skip to content
[xoo_wsc_cart]

Jangan Abaikan Jam Tidur Bayi 11 Bulan

Bagikan :
Picture of Echa
Echa
Jangan Abaikan Jam Tidur Bayi 11 Bulan

Bayi yang baru lahir biasanya punya jam tidur yang panjang. Boleh dibilang, kegiatan utama bayi adalah tidur dan makan (minum ASI). Lalu bagaimana dengan jam tidur bayi usia 11 bulan? Apakah pola tidurnya sudah teratur apakah masih tak terduga?

Perlu Bunda pahami bahwa kecukupan tidur sangat mendukung tumbuh kembang bayi tercinta. Dengan mengetahui jam tidur bayi secara tepat, Bunda bukan hanya memberikan kenyamanan bagi bayi, tetapi juga keleluasaan untuk mengerjakan hal-hal lain selama bayi tertidur.

Menginjak usia balita, bayi biasanya mengalami perubahan pola tidur. Inilah yang mesti Bunda cermati, terutama pada kisaran usia 10 atau 11 bulan. Berbeda dengan setelah dilahirkan, bayi usia 11 bulan kadang mulai menolak saat diajak tidur siang. Ada juga kemungkinan lain, yaitu mereka justru tidur lebih lama dibanding sebelumnya, jadi agak sulit dibangunkan.

Baca Juga: 10 Alasan Mengapa Bayi Menangis Saat Tidur?

Maka bukan hal aneh jika Bunda sebagai orangtua baru mulai mempertanyakan kapan saat yang tepat mengubah jadwal tidur buah hati tercinta. Lalu, apa hal yang harus dilakukan demi menjamin agar bayi cukup tidur dan istirahat? Semoga ulasan berikut membantu Bunda.

Memahami jam tidur bayi 11 bulan

Jangan Abaikan Jam Tidur Bayi 11 Bulan

Menurut pemaparan What To Expect, kebutuhan tidur bayi usia 10 hingga 12 bulan sebenarnya tidak jauh berbeda dari mereka ketika berusia 9 bulan. Bayi biasanya tidur selama sekitar 14 jam sehari. Namun, jika bayi Bunda tidur selama 12-16 jam, itu masih dalam ambang kenormalan. Bayi tidur tidur selama 10-12 jam pada malam hari, sementara pada siang hari ia tidur sebanyak satu atau dua kali dengan durasi berkisar 1-2 jam.

Berbeda anak, berbeda pula waktu dan pola tidurnya. Setiap bayi usia 11 bulan umumnya sudah punya jadwal tidur masing-masing. Jadwal ini bisa Bunda kira-kira karena sudah terbentuk pola dari satu hari ke hari berikutnya. Bayi usia 11 bulan biasanya bangun lebih awal pada pagi hari. Kemudian ia tidur siang sebanyak satu atau dua kali. Adapun tidur malamnya dimulai pukul 7 atau 8 malam.

Sebagian bayi bisa dan terbiasa tidur pulas secara nyaman selama 10-12 jam tanpa sekali pun terbangun. Namun, ada pula bayi lain yang masih terbangun di tengah malam untuk minum ASI.

Jarak antara waktu bangun pada pagi hari dan tidur malam berada pada kisaran 12-13 jam. Jika, misalnya, bayi bangun pukul 06.30 pada pagi hari, maka Bunda perlu menyiapkan agar ia bisa tidur malam antara pukul 18.30 hingga 19.30. Jangan melebihi waktu ini.

Memang banyak faktor yang menjadi pertimbangan. Sebagai contoh, ada hari ketika bayi menolak tidur siang dan akhirnya tidur lebih lambat dari biasanya. Walhasil, jam tidur malam pun menjadi lebih larut karena bayi belum mengantuk akibat tidur siang yang terlambat.

Ketika ketidaklaziman itu terjadi, Bunda tak perlu risau sebab bayi akan baik-baik saja. Toh dia sudah cukup mendapatkan istirahat selama 10 jam pada malam hari.

Bila bayi Bunda melewatkan tidur siang, maka pilihlah waktu tidur lebih awal pada malam hari. Jangan membiasakan bayi tidur terlalu larut karena akan membuatnya kesulitan bangun esok paginya.

Sleep Training

Bunda perlu memahami apa yang disebut sleep training yang biasanya diperbolehkan oleh dokter bagi bayi usia 4 dan 6 bulan. Jika Bunda belum memulai sleep training untuk membentuk pola tidur, maka usia 11 bulan adalah waktu yang tepat untuk mencobanya.

Namun harap diingat, sleep training pada usia 11 bulan mungkin sedikit lebih menantang karena ingatan bayi sudah lebih tajam. Selain itu, ia sudah punya keterikatan yang lebih besar dengan orangtuanya. Hal ini berlaku juga jika ia terbiasa menyusu pada malam hari.

Baca Juga: Mengatasi Gangguan Tidur pada Ibu Hamil

Kendati sulit, Bunda perlu mencoba untuk melakukan sleep training. Seandainya bayi terbangun pada malam hari, ajak dia untuk tidur kembali. Caranya: tepuk dan elus punggungnya dengan lembut. Selain mengurangi distraksi di dalam kamar, hindari juga paparan cahaya terang atau suara berisik agar jam tidur bayi 11 bulan bisa terbentuk dengan mudah.

Contoh Jam Tidur Bayi 11 Bulan

Jangan Abaikan Jam Tidur Bayi 11 Bulan

Yang tak kalah penting adalah Bunda memahami bahwa pada rentang usia 3-12 bulan, intensitas tidur siang lama-lama semakin berkurang hingga 50%. Sebagian besar bayi usia 11 bulan tidur siang dua kali setiap hari.

Para ahli dan dokter merekomendasikan agar Bunda merencanakan tidur siang bayi 11 bulan tepat waktu setiap hari. Artinya, waktunya selalu sama. Namun, tetap ajak bayi tidur siang pada jam khusus tertentu, bahkan jika bayi bangun sedikit lebih awal atau lebih lambat dibanding biasanya.

Sebagai gambaran, berikut ini contoh jadwal tidur bayi yang berusia 11 bulan.

•     7:00: Bangun

•     09:30: Tidur siang

•     11:00: Bangun

•     14:30: Tidur siang

•     4:00: Bangun

•     19:00: Rutinitas sebelum tidur

•     19:30: Waktu tidur malam

1. Konsisten

Konsistensi adalah kunci membentuk pola tidur yang sehat bagi bayi. Ikuti jadwal tidur bayi sebaik mungkin dengan jam yang sama setiap hari. Konsistensi akan membuat bayi Bunda mengenali bagaimana kehidupan bekerja, termasuk dalam waktu tidurnya. Berbekal jadwal tidur yang baik, maka ritme sirkadian bayi akan ikut baik.

Namun jangan kaget jika bayi Bunda mulai menolak untuk tidur siang. Memang ada bayi usia 11 bulan yang demikian. Yang penting, tetap ingatlah bahwa mereka butuh tidur siang. Menunda tidur siang pada usia ini dapat menyebabkan bayi kelelahan. Akhirnya bayi jadi lebih sulit tidur nyenyak dan tenang pada malam hari.

Misalnya bayi benar-benar tak mau tidur siang walaupun Bunda sudah mencoba berbagai macam cara, termasuk membujuknya, coba targetkan waktu tidur malam agak lebih awal.

Kuncinya, jangan biarkan bayi tidur siang terlalu lama. Tidur siang terlalu banyak dapat membuat bayi tak mengantuk pada malam hari. Usahakan membatasi tidur siang paling lama empat jam setiap hari.

2. Terapkan rutinitas waktu tidur

Rutinitas waktu tidur adalah kegiatan-kegiatan yang membantu bayi Bunda untuk merasa rileks baik secara fisik maupun mental. Dengan cara ini bayi akan bisa tidur malam dengan nyenyak.

Aktivitas menenangkan yang bisa dilakukan misalnya mandi air hangat, membaca buku, mendengarkan lagu, berpelukan, dan sebagainya sebelum bayi tidur. Lakukan hal yang sama setiap hari untuk membantu bayi mengenali bahwa waktu tidur akan segera tiba.

3. Tenangkan bayi saat terbangun malam hari

Bayi yang terbangun pada malam hari adalah biasa. Namun, jangan langsung menggendongnya ya Bunda. Jika ia terlihat seolah hendak menangis, tenangkan bayi dengan pendekatan yang sama setiap saat. Misalnya ucapkan kata-kata yang sama, lalu cobalah untuk tidak mengajaknya bermain, memberi makan, atau bermain dengannya. Saatnya tidur, dia harus tahu.

Intinya adalah memberikan kenyamanan kepada bayi setiap malam, bukan membentuk kebiasaan baru yang berpotensi membuatnya justru semakin sulit tertidur tanpa orangtuanya. Dengan begitu, jam tidur bayi 11 bulan bisa dibentuk melalui pembiasaan.

Baca juga: Ini Manfaat Daun Jarak untuk Bayi

Selamat mencoba ya Bunda!.

Produk Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Produk Terbaik

JualSesi Konselor Menyusui GabaG

ONLINE & HOME VISIT

Rp200.000

ONLINE & HOME VISIT

0% OFF

Rp200.000

5/5

200 Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp912.630

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,3RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp764.730

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp1.130.130

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

Trending Artikel

Memancing-Asi-Keluar
Uncategorized
Cara Memancing Asi Keluar Saat Hamil
Uncategorized
Ini Perbedaan Pompa Air Susu Ibu Manual dan Elektrik
Berapa-Lama-ASI-Bertahan?
Uncategorized
Berapa Lama ASI Bertahan di Suhu Ruangan? Ini Jawabannya Bun
Penyebab Cacar Monyet pada Anak dan Cara Mengatasinya
Beauty
Penyebab Cacar Monyet pada Anak dan Cara Mengatasinya
Keampuhan Hyaluronic Acid untuk Stretch Mark
Beauty
Keampuhan Hyaluronic Acid untuk Stretch Mark
Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI dan Cara Mengatasinya
Ibu dan Anak
Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI dan Cara Mengatasinya
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top