skip to content
[xoo_wsc_cart]

Ini Dia 10 Keluhan Kehamilan di Trimester Pertama yang Perlu Bunda Waspadai!

Bagikan :
Picture of Echa
Echa
10 Keluhan Kehamilan di Trimester Pertama

Hai Bunda, selamat ya sudah dinyatakan positif hamil Pasti Bunda sangat bahagia saat pertama kali melihat dua garis merah di test pack. Kehamilan memang momen yang sangat istimewa dalam hidup seorang wanita. Namun ternyata bukan hanya kebahagiaan saja, tapi juga banyak Bunda yang mengalami keluhan kehamilan di trimester pertama. 

Keluhan yang terjadi ini tentu penuh dengan tantangan ya Bunda. Jangan risau dan galau, keluhan kehamilan di trimester pertama ini memang banyak dialami oleh Bunda yang baru hamil. Bunda tidak perlu terlalu khawatir, selama saat diperiksa baik janin dan Bunda tetap sehat.

Baca Juga: Produk Skincare Organik Untuk Ibu Hamil Menyusui: Keamanan Dan Manfaatnya

Keluhan di awal kehamilan ini bukan hanya karena perubahan hormon saja, tapi juga karena faktor lain seperti stres, perubahan metabolisme, kurang tidur, dan kelelahan juga bisa. Penasaran apa saja keluhan kehamilan di trimester pertama kehamilan? Cek di sini ya Bunda, agar Bunda dan keluarga tahu bagaimana cara mengatasinya juga!.

10 Keluhan Kehamilan di Trimester Pertama

1. Payudara Terasa Nyeri

Salah satu keluhan umum selama trimester pertama kehamilan adalah nyeri pada payudara. Peningkatan hormon progesteron di awal kehamilan dapat membuat payudara Bunda menjadi bengkak dan terasa nyeri. Bunda tenang saja, karena ini merupakan hal yang wajar. Nanti nyeri di payudara ini akan berangsur-angsur mereda. 

Untuk mengurangi rasa rasa nyeri, Bunda bisa menggunakan bra khusus ibu hamil yang dirancang untuk mengurangi gesekan pada puting. Pakai ukuran yang cocok ya Bunda, biasanya ketika hamil ukuran payudara juga akan bertambah besar. 

2. Mual Muntah (Morning Sickness)

10 Keluhan Kehamilan di Trimester Pertama

Banyak dialami ibu hamil, mual muntah merupakan keluhan kehamilan terutama selama trimester pertama. Ini disebabkan oleh peningkatan hormon estrogen dan mempengaruhi produksi asam lambung menjadi lebih banyak dibanding biasanya.

Kurangi mual dan muntahnya dengan cara makan dalam porsi kecil tapi lebih sering. Dan juga pastikan untuk tetap terhidrasi dengan cukup minum air putih ya!.

3. Pusing dan Sakit Kepala

Biasanya Bunda yang hamil sering mengalami pusing kepala sampai terasa gelap. Penyebabnya karena tubuh masih beradaptasi, mulai dari peningkatan volume darah yang dibawa ke janin, penurunan tekanan darah, dan fluktuasi gula darah. 

Agar Bunda tidak merasa pusing lagi, pastikan asupan zat besi yang cukup dan minum air secara teratur. Jangan pernah melewatkan waktu makan walau hanya sedikit ya Bunda.

4. Sembelit

Keluhan kehamilan di trimester pertama biasanya kan membuat hormon progesteron naik dan ternyata ini bisa membuat otot-otot halus di saluran pencernaan rileks, sehingga mengakibatkan pergerakan usus yang lambat. Makanya butuh serat makanan yang lebih banyak dalam makanan. 

Sembelit juga merupakan keluhan yang sering dialami selama trimester pertama. Peningkatan hormon progesteron membuat . Ini dapat diatasi dengan meningkatkan asupan serat dalam makanan. Usahakan menghindari obat pencahar sebelum menambah serat ya Bunda, gunakan alami saja. 

5. Perut Kram

Kadang Bunda akan merasakan perut tiba-tiba sakit dan terasa kram. Ternyata ini juga termasuk keluhan di awal kehamilan. Sebabnya banyak kenapa bisa membuat perut kram, seperti perkembangan rahim yang membesar, aktivitas seksual yang terlalu bersemangat, masalah pencernaan, peregangan ligamen, dan perubahan hormon.

Tapi walau sudah biasa, keluhan ini sebaiknya tidak dianggap enteng. Kalau sakit dan mengganggu aktivitas, Bunda harus segera konsultasi ke dokter kandungan. Ini akan mencegah kandungan Bunda terjadi masalah. Karena kadang perut kram itu bisa saja karena kehamilan seperti kehamilan ektopik, infeksi saluran kemih, atau juga bisa gejala keguguran.

6. Keluar Flek Coklat

Flek cokelat adalah keluhan yang sering terjadi selama trimester pertama kehamilan. Ini bisa disebabkan oleh perdarahan implantasi atau perubahan hormonal. Meskipun umum terjadi, flek ini tetap perlu diawasi, dan konsultasikan ke dokter kandungan untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

Apalagi kalau kehamilan sudah masuk bulan ke-3 tapi masih keluar flek coklat itu sangat berbahaya. Biasanya diberikan obat penguat kandungan oleh dokter. 

7. Mudah Lelah

10 Keluhan Kehamilan di Trimester Pertama

Siapa di sini yang merasa kalau saat hamil sering merasa capek? Nah, keluhan umum selama trimester pertama kehamilan memang bakal sering capek atau mudah lelah. Ini bisa karena perubahan hormon pada diri Bunda. 

Lebih baik Bunda kurangi aktivitas yang melelahkan, makan yang nutrisinya cukup hingga minum air yang banyak agar tidak terjadi dehidrasi. Jaga diri agar tidak mengalami anemia dengan minum suplemen penambah darah, karena kurang darah saat hamil itu sangat berbahaya. 

Baca Juga: Cara Menghitung Usia Kehamilan Manual Dan Simulasinya

8. Sering Buang Air Kecil

Saat hamil, pada beberapa Bunda sering merasa ingin buang air kecil terus menerus. Ini ternyata karena ukuran rahim membesar sehingga menekan kandung kemih Bunda. Jadinya Bunda sering merasa ingin buang air kecil. 

Untuk mengurangi keluhan ini, hindari minum terlalu banyak sebelum tidur dan batasi konsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh. Tapi jangan ditahan ya, misalnya ingin buang air besar ya harus dikeluarkan daripada ditahan yang bakal tidak nyaman. 

9. Asam Lambung Jadi Naik

Selain kram, perut ibu hamil biasanya jadi sering terkena asam lambung. Ini bisa disebabkan oleh perubahan hormon dan tekanan dari perkembangan rahim yang semakin besar. Untuk dapat mengurangi keluhan ini dengan minum air jahe hangat, mengunyah permen karet, dan menghindari makanan pedas, asam, teh, dan kopi. Dan kurangi stress ya Bunda, biar asam lambung tidak tambah naik. 

10. Mood Swing

Mood swing adalah perubahan suasana hati yang umum terjadi selama kehamilan. Perubahan hormon yang signifikan dan faktor lain, seperti kurang tidur, kelelahan, dan stres, dapat mempengaruhi suasana hati Bunda. Untuk mengatasi mood swing, dukungan dan pengertian dari pasangan sangat penting. Cobalah untuk menjaga mood Bunda dengan melakukan aktivitas yang menyenangkan. Seperti nonton drama favorit atau belanja di website GabaG Indonesia juga bisa loh Bunda. GabaG menyediakan berbagai macam kebutuhan ibu hamil dan menyusui agar tetap nyaman melakukan yang terbaik. Bunda juga bisa melihat-lihat berbagai artikel seputar hamil, menyusui dan tumbuh kembang yang ada di website GabaG.

Kalau Bunda ingin bertanya banyak dan mendapat support system dari ibu hamil lainnya, bisa bergabung di komunitas telegrup ibu hamil GabaG Indonesia. Karena nanti akan ada banyak sharing dari Bunda yang akan berbagi pengalaman dengan dipantau oleh admin yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan bidan. 

Kapan ke Dokter Kandungan?

10 Keluhan Kehamilan di Trimester Pertama

Keluhan kehamilan di trimester pertama memang harus diperhatikan. Dilansir dari WebMD, walau memang umum terjadi pada ibu di saat awal kehamilan, tapi tetap memerlukan perawatan khusus. Bunda juga harus selalu waspada terhadap keluhan yang disertai dengan gejala tertentu, karena ini bisa menjadi tanda adanya komplikasi kehamilan. Misalnya, flek yang disertai dengan perut kram harus segera dikonsultasikan dengan dokter kandungan, karena bisa menjadi tanda potensial adanya masalah keguguran. 

Baca Juga: 7 Tanda Awal Kehamilan Menurut Dokter Kandungan

Jadi jangan lupa untuk selalu lakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan selama kehamilan untuk memastikan kesehatan Bunda dan janin. Semangat ya Bunda!. 

Produk Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Produk Terbaik

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp912.630

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,3RB Terjual

JualGabaG Tas Asi – Cooler Bag – Sling Tote Double Compartment Diamond / Passion

FLASH SALE JAM 15.00

Rp167.500

FLASH SALE JAM 15.00

50% OFF

Rp335.000

5/5

368 Terjual

JualGabaG Nipple Cream – Krim Puting Lecet Halal Vegan

FLASH SALE JAM 15.00

Rp54.500

FLASH SALE JAM 15.00

50% OFF

Rp109.000

5/5

322 Terjual

JualGabaG Tas Asi – Backpack Cooler Bag 2 in 1 MARIGOLD / TARTAN (Laptop Fit)

FLASH SALE JAM 15.00

Rp274.500

FLASH SALE JAM 15.00

50% OFF

Rp549.000

5/5

683 Terjual

JualSesi Konselor Menyusui GabaG

ONLINE & HOME VISIT

Rp200.000

ONLINE & HOME VISIT

0% OFF

Rp200.000

5/5

200 Terjual

JualKolibri Smart – Gabag Kantong Asi 120 ml – Enigma – Blossom

FLASH SALE JAM 15.00

Rp22.000

FLASH SALE JAM 15.00

60% OFF

Rp55.000

5/5

493 Terjual

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Sling Single Compartment Gaia / Cinnamon

FLASH SALE JAM 12.00

Rp144.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp289.000

5/5

559 Terjual

JualGabag Beauty Acne Clarifying Facial Cleanser

FLASH SALE JAM 12.00

Rp54.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp109.000

5/5

458 Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp764.730

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp1.130.130

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

JualWebinar Batch II – Gabag Roadshow

NEW !!!

Rp30.000

NEW !!!

0% OFF

5/5

50 Terjual

Jual5 Pack Gabag Kantong Asi – Kolibri Classic 120 ml

NYETOK KANTONG ASI SELAMA GAJIAN !!!

Rp110.000

NYETOK KANTONG ASI SELAMA GAJIAN !!!

34% OFF

Rp167.500

5/5

6,6RB Terjual

Trending Artikel

Uncategorized
Review Pompa ASI Manual dan Elektrik, Ini Perbandingannya!
Uncategorized
Cara Merangsang ASI untuk Atasi Kendala ASI Sulit Keluar
Pompa-ASI-Handsfree
Uncategorized
Kelebihan pakai pompa ASI handsfree
Diaper-Bag-Lokal-yang-Bagus
Uncategorized
Diaper Bag Lokal yang Bagus
rekomendasi-diaper-bag-terbaik-2
Uncategorized
Rekomendasi Diaper Bag Terbaik
Gabag-Yelo Mom- New-Normal-Bag - Diaper-Bag
Uncategorized
Merek Diaper Bag Yang Bagus dan Murah
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
0
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top