yang banyak diminati para Busui di Indonesia. Hal ini dikarenakan pompa ASI elektrik ini memiliki segudang fitur dan mode canggih, seperti massage mode, automatic mode, unique suction mode, ultra silent, dan yang paling diunggulkan ialah fitur double pump. Fitur double pump dapat memudahkan Bunda memompa ASI dari kedua payudara sekaligus sehingga lebih menghemat waktu.

Selain itu, pompa ASI elektrik ini memiliki konektor khusus yang dapat disambungkan dengan kantong ASI. Dengan begitu, ASI yang dipompa dapat mudah dipindahkan ke wadah penyimpanan dan tentunya kesterilannya lebih terjaga. Dengan menggunakan Infinite Double Breastpump, kini kegiatan menyusui dapat terasa nyaman dan lancar sehingga hasil ASI perah pun akan meningkat!

Produk Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Produk Terbaik

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Sling Single Compartment Gaia / Cinnamon

FLASH SALE JAM 12.00

Rp144.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp289.000

5/5

559 Terjual

JualGabag Beauty Acne Clarifying Facial Cleanser

FLASH SALE JAM 12.00

Rp54.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp109.000

5/5

458 Terjual

JualGabaG Tas Asi – Cooler Bag – Sling Tote Double Compartment Summer / Gilia / Peony / Andrea

50% OFF

Rp335.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp764.730

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp912.630

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,3RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp1.130.130

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

JualGabaG Tas Asi – Backpack Cooler Bag 2 in 1 KINAN / PEANUT ( Laptop Fit)

FLASH SALE JAM 15.00

Rp226.000

FLASH SALE JAM 15.00

50% OFF

Rp449.000

5/5

267 Terjual

JualKolibri Smart – Gabag Kantong ASI 100 ML WFH (Work From Heart)

FLASH SALE JAM 15.00

Rp20.600

FLASH SALE JAM 15.00

60% OFF

Rp51.500

5/5

3,1RB Terjual

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Single Handbag Bunga / Crystal / Awan / Rain Lily / Hummingbird

40% OFF

Rp199.000

5/5

3,4RB Terjual

JualWebinar Batch II – Gabag Roadshow

NEW !!!

Rp30.000

NEW !!!

0% OFF

5/5

50 Terjual

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Sling Single Compartment People / Forest / Nara / Pink Camo / Cactus

50% OFF

Rp259.000

5/5

4RB Terjual

JualGabag – Kolibri Silicone Pump – Breastpump Manual

FLASH SALE JAM 12.00

Rp188.000

FLASH SALE JAM 12.00

30% OFF

Rp269.000

5/5

1,7RB Terjual

Trending Artikel

Uncategorized
Cara Merangsang ASI untuk Atasi Kendala ASI Sulit Keluar
Pompa-ASI-Handsfree
Uncategorized
Kelebihan pakai pompa ASI handsfree
Diaper-Bag-Lokal-yang-Bagus
Uncategorized
Diaper Bag Lokal yang Bagus
rekomendasi-diaper-bag-terbaik-2
Uncategorized
Rekomendasi Diaper Bag Terbaik
Gabag-Yelo Mom- New-Normal-Bag - Diaper-Bag
Uncategorized
Merek Diaper Bag Yang Bagus dan Murah
Gabag - New Normal Bag Stormy - Diaper Bag
Uncategorized
Rekomendasi Diaper Bag Ransel Terbaik untuk Ibu Modern
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
0
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top