skip to content
[xoo_wsc_cart]

Mengapa Buku Cerita Untuk Balita itu Penting?

Bagikan :
Picture of Echa
Echa
Mengapa Buku Cerita Untuk Balita itu Penting (1)

Manfaat buku cerita untuk balita tak perlu dipertanyakan lagi. Selain membangkitkan imajinasi anak, buku cerita juga dapat membangun empati, meningkatkan literasi, dan mengeratkan hubungan anak dengan orangtua. Singkat kata, buku cerita yang dikonsumsi anak berpotensi membantu terbangunnya pribadi yang berkarakter. Itulah sebabnya Bunda mesti memilihkan buku cerita yang tepat untuk balita. 

Buku cerita bisa menjadi sarana mudah untuk mendukung pendidikan dan tumbuh kembang balita di rumah sebelum mereka memasuki bangku sekolah. Saat membaca cerita bersama, orang tua membangun bonding, mengenalkan kata-kata baru, dan terutama mengenal dunia di sekeliling mereka.

Baca Juga: 7 Ide Bekal Sekolah Simpel Anak yang Menyenangkan

Membaca dan bertukar cerita akan mendorong si kecil untuk mulai mengenal suara, kata, dan bahasa yang semuanya bermanfaat dalam membangun literasi sejak dini. Selain memancing keingintahuan, lewat buku cerita anak otomatis mengembangkan otak melalui latihan untuk fokus, berkonsentrasi, keterampilan berkomunikasi, dan observasi.

Manfaat mengenalkan buku cerita untuk balita

Mengapa Buku Cerita Untuk Balita itu Penting (1)

Buku cerita untuk balita biasanya didominasi oleh gambar-gambar indah dan memukau, atau objek yang disukai bayi. Kata-kata biasanya masih minimal, dan inilah pentingnya peran Bunda untuk terlibat membacakan buku cerita bagi bayi.

Manfaatnya sangat besar, yaitu mampu memengaruhi kemampuan anak dalam berbicara, memecahkan masalah, menulis, bahkan memengaruhi daya imajinasi bayi agar terpacu menjadi kreatif.

Baca Juga: Cerita Rakyat Pendek dan Pesan Moralnya untuk Edukasi Keluarga

Laman Raising Children menurunkan tulisan bahwa manfaat buku cerita untuk balita adalah mendukung pendidikan anak sejak dini. Mendengarkan cerita akan membantu mengembangkan keterampilan literasi si kecil serta membantunya belajar tentang dunia, budaya mereka sendiri, dan budaya lain sebagai ikhtiar membangun toleransi.

Manfaat lain buku cerita untuk balita adalah mengajarkan anak tentang arti kerja sama dan semangat kolaborasi. Dengan kolaborasi, tugas berat bisa dikerjakan secara mudah karena disokong banyak orang. Tugas itu pun jadi lebih cepat karena banyak tangan yang mengerjakan.

Yang juga Bunda perlu ingat adalah buku cerita punya daya dorong untuk mengembangkan jati diri anak sebagai proses belajar. Pendidikan adalah salah satu alat paling efektif untuk meningkatkan taraf hidup. Dengan membaca atau mendengarkan cerita, anak jadi paham kesulitan hidup dan strategi untuk mengatasinya secara kreatif.

Mereka jadi sadar tentang potensi atau bakat terpendam yang mereka miliki. Tak perlu malu atau minder hanya karena berbeda kemampuan. Kecerdasan manusia toh ada banyak, bukan akademis semata.

Tips anak suka baca 

Mengapa anak tak suka membaca, atau belum menikmati proses pembacaan bersama orangtuanya? Salah satu alasannya adalah mungkin topiknya belum sesuai dengan anak. Misal anak penyuka robot, maka sulit baginya untuk menyukai cerita olahraga.

Alasan lain, barangkali bahasanya masih terlalu sulit untuk dipahami. Maka penting sekali Bunda mendampingi si kecil saat membaca buku cerita. Ini jadi alasan berikutnya, yaitu dengan pendampingan anak jadi merasa diistimewakan karena mendapatkan waktu mengobrol bersama orangtuanya. 

Alasan ketidaksukaan anak pada buku bisa juga karena orangtua belum menunjukkan minat besar pada literasi. Orangtua masih sebatas figur yang memerintah, bukan memberi contoh. Role model sangat perlu agar anak tergerak untuk maju. 

Baca Juga: 7 Perlengkapan Sekolah Anak TK yang Perlu Bunda Persiapkan

Demikianlah hal-hal menarik tentang buku cerita untuk balita, baik itu manfaat baiknya maupun alasan mengapa mereka belum asyik menikmati membaca buku bersama orangtua. Bunda, mulai, yuk, bacakan buku cerita kepada si kecil sebagai bekal pendidikan karakter.

Produk Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Produk Terbaik

JualSesi Konselor Menyusui GabaG

ONLINE & HOME VISIT

Rp200.000

ONLINE & HOME VISIT

0% OFF

Rp200.000

5/5

200 Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp912.630

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,3RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp764.730

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp1.130.130

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

Trending Artikel

Memancing-Asi-Keluar
Uncategorized
Cara Memancing Asi Keluar Saat Hamil
Uncategorized
Ini Perbedaan Pompa Air Susu Ibu Manual dan Elektrik
Berapa-Lama-ASI-Bertahan?
Uncategorized
Berapa Lama ASI Bertahan di Suhu Ruangan? Ini Jawabannya Bun
Penyebab Cacar Monyet pada Anak dan Cara Mengatasinya
Beauty
Penyebab Cacar Monyet pada Anak dan Cara Mengatasinya
Keampuhan Hyaluronic Acid untuk Stretch Mark
Beauty
Keampuhan Hyaluronic Acid untuk Stretch Mark
Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI dan Cara Mengatasinya
Ibu dan Anak
Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI dan Cara Mengatasinya
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top