skip to content
[xoo_wsc_cart]

5 Rekomendasi Cooler Bag ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Bagikan :
Picture of Nabila GabaG
Nabila GabaG
cooler-bag-terbaik

Mobilitas yang tinggi tidak bisa menghalangi Anda untuk memberikan ASI kepada buah hati. Supaya si kecil selalu mendapatkan nutrisi terbaiknya, Anda bisa memompa ASI dan menyimpannya agar tidak rusak di dalam cooler bag. Banyaknya produk di pasaran mungkin menyulitkan Anda memilih cooler bag asi terbaik.

Apakah ASI dari cooler bag bisa langsung diminum?

Bisa, ASIP yang disimpan dalam cooler bag aman bila langsung diminum oleh bayiCooler bag berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri pada ASIP dengan suhu dinginnya.

ASIP yang tidak menunjukkan adanya tanda-tanda pertumbuhan bakteri dapat dikonsumsi langsung tanpa perlu khawatir akan membahayakan kesehatan bayi. Cooler bag sendiridirancang dengan isolasi termal agar suhu dingin dari ice packbertahan lebih lama dibandingkan tas biasa. Dengan demikian, suhu dingin menjadi lebih stabil sehingga nutrisi dan kehigienisan ASIP (air susu ibu perah) tetap terjaga.

Meskipun begitu, penting bagi Anda untuk mengenali ciri-ciri ASI (air susu ibu) yang tidak layak konsumsi atau sudah basi:

  • Bentuknya menggumpal dan tidak cair lagi
  • Mengeluarkan aroma tengik
  • Terjadi perubahan warna
  • Rasanya berubah menjadi lebih asam

Jika ASIP yang disimpan menunjukkan ciri-ciri di atas, sebaiknya jangan memberikannya pada bayi. Kemungkinan ASI tersebut sudah tidak layak dikonsumsi dan terkontaminasi bakteri.

Cara memilih Cooler Bag ASI Terbaik

Bagaimana cara memilih cooler bag ASI terbaik? Beberapa tips berikut ini pasti akan membantu Anda. Yuk, disimak!

1. Jika Anda harus memompa ASI di luar rumah, pilih cooler bag dengan dua kompartemen terpisah atau lebih untuk menampung pompa ASI

Keberadaan banyaknya kompartemen akan menjaga pompa ASI tidak mudah rusak karena pengaruh suhu dingin atau embun yang dihasilkan ice pack

Cooler bag dengan kompartemen terpisah adalah solusi praktis bagi para ibu yang sering memompa ASI di luar rumah. Terlebih bila Anda menggunakan pompa ASI elektrik yang memiliki ukuran cukup besar, tas ini bisa diandalkan. Dengan cooler bag ini, ibu tidak perlu membawa terlalu banyak tas tambahan untuk menyimpan pompa ASI dan ASIP. Ukurannya yang cukup besar memberikan kenyamanan ekstra bagi para ibu karena tidak perlu khawatir kekurangan ruang untuk menyimpan ASIP.

Keberadaan kompartemen juga memberikan rasa tenang kepada ibu karena dapat mengurangi risiko kantong ASI bocor/pecah tertindih pompa ASI. Selain itu, pompa ASI juga lebih aman karena tidak terkena embun dingin yang bisa menyebabkan mesin rusak. Biasanya, informasi mengenai jumlah kompartemen pada cooler bag tersedia dengan jelas pada foto produk atau tertulis di deskripsi produk. 

2. Desain cooler bag ransel akan lebih baik karena dapat menghindari rasa pegal selama membawa cooler bag

Pakdari cooler bag akan terbagi secara merata pada bahu dan punggung. Dengan begitu, cooler bag akan lebih nyaman dibawa-bawa dalam waktu lama.

Cooler bag dengan banyak kompartemen tidak hanya membuat dimensinya lebih luas, tetapi juga membuat bobotnya lebih berat. Ibu menyusui akan cenderung menggunakan ice pack besar agar suhu dingin di dalamnya bertahan lebih lama. Kombinasi dimensi dan isi produk inilah yang memengaruhi berat cooler bag saat dibawa.

Meskipun bagi Anda tidak terlalu berat, penggunaan cooler bag dalam waktu lama dapat menyebabkan pegal atau sakit pada bahu. Oleh karena itu, jika Anda sering memompa ASI di luar rumah, sebaiknya pertimbangkan cooler bag dengan desain ransel. Berikut ini beberapa keunggulan cooler bag ransel:

  • Lebih nyaman untuk pemakaian jangka panjang

Dengan desain ergonomis, beban akan didistribusikan secara merata pada bahu dan punggung. Hal tersebut akan meningkatkan kenyamanan bagi para ibu menyusui selama membawanya, terutama bila waktu pemakaiannya lama.

  • Mobilitas menjadi lebih tinggi

Dengan membawa cooler bag di punggung, tangan menjadi lebih bebas sehingga memberikan keuntungan bagi Anda yang aktif bergerak. 

3. Pilih cooler bag dengan satu kompartemen bila Anda hanya memakainya untuk jalan-jalan sebentar

Cooler bag dengan satu kompartemen biasanya hanya berisi kantong ASI dan ice pack. Produk seperti ini otomatis lebih ringan serta terasa praktis saat dipakai.

ika Anda tidak memompa ASI di luar rumah, lebih baik pilih cooler bag dengan satu kompartemen saja. Cooler bag jenis ini umumnya lebih ringan. Tampilannya pun tidak terlalu bulky karena hanya dirancang untuk membawa beberapa kantong ASI dan ice pack, tanpa pompanya. Dengan begitu, Anda bisa membawanya dengan lebih mudah tanpa khawatir merasa pegal. 

Selain itu, cooler bag satu kompartemen juga lebih praktis karena Anda dapat langsung melihat isinya begitu dibuka. Informasi mengenai jumlah kompartemen pada cooler bag biasanya terlihat jelas pada foto produk atau tertulis di deskripsi produk. 

4. Bagi Anda yang sering di luar rumah, perhatikan ketahanan yang ditawarkan cooler bag Akan lebih baik jika cooler bag tahan minimal 12 jam

Jika ketahanan cooler bag rendah, padahal Anda belum bisa segera memindahkan ASIP ke kulkas, ASIP akan berpotensi rusak. Jika ASIP terlanjur rusak atau basi, bayi Anda tidak bisa mengonsumsinya lagi. Ketahanan cooler bag sangat bergantung pada ketebalan bahan isolasi termalnya. Sayangnya, produk-produk yang ada di pasaran jarang memberikan informasi mengenai ketebalan tersebut. Meskipun demikian, klaim dari produsen mengenai ketahanan produk dapat dipercaya dalam menjaga kesegaran ASIP. Informasi tersebut biasanya dijumpai pada deskripsi produk, seperti “tahan dingin selama sekian jam” atau “tetap segar dalam sekian jam”.

  • Cooler bag dengan ketahanan minimal 12 jam 

Bagi Anda yang harus memompa ASI di luar rumah, disarankan untuk memilih produk dengan klaim ketahanan minimal 12 jam. Hal ini dimaksudkan agar ASIP tetap segar sebelum disimpan di kulkas. Rata-rata ibu menyusui yang bekerja di luar rumah harus bekerja selama 8 jam sehari. Dalam kondisi tersebut, ibu juga perlu memperhatikan waktu yang ditempuh untuk perjalanan pulang.

  • Cooler bag dengan ketahanan di bawah 12 jam 

Sementara itu, bagi pengguna cooler bag yang hanya bepergian sebentar, produk dengan ketahanan di bawah 12 jam sudah mencukupi. Pertimbangannya, ASIP akan dikonsumsi oleh bayi selama berada di luar rumah. 

5. Pastikan kantong ice pack-nya banyak untuk mempertahankan suhu dingin lebih lama

Makin banyak ice pack, akan lebih tahan lama pula cooler bag dalam mempertahankan suhu dinginnya ASIP pun bisa terjaga dengan lebih optimal sehingga tak mudah rusak.

Selain memercayai klaim ketahanan produk dalam menjaga suhu dingin, Anda juga dapat meningkatkan efektivitasnya dengan menambahkan ice packSetidaknya, cooler bag diisi satu ice pack di setiap sisinya agar suhu dingin dapat merata ke semua sudut. Dengan begitu, kesegaran ASIP dapat terjaga dengan lebih maksimal sebelum dipindahkan ke kulkas atau dikonsumsi.

Produk Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Produk Terbaik

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Sling Single Compartment Gaia / Cinnamon

FLASH SALE JAM 12.00

Rp144.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp289.000

5/5

559 Terjual

JualGabag Beauty Acne Clarifying Facial Cleanser

FLASH SALE JAM 12.00

Rp54.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp109.000

5/5

458 Terjual

JualGabaG Tas Asi – Cooler Bag – Sling Tote Double Compartment Summer / Gilia / Peony / Andrea

50% OFF

Rp335.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp764.730

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp912.630

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,3RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp1.130.130

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

JualGabaG Tas Asi – Backpack Cooler Bag 2 in 1 KINAN / PEANUT ( Laptop Fit)

FLASH SALE JAM 15.00

Rp226.000

FLASH SALE JAM 15.00

50% OFF

Rp449.000

5/5

267 Terjual

JualKolibri Smart – Gabag Kantong ASI 100 ML WFH (Work From Heart)

FLASH SALE JAM 15.00

Rp20.600

FLASH SALE JAM 15.00

60% OFF

Rp51.500

5/5

3,1RB Terjual

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Single Handbag Bunga / Crystal / Awan / Rain Lily / Hummingbird

40% OFF

Rp199.000

5/5

3,4RB Terjual

JualWebinar Batch II – Gabag Roadshow

NEW !!!

Rp30.000

NEW !!!

0% OFF

5/5

50 Terjual

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Sling Single Compartment People / Forest / Nara / Pink Camo / Cactus

50% OFF

Rp259.000

5/5

4RB Terjual

JualGabag – Kolibri Silicone Pump – Breastpump Manual

FLASH SALE JAM 12.00

Rp188.000

FLASH SALE JAM 12.00

30% OFF

Rp269.000

5/5

1,7RB Terjual

Trending Artikel

Uncategorized
Cara Merangsang ASI untuk Atasi Kendala ASI Sulit Keluar
Pompa-ASI-Handsfree
Uncategorized
Kelebihan pakai pompa ASI handsfree
Diaper-Bag-Lokal-yang-Bagus
Uncategorized
Diaper Bag Lokal yang Bagus
rekomendasi-diaper-bag-terbaik-2
Uncategorized
Rekomendasi Diaper Bag Terbaik
Gabag-Yelo Mom- New-Normal-Bag - Diaper-Bag
Uncategorized
Merek Diaper Bag Yang Bagus dan Murah
Gabag - New Normal Bag Stormy - Diaper Bag
Uncategorized
Rekomendasi Diaper Bag Ransel Terbaik untuk Ibu Modern
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
0
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top