Placeholder canvas
[xoo_wsc_cart]

20 Kegiatan Ramadhan untuk Anak TK yang Seru, Wajib Dicoba!

Bagikan :
Picture of Echa
Echa
20 Kegiatan Ramadhan Seru untuk Anak TK, Wajib Dicoba

Saat memasuki bulan Ramadhan, Bunda perlu merencanakan beberapa kegiatan Ramadan untuk anak. Ini akan membuat anak tidak merasa bosan dan tetap semangat hingga menunggu waktu berbuka. Apalagi anak TK kan masih baru belajar berpuasa, jadi terkadang mereka akan merasa bosan dan kurang semangat karena belum terbiasa menahan lapar dan haus dalam waktu yang lama.

Untuk mengatasi hal ini, Bunda bisa menyiapkan kegiatan Ramadhan untuk anak yang menarik agar mereka terhindar dari kebosanan. Kegiatan positif ini juga dapat membantu anak-anak melupakan rasa lapar dan haus, serta lebih paham tentang makna Ramadan yang sesungguhnya.

Baca Juga: Menu Buka Puasa Untuk Diet Rendah Kalori Tidak Bikin Gemuk, Wajib Coba ya Bunda!

Penasaran apa saja kegiatan Ramadan untuk anak TK yang bisa Bunda lakukan bersama, sehingga menunggu waktu berbuka menjadi lebih menyenangkan? Cek di sini selengkapnya ya Bunda!. 

Beberapa Ide Kegiatan Ramadhan untuk Anak yang Cocok

1. Ikut Sahur dan Berbuka Puasa Bersama Keluarga

Mengajak anak agar ikut beribadah di bulan Ramadan adalah dengan menunjukkan kegiatan yang wajib dilakukan. Salah satunya adalah menjalankan puasa Ramadan. Untuk anak TK tidak perlu berpuasa sehari penuh selayaknya dewasa, jika belum kuat ya Bunda. Sesuaikan dengan kemampuan anak, bisa tetap makan di waktu sahur dan berbuka saat bedug duhur. Tambahkan waktunya sedikit demi sedikit agar anak 5

Bunda bisa mengajaknya bangun pagi untuk sahur dan ikut makan bersama saat berbuka puasa. Dengan menanamkan kebiasaan baik ini, anak akan terlatih biasa berpuasa. Dan saat bulan Ramadan tiba dia akan lebih nyaman untuk berpuasa secara mandiri. 

2. Membaca Buku Tema Ramadhan dan KeIslaman

Membaca buku merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak. Pilih buku dengan ilustrasi menarik dan tema Ramadhan untuk meningkatkan minat anak dalam membaca. Bunda bisa mencoba mulai membaca buku tentang agama Islam seperti kisah perjalanan Rasul atau cerita anak yang memiliki nilai agama. Bunda juga bisa bercerita tentang beberapa peristiwa Islam seperti Isra’ Mi’raj, turunnya Al Quran, adab berpuasa dan masih banyak lagi.

3. Ajak untuk Salat Berjamaah

Ajak untuk salat berjamaah sebagai bagian dari kegiatan Ramadhan untuk anak. Selain melatih kebiasaan salat, ini juga mempererat hubungan keluarga. Bunda bisa mengajak jamaah di rumah dan di masjid. Cek juga apakah anak sudah melakukan gerakan salat yang benar atau tidak.

4. Salat Tarawih Sehabis Isya’

Pada bulan Ramadan ada salat tarawih yang bisa dilaksanakan sendiri maupun berjamaah yang biasanya dilanjutkan dengan salat witir. Bunda bisa mengajak anak untuk salat tarawih agar anak semakin merasakan nikmat Ramadan.

5. Mengaji Rutin

Kegiatan Ramadhan untuk Anak

Sebenarnya, membiasakan mengaji wajib setiap hari merupakan kebiasaan baik. Bunda bisa membantu anak untuk lebih banyak mengaji rutin setiap harinya di bulan Ramadan. Jika anak masih belum bisa membaca Al Quran, bacalah buku iqra’ secara rutin. Ini akan membuat anak lebih kuat spiritual agamanya. 

Tidak ada salahnya Bunda memberikan jadwal untuk mengaji. Misalnya membaca 2-5 baris di buku Iqra’ setiap setelah salat lima waktu. Lakukan dengan menyenangkan ya Bunda agar anak tidak terbebani.

6. Membantu Menyiapkan Makanan Sahur dan Berbuka

Libatkan anak dalam menyiapkan makanan untuk sahur dan berbuka puasa setiap harinya. Ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak, karena biasanya mereka akan merasakan lebih lezat makanan yang dibuatnya sendiri. 

Bisa mulai dari mencuci sayuran dan buah, memotong sayur, mengaduk adonan puding, hingga mencuci piring dan peralatan masak yang telah dipakai. Dijamin mereka akan makin tidak sabar untuk memakannya. 

7. Ngabuburit Berburu Takjil

Biasanya di bulan Ramadan ada kegiatan ngabuburit, yaitu menikmati sore sambil menunggu berbuka puasa. Bunda bisa mengajak anak untuk berburu takjil di sekitar komplek untuk menikmati suasana Ramadhan di luar rumah. Anak yang tadi mungkin sedikit lapar saat sore, jadi lupa dan senang karena diajak Bunda untuk jalan-jalan.

8. Mendengarkan Kisah Nabi dan Rasul

Ceritakan kisah-kisah menarik tentang Nabi dan Rasul kepada anak-anak untuk menginspirasi dan mengedukasi mereka tentang nilai-nilai agama. Kalau tadi membaca buku, Bunda bisa bercerita secara langsung pada anak dengan ekspresi yang bagus.

Bunda akan memperkaya pengalaman Ramadhan anak-anak dengan mengisinya dengan cerita-cerita tentang Nabi dan Rasul. Gunakan berbagai media seperti buku, bacaan online, atau bahkan tanpa media apapun. Pilih cerita yang menarik dan disukai anak, seperti kisah tentang Nabi Yunus yang ditelan ikan paus, atau peristiwa saat Nabi Musa dikejar Firaun dan berhasil membelah lautan dengan tongkatnya. Semakin hidup cerita yang disampaikan, semakin bersemangat anak-anak untuk menyimaknya.

Kalau belum menemukan ide, Bunda juga bisa mengajak anak menonton kajian di youtube tentang kisah Nabi dan Rasul.

Baca Juga: 7 Ide Bekal Sekolah Simpel Anak yang Menyenangkan

9. Membuat Karya Seni Ramadan

Ajak anak untuk membuat lukisan atau karya seni yang berkaitan dengan Ramadhan untuk dipajang di rumah. Bisa bunting flag bertuliskan kata Ramadan atau hal lain seperti lentera dan ketupat juga bisa. Jadi saat anak melihatnya dia akan ingat kalau sekarang Ramadan. 

10. Mendekorasi Kamar Tema Ramadan

Anak bisa mendekorasi kamar dengan beberapa aksen-aksen Ramadhan yang kreatif dan menyenangkan. Selain menyenangkan, juga akan membuat anak lebih terasa nuansa Ramadannya pada dirinya sendiri.

11. Berkunjung Ke Panti Asuhan

Untuk mengajarkan anak sifat peduli sesama, Bunda bisa ajak untuk berkunjung ke panti asuhan. Mereka akan berbagi makanan atau barang-barang kebutuhan dengan banyak anak yang membutuhkan. Ajak anak mensortir mainan atau buku yang sudah tidak terpakai agar bisa diberikan pada anak lain. 

12. Memberi Makanan kepada Tetangga untuk Berbuka

Bisa juga Bunda ajak anak untuk memberi makanan kepada tetangga sebagai bagian dari sedekah dan kebaikan dalam bulan Ramadhan. Berikan takjil atau seporsi makanan berbuka yang ada di rumah, lalu minta anak untuk memberikan hantaran tersebut.

13. Membuat Kartu Lebaran

Seru membuat kartu lebaran sendiri loh Bunda. Buat dari kertas atau belikan kartu lebaran yang sudah jadi, kemudian minta anak untuk menghias. Bunda juga bisa mengajak anak membuat DIY kartu lebaran yang mudah untuk dipraktikkan. Sangat menyenangkan kegiatan Ramadan untuk anak ini loh Bunda!.

14. Belajar Sedekah

Ajak anak menyisihkan uang sakunya untuk diberikan kepada yang membutuhkan. Bunda bisa meminta anak memasukkan sebagian uang saku yang diikhlaskan tersebut ke dalam kotak amal yang ada di masjid.

15. Membuat Lentera

Buat DIY lentera Ramadan sederhana bersama anak, warnai dengan warna menarik kemudian tempel atau gantung di kamar anak.

16. Ikut Sahur Keliling

Biasanya di komplek sering ada sahur keliling yang biasanya anak-anak, Bunda bisa mengajak anak untuk ikutan. Tapi jika Bunda khawatir, ajak anak melihat sahur keliling dari depan rumah juga sangat menyenangkan kok.

17. Ikut Orang Tua I’tikaf

Kegiatan Ramadhan untuk Anak

Kegiatan Ramadan untuk anak lainnya adalah saat masa i’tikaf, Bunda bisa mengajak anak untuk berdiam di masjid mulai dari berbuka puasa hingga masuk waktu subuh. Mengenalkan anak i’tikaf akan membuatnya lebih merasakan tentang arti keIslaman.

18. Mengisi Stoples Syukur Ramadan

Saat bulan Ramadan, minta anak menulis 1 kertas syukur yang terjadi di hari itu. Nanti setelah lebaran, ajak anak untuk membuka semua tulisan syukur tersebut. Dia akan merasa hari-hari Ramadan yang dilewatinya begitu menyenangkan.

19. Mewarnai Tema Ramadan

Bunda tidak usah bingung untuk mengajak anak mewarnai tema Ramadan. Ada banyak printable yang dibagikan gratis untuk Bunda pakai bagi anak. Usahakan seminggu sekali ajak anak untuk mewarnai, agar anak tetap terlatih kecakapan dan keterampilan tangan untuk menulisnya.

20. Ngabuburit Ramadan Bermain Bersama GabaG

Nah, ini yang terbaru dari GabaG Indonesia! Sejak tahun 2023, ada printable tema Ramadan yang selalu dibagikan. Bunda bisa menggunakannya sebagai bahan ajar untuk anak di rumah. Dibuat dengan cinta oleh GabaG Indonesia dan untuk anak-anak tercinta Bunda agar Ramadan jadi lebih menyenangkan.

Printable Ramadan untuk anak GabaG 2024

Baca Juga: 5 Bekal Anak TK Selain Nasi yang Mudah Dibuat

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, Bunda juga dapat menyelipkan materi kultum atau ceramah singkat tentang Ramadhan untuk anak-anak. Buatlah  suasana belajar yang menyenangkan dengan memasukkan elemen permainan dan hadiah kecil.

Dengan berbagai kegiatan dan materi yang menarik, anak-anak dapat lebih memahami dan menghargai makna Ramadhan serta meningkatkan kedekatan spiritual mereka dalam bulan suci ini. Jangan lupa untuk memberikan apresiasi pada setiap usaha anak dalam menjalankan ibadah Ramadhan, meskipun mungkin mereka belum bisa berpuasa penuh sehari.

Jadi sudah semangat memberikan kegiatan Ramadan untuk anak yang menyenangkan? Yuk dicoba!.

Produk Terbaik

Produk Terbaik

JualGabag – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE STATER PACK & FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp699.000

FREE STATER PACK & FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,8RB Terjual

JualGabaG Tas Asi – Cooler Bag – Backpack Sling Double Compartment Nirmala / Juwita / Onyx / Praya / Tora / Embun / Nathan / Boston / Yuna

32% OFF

Rp289.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE STATER PACK & VOUCHER KONSULTASI

Rp1.130.130

FREE STATER PACK & VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

JualSesi Konselor Menyusui GabaG

ONLINE & HOME VISIT

Rp200.000

ONLINE & HOME VISIT

0% OFF

Rp200.000

5/5

200 Terjual

JualGabag – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE STATER PACK & VOUCHER KONSULTASI

Rp912.630

FREE STATER PACK & VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,2RB Terjual

JualGabagKids Double Lunch Bag (medium) – Tas Bekal anak

FLASH SALE JAM 12.00

Rp126.000

FLASH SALE JAM 12.00

40% OFF

Rp210.000

5/5

212 Terjual

JualMagic Pack Mermaid – Penghangat Bekal

FLASH SALE JAM 12.00

Rp29.000

FLASH SALE JAM 12.00

40% OFF

Rp49.000

5/5

78 Terjual

JualGabaG Tas Asi – Backpack Cooler Bag 2 in 1 KINAN / PEANUT ( Laptop Fit)

20% OFF

Rp432.000

5/5

224 Terjual

JualGabaG – Ice Gel Pack New Edition 200ml – Hot Gel Pack 200ml

26% OFF

Rp10.000

5/5

10RB+ Terjual

JualGift Card Voucher GabaG

Hemat s.d 100RB

Rp95K - 900K

Hemat s.d 100RB

10% OFF

Rp100K - 1.000K

5/5

113 Terjual

Trending Artikel

Manfaat ASI untuk Bayi Cairan Ajaib yang Tak Tertandingi
Ibu Hamil & Menyusui
Manfaat ASI untuk Bayi: Cairan Ajaib yang Tak Tertandingi
Metode-tes-kehamilan-dengan-jari
Uncategorized
Metode Tes Kehamilan dengan Jari: Apakah Ini Efektif?
Cara Meningkatkan Produksi ASI agar Lebih Melimpah
Ibu Hamil & Menyusui
Cara Meningkatkan Produksi ASI agar Lebih Melimpah
Kehamilan Ektopik: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan
Uncategorized
Kehamilan Ektopik: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan
cara-menghitung-usia-kehamilan-dengan-akurat
Uncategorized
Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Akurat
10 Tips Mudik Bawa Bayi yang Aman dan Anti Repot
Ibu dan Anak
10 Tips Mudik Bawa Bayi yang Aman dan Anti Repot
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
0
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top