skip to content
[xoo_wsc_cart]

Wajib Tahu, Ini 5 Kandungan Skincare Aman Untuk Ibu Hamil dan Ibu Menyusui!

Bagikan :
Picture of Echa
Echa
Wajib Tahu, Ini 5 Kandungan Skincare Aman Ibu Hamil dan Menyusui!

Sebagai organ terbesar dari tubuh manusia, kulit berfungsi untuk melindungi tubuh. Karena itulah Bunda harus menjaganya dengan baik. Termasuk saat memilih kandungan skincare aman bagi ibu hamil dan menyusui, agar tidak membahayakan Bunda dan tentunya bayi tersayang.

Kulit ibu hamil hingga menyusui biasanya memang lebih sensitif, mulai dari perubahan hormon hingga perubahan kulit yang katanya bawaan hamil. Tapi itu adalah hal yang sangat wajar dan akan berubah kembali seperti semula ketika sudah tidak hamil atau menyusui. Karena itu Bunda harus hati-hati dan hanya memilih kandungan skincare aman ibu hamil dan menyusui saja. 

Ibu hamil dan menyusui biasanya pakai skincare yang agak berbeda dengan wanita yang tidak hamil. Jadi, tidak boleh sembarangan ya memilih produk dengan kandungan skincare aman ibu hamil dan menyusui. 

Baca Juga: 10 Cara Mencuci Muka yang Benar untuk Kulit Sehat

Apa saja kandungan skincare aman ibu hamil dan menyusui itu? Berikut lengkapnya!. 

5 Kandungan Skincare Aman Ibu Hamil dan Menyusui

Berikut ini adalah beberapa kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui:

1. Glycerin

Glycerin adalah agen humektan efektif yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Sehingga permasalahan kekeringan dan iritasi kulit yang timbul selama kehamilan bisa teratasi dengan baik. 

2. Coconut oil dan Shea butter

Keduanya merupakan pelembab alami yang sering digunakan sebagai kandungan aman ibu hamil dan menyusui. Manfaatnya sangat banyak seperti dapat membantu melembutkan dan menghaluskan kulit, sehingga akan melindungi kulit dari kekeringan dan iritasi.

3. Hyaluronic acid atau Asam hialuronat

Hyaluronic acid adalah bahan pelembab humektan yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit, membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta mengatasi kulit kering yang sering terjadi selama kehamilan.

4. Vitamin C dan Mineral Sunscreen Alami

Vitamin C merupakan  antioksidan baik yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu juga dapat membantu mencerahkan kulit berkilau alami, mengurangi flek hitam dan mengatasi hiperpigmentasi selama kehamilan. 

Sedangkan mineral sunscreen mengandung bahan-bahan alami, seperti zinc oxide dan titanium dioxide, yang dapat membantu melindungi kulit dari sinar matahari.

5. Pilih yang Fragrance-free, Non-comedogenic dan Hypoallergenic 

Dengan menggunakan produk yang Fragrance-free, Non-comedogenic dan Hypoallergenic, kulit Bunda akan aman serta mengurangi risiko iritasi kulit pada ibu hamil dan menyusui.

Baca Juga: 7 Manfaat Sunscreen yang Wajib Bunda Ketahui

Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Ibu Hamil

Sedangkan skincare yang harus dihindari oleh ibu hamil dan menyusui adalah sebagai berikut:

1. Retinoid (Retinol)

Kelompok bahan aktif yang sering digunakan dalam produk anti-penuaan. Namun, retinoid dalam dosis tinggi dapat meningkatkan risiko cacat lahir dan sebaiknya dihindari selama kehamilan.

2. Salisilat

Ini asam yang sering ditemukan dalam produk perawatan kulit untuk mengobati jerawat dan eksfoliasi kulit. Penggunaan salisilat dalam jumlah besar dapat membahayakan janin.

3. Asam Hidroksi Beta (BHA)

Bahan eksfoliasi yang dapat menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Ibu hamil lebih rentan terhadap perubahan pigmen kulit akibat paparan sinar matahari, sehingga sebaiknya hindari BHA.

4. Benzoyl Peroxide

Ini adalah bahan yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk mengobati jerawat. Namun, penggunaan benzoyl peroxide dalam jumlah tinggi dapat mengakibatkan reaksi kulit yang parah dan sebaiknya dihindari selama kehamilan.

5. Hormon

Penggunaan produk skincare yang mengandung hormon estrogen atau progesteron ini dapat memengaruhi keseimbangan hormon ibu hamil dan janin, sehingga sebaiknya dihindari.

6. Minyak Esensial

Beberapa minyak esensial, seperti minyak esensial rosemary dan sage, dapat mempengaruhi hormon dan sebaiknya tidak digunakan selama kehamilan.

7. Pewangi Buatan

Dalam produk skincare sering kali mengandung bahan-bahan kimia yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau iritasi kulit. Selama kehamilan, kulit cenderung lebih sensitif, jadi sebaiknya hindari produk dengan pewangi buatan.

8. Produk Mengandung Merkuri

Ini bahan berbahaya yang dapat merusak sistem saraf dan ginjal. Beberapa produk skincare ilegal mengandung merkuri, dan penggunaannya harus dihindari oleh ibu hamil.

9. Produk dengan Konsentrasi Tinggi Asam Glikolat atau Lactic Acid

Bahan eksfoliasi yang dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Selama kehamilan, hindari produk dengan konsentrasi tinggi asam ini.

10. Skincare yang Tidak Teruji dengan Baik

Selalu periksa label produk skincare dan pastikan bahwa produk tersebut telah diuji secara aman untuk penggunaan selama kehamilan dan menyusui.

Jangan lupa untuk menghindari kandungan di atas ya, agar tidak membahayakan kesehatan ibu hamil dan menyusui. 

Ibu Hamil Boleh Pakai Skincare?

Selama masa kehamilan, penggunaan skincare harus dilakukan dengan lebih hati-hati. Kondisi kulit dapat berubah secara signifikan akibat perubahan hormon, seperti timbulnya jerawat, stretch mark, atau kulit yang menjadi kusam. Meskipun Bunda mungkin ingin menjaga kulit tetap cantik dan sehat selama kehamilan, penggunaan skincare tidak boleh sembarangan. 

Karena itu ada kandungan skincare yang aman dan tidak  seperti di atas bagi ibu hamil menyusui yang perlu Bunda ketahui. Jangan lupa untuk konsultasi dengan dokter atau profesional yang berpengalaman. 

Baca Juga: 3 Alasan Jangan Sepelekan Bahaya UV pada Ibu Hamil

Pastikan membaca label dengan baik dan cermat pada berbagai kandungan yang ada pada produk skincare. Hindari membelinya bila terdapat bahan yang berbahaya, tapi gunakanlah hanya produk dengan kandungan skincare aman ibu hamil dan menyusui. 

Ingatlah bahwa kesehatan Bunda dan janin adalah prioritas utama, dan penggunaan skincare yang aman adalah kunci untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik selama masa kehamilan.

Jadi ibu hamil dan menyusui boleh pakai skincare atau tidak? Dilansir dari web kesehatan terkenal Healthline, ternyata ibu hamil dan menyusui diperbolehkan untuk menggunakan skincare. Namun harus dipastikan memakai produk selama memiliki kandungan yang aman untuk ibu hamil menyusui. Pastikan untuk selalu menggunakan produk terbaik dengan bahan alami selama hamil dan menyusui demi Bunda dan bayi tersayang.

GabaG Beauty, Skincare Aman Untuk Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Skincare yang tepat akan membantu menjaga kesehatan kulit ibu dan janin selama kehamilan. GabaG dengan rangkaian skincare GabaG Beauty memiliki GabaG Beauty Ultimate Package. Dalam satu paket dengan pouch cantik terdiri atas GabaG Beauty Acne Care Cream, Acne Clarifying Facial Cleanser, Gentle Face Wash, Daily Protective Moisturizing Care – Daily Cream dan GabaG Beauty Hydrating Night Cream – Night Cream

Menggunakan keseluruhan rangkaian skincare dari GabaG Beauty akan membantu melindungi kulit dari kerusakan dan tetap menjaga kulit Bunda tetap sehat bercahaya. Dengan kandungan skincare yang aman, GabaG akan menemani seluruh masa hamil dan menyusui Bunda tetap cantik sepanjang hari. 

Sekarang sudah tahu kan apa saja kandungan skincare aman ibu hamil dan menyusui serta yang harus dihindari? Jangan sampai salah pilih ya Bunda. Tetap cantik selama hamil dan menyusui bersama GabaG Beauty!. 

Produk Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Produk Terbaik

JualSesi Konselor Menyusui GabaG

ONLINE & HOME VISIT

Rp200.000

ONLINE & HOME VISIT

0% OFF

Rp200.000

5/5

200 Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp912.630

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,3RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp764.730

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp1.130.130

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

Trending Artikel

Memancing-Asi-Keluar
Uncategorized
Cara Memancing Asi Keluar Saat Hamil
Uncategorized
Ini Perbedaan Pompa Air Susu Ibu Manual dan Elektrik
Berapa-Lama-ASI-Bertahan?
Uncategorized
Berapa Lama ASI Bertahan di Suhu Ruangan? Ini Jawabannya Bun
Penyebab Cacar Monyet pada Anak dan Cara Mengatasinya
Beauty
Penyebab Cacar Monyet pada Anak dan Cara Mengatasinya
Keampuhan Hyaluronic Acid untuk Stretch Mark
Beauty
Keampuhan Hyaluronic Acid untuk Stretch Mark
Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI dan Cara Mengatasinya
Ibu dan Anak
Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI dan Cara Mengatasinya
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top