Placeholder canvas
[xoo_wsc_cart]

Paraben dalam Skincare, Seberapa Berbahaya untuk Kesehatan?

Bagikan :
Picture of Nabila GabaG
Nabila GabaG

Paraben dalam Skincare – Kecantikan adalah salah satu hal yang umumnya berhubungan dengan wanita. Tidak sedikit wanita yang merasa harus terlihat menawan di mana dan kapan saja.

Tentu hal tersebut kerap berhubungan dengan penggunaan kosmetik. Namun, tahukah kamu terkadang beberapa kosmetik memiliki kandungan yang berbahaya bagi tubuh. Salah satunya adalah kandungan paraben yang dapat memberi dampak buruk bagi tubuh.

Paraben adalah zat kimia yang digunakan sebagai bahan pengawet pada produk-produk perawatan tubuh dan kosmetik. Paraben dalam skincare berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur dalam produk. Namun, penggunaan paraben dalam skincare masih menjadi kontroversi hingga sekarang.

Sesungguhnya penggunaan paraben dalam skincare tidak memberikan manfaat apapun bagi tubuh. Paraben justru berpotensi menimbulkan penyakit jika digunakan rutin dalam jangka waktu panjang. 

Paraben adalah senyawa yang memiliki banyak turunan, di antaranya:

  • Methylparaben
  • Propylparaben
  • Butylparaben
  • Isopropylparaben
  • Isobutylparaben
  • Phenylparaben
  • Benzylparaben
  • Penthylparaben
  • Ethylparaben

Di antara banyaknya turunan senyawa ini, methylparaben dan propylparaben adalah yang paling banyak digunakan dalam kosmetik dan skincare, seperti: krim wajah, pasta gigi, body lotion, hingga sabun dan sampo! Ketahanan produk dengan paraben bisa mencapai lebih dari dua tahun. Sangat lama, memang. Tapi, benarkah sepenuhnya aman?

Kemungkinan Reaksi Alergi akibat Penggunaan Paraben:

Jika Anda menggunakan produk-produk kosmetik yang mengandung paraben, perhatikan kemungkinan timbulnya reaksi alergi pada kulit (dermatitis kontak alergi), seperti:

  • Gatal
  • Ruam kemerahan
  • Kering dan bersisik
  • Bengkak
  • Nyeri
  • Melepuh atau seperti terbakar

Untuk menghindari reaksi alergi dari penggunaan produk kosmetik, coba oleskan sedikit produk di pergelangan tangan dan tunggu reaksi dalam 48 jam. Selain itu, hindari penggunaan produk yang mengandung paraben pada permukaan kulit yang sedang luka atau bermasalah. Agar lebih aman, pilihlah produk kosmetik yang bebas paraben (paraben-free).

Bahaya paraben untuk kesehatan: 

1.Gangguan Endokrin

Salah satu bahaya yang dapat terjadi akibat paraben adalah mengganggu fungsi endokrin. Struktur kimia dari kandungan ini mirip dengan hormon estrogen, sehingga tubuh mendeteksinya sebagai zat yang merugikan sehingga mempengaruhi endokrin. Belakangan ini dikabarkan jika zat kimia tersebut dapat menyebabkan pubertas dini pada anak perempuan. Saat gangguan endokrin terjadi, pengidapnya dapat alami timbul jerawat, gangguan perkembangan dan neurologis, hingga berbagai jenis kanker.

2.Berisiko Sebabkan Kanker Payudara

Bahaya paraben lainnya yang mungkin terjadi adalah dapat meningkatkan risiko untuk terserang payudara. Kandungan kimia ini ternyata tidak hanya menyerap masuk ke tubuh melalui kulit, tetapi juga dapat menyebabkan terjadinya pertumbuhan sel kanker. Dikarenakan wanita yang paling sering menggunakan kosmetik, maka risiko untuk alami kanker payudara lebih tinggi.

3.Reaksi Alergi

Seseorang yang menggunakan kosmetik dengan kandungan paraben mungkin saja mengalami bahaya pada kulit. Awalnya, gangguan ini mungkin hanya iritasi dan alergi pada kulit yang berkembang. Namun, gangguan tersebut dapat berkembang menjadi eksim. Maka dari itu, kandungan paraben jarang digunakan untuk mengawetkan krim hidrokortison topikal atau salep antibiotik.

4.Masalah Reproduksi

Disebutkan juga bahaya paraben lainnya yang dapat terjadi adalah peningkatan risiko terhadap masalah reproduksi. Gangguan ini dapat berkontribusi terhadap peningkatan risiko dari masalah reproduksi, bahkan kanker pada orang dewasa. Selain itu, pada anak-anak juga dapat menyebabkan masalah perkembangan. Maka dari itu, ada baiknya untuk menjauhi kandungan tersebut pada kosmetik yang digunakan.

Bahaya paraben untuk ibu hamil dan menyusui

Setelah mengetahui cara kerja paraben, perempuan khususnya ibu hamil dan menyusui semakin perlu berhati-hati. Sebab, risiko dan efek samping paraben tidak akan hanya menyerang diri sendiri saja, melainkan janin atau bayi di dalam kandungan.

Beberapa kasus efek samping paraben pada ibu hamil dan menyusui adalah:

  • Bagi ibu hamil, paraben yang mengendap di dalam tubuh bisa masuk ke janin melalui plasenta. Paraben bisa berubah menjadi racun dan menghambat pertumbuhan saraf bayi dan bisa mengakibatkan cacat lahir, keguguran, bahkan bayi lahir dengan berat badan rendah. Hal ini disebabkan karena saat masa pertumbuhan dalam kandungan, sistem endokrin pada janin tidak terbentuk secara sempurna.
  • Bagi ibu menyusui, paraben bisa masuk ke tubuh bayi melalui air susu ibu (ASI) yang dikonsumsi oleh bayi. Paraben akan terkontaminasi di dalam sel darah dan bisa menyebar ke bagian tubuh manapun. Akibatnya, zat ini bisa menghambat perkembangan otak dan saraf bayi dan mengakibatkan bayi memiliki keterlambatan pertumbuhan hingga IQ rendah.

Oleh karena itu, beralih ke produk kecantikan yang paraben free tentu akan jauh lebih baik.

Tips memilih kosmetik dan skincare bebas paraben:

  • Pilih produk perawatan kulit dan tubuh yang memiliki keterangan paraben free.
  • Sebaiknya menggunakan produk yang didominasi oleh bahan natural, sehingga meminimalkan penyerapan zat kimia berbahaya dalam tubuh.
  • Pastikan juga produk tidak menggunakan bahan-bahan kimia berbahaya lainnya seperti merkuri, oxybenzone, retinol, phthalates, triclosan, SLS/SLES, alkohol.
  • Selalu cek komposisi sebelum membeli.
  • Jika ragu, konsultasikan setiap produk kepada dokter kandungan untuk ditinjau kembali komposisinya.

Berikut rekomendasi Skincare apa yang aman untuk ibu hamil?

1. GabaG Acne Care Cream

Cream totol jerawat yang diperkaya dengan Tea tree oil, avocado dan daun lotus. Membantu mengeringkan jerawat, menyejukkan kulit yang berjerawat, menjaga kelembaban kulit, mengurangi produksi minyak dan sebum pada wajah, serta mencegah munculnya noda hitam akibat bekas jerawat.

Komposisi :

Aqua, Tea Tree, Mystric Acid, Glycerin, Potassium Hydroxide, avocado oil, Angelica Gigas Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Psidium Guajava Leaf Extract, Melaleuca Alternifolia Oil, Aloe Barbadensis Leaf Extract

2. Daily Protective Moisturizing

Dijamin aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Sunscreen / UV Protection yang memiliki kandungan Avocado Oil. Bermanfaat untuk menghidrasi kulit wajah agar tampak bercahaya serta melindungi kulit dari sinar matahari. Kulit menjadi sehat bernutrisi

SPF 30++

Cocok untuk semua jenis kulit.

Dijamin aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Komposisi :

Water, Butyrospermum Parkii Butter ( Shea Butter ), Zinc Oxide, , Cetyl Alcohol, avocado oil

3.Acne Clarifying Facial Cleanser

Dijamin aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Sabun Wajah yang diperuntukkan untuk kulit wajah berjerawat, dengan formulasi yang menyejukkan, tidak membuat kulit wajah kering, membantu pengobatan jerawat. Untuk hasil yang maksimal gunakan bersama dengan gabag beauty acne care cream.

Cocok untuk semua jenis kulit.

Dijamin aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Komposisi :

Aqua, Mystric Acid, Glycerin, Potassium Hydroxide, avocado oil, Angelica Gigas Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Psidium Guajava Leaf Extract, Melaleuca Alternifolia Oil, Aloe Barbadensis Leaf Extract

Baca juga: Rekomendasi Skincare Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui!

4.Hydrating Night Cream

Dijamin aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Krim malam berbasis air dengan tekstur gel ringan yang mudah meresap. Diperkaya dengan Avocado Oil, niacinamide, licorice dan algae. Melembabkan dan Menghidrasi kulit wajah sepanjang malam. Bangun esok pagi dengan kulit wajah lebih cerah dan sehat serta kencang alami.

Cocok untuk semua jenis kulit.

Dijamin aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Cara Pakai :

1. Bersihkan wajah sebelum menggunakan Gabag Night Cream.

2. Gunakan pada wajah dengan dengan metode lima titik menggunakan ujung jari, yaitu pada dahi, hidung, dagu, dan kedua pipi.

3. Ratakan dengan pijatan lembut vertikal ke seluruh wajah, leher dan dada atas.

4. Gosok kedua telapak tangan secara lembut dan beri kehangatan pada wajah dan leher

Komposisi :

Aqua, Niacinamide, betaine, Glycerin, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, avocado oil, Macrocystic Pyryfera Extract

5. Gentle Face Wash

Dijamin aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Gabag Beauty Gentle Face Wash yang merupakan pembersih wajah bertekstur gel. Dengan Formula lembut untuk kulit sensitif diperkaya dengan collagen dan avocado oil untuk kulit tampak lebih kencang, bercahaya dan lembab.

Gentle Face Wash ini mengandung bahan-bahan baik untuk menyehatkan , melembapkan, mencerahkan , mengencangkan serta membantu proses pemulihan dan regenerasi sel-sel kulit, ,membersihkan kotoran dengan lembut, seperti (kotoran, polusi udara, tumpukan minyak di wajah dan residu dari make up)  sehingga kulit akan tampak menjadi lebih sehat dan #SemakinCerah.

-Cocok  untuk semua jenis kulit

-Sudah di claim aman & halal untuk Ibu Hamil & Menyusui

-Waktu pemakaian: Pagi & Malam hari

Komposisi :

-Avocado oil : Melembabkan kulit

– Collagen :  Membersihkan & mengencangkan kulit

-Niacinamide: Memperbaiki tekstur kulit, Meredakan peradangan kulit, mengecilkan pori-pori, memperkuat skin barrier & menyamarkan hiperpigmentasi pada kulit

Produk Terbaik

Produk Terbaik

JualGabag – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE STATER PACK & FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp699.000

FREE STATER PACK & FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,8RB Terjual

JualGabaG Tas Asi – Cooler Bag – Backpack Sling Double Compartment Nirmala / Juwita / Onyx / Praya / Tora / Embun / Nathan / Boston / Yuna

32% OFF

Rp289.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE STATER PACK & VOUCHER KONSULTASI

Rp1.130.130

FREE STATER PACK & VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

JualSesi Konselor Menyusui GabaG

ONLINE & HOME VISIT

Rp200.000

ONLINE & HOME VISIT

0% OFF

Rp200.000

5/5

200 Terjual

JualGabag – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE STATER PACK & VOUCHER KONSULTASI

Rp912.630

FREE STATER PACK & VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,2RB Terjual

JualGabagKids Double Lunch Bag (medium) – Tas Bekal anak

FLASH SALE JAM 12.00

Rp126.000

FLASH SALE JAM 12.00

40% OFF

Rp210.000

5/5

212 Terjual

JualMagic Pack Mermaid – Penghangat Bekal

FLASH SALE JAM 12.00

Rp29.000

FLASH SALE JAM 12.00

40% OFF

Rp49.000

5/5

78 Terjual

JualGabaG Tas Asi – Backpack Cooler Bag 2 in 1 KINAN / PEANUT ( Laptop Fit)

20% OFF

Rp432.000

5/5

224 Terjual

JualGabaG – Ice Gel Pack New Edition 200ml – Hot Gel Pack 200ml

26% OFF

Rp10.000

5/5

10RB+ Terjual

JualGift Card Voucher GabaG

Hemat s.d 100RB

Rp95K - 900K

Hemat s.d 100RB

10% OFF

Rp100K - 1.000K

5/5

113 Terjual

Trending Artikel

Manfaat ASI untuk Bayi Cairan Ajaib yang Tak Tertandingi
Ibu Hamil & Menyusui
Manfaat ASI untuk Bayi: Cairan Ajaib yang Tak Tertandingi
Metode-tes-kehamilan-dengan-jari
Uncategorized
Metode Tes Kehamilan dengan Jari: Apakah Ini Efektif?
Cara Meningkatkan Produksi ASI agar Lebih Melimpah
Ibu Hamil & Menyusui
Cara Meningkatkan Produksi ASI agar Lebih Melimpah
Kehamilan Ektopik: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan
Uncategorized
Kehamilan Ektopik: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan
cara-menghitung-usia-kehamilan-dengan-akurat
Uncategorized
Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Akurat
10 Tips Mudik Bawa Bayi yang Aman dan Anti Repot
Ibu dan Anak
10 Tips Mudik Bawa Bayi yang Aman dan Anti Repot
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
0
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top