skip to content
[xoo_wsc_cart]

Vaksin HIB Adalah Imunisasi Wajib Bagi Anak, Ini Alasannya!

Bagikan :
Picture of Echa
Echa
Vaksin HIB Adalah Imunisasi Wajib Bagi Anak, Ini Alasannya (1)

Bunda, sudahkah anak-anak mendapatkan vaksinasi lengkap? Vaksin sangat penting bagi kesehatan mereka. Kemudian, vaksin HIB juga termasuk yang wajib dan diberikan sejak anak masih bayi. Vaksin HIB adalah vaksin yang harus diberi ke ananda karena fungsinya untuk mencegah penyakit meningitis dan beberapa penyakit lain.

Sebagai orang tua, Bunda tentu ingin anaknya sehat dan tidak mudah kena penyakit parah. Oleh karena itu mereka harus disuntik vaksin HIB. Jangan sampai anak tidak mendapatkan haknya untuk mendapatkan vaksinasi karena sama saja membuat mereka celaka di masa depan.

Bayi akan disuntik vaksin HIB ketika ia berusia 2 bulan, dan saat ia berumur 4 bulan disuntik lagi. Dokter akan memberi vaksin booster ketika anak berusia 12-15 bulan. Oleh karena itu, jadal vaksin dari Rumah Sakit atau Posyandu harus dicatat dan disimpan baik-baik agar tidak terlewat. Mengingat vaksin HIB sangat penting untuk mencegah penyakit-penyakit yang bisa membahayakan nyawa anak.

Fungsi Vaksin HIB Adalah

Vaksin HIB Adalah Imunisasi Wajib Bagi Anak, Ini Alasannya (1)

Vaksin HIB alias haemophilus influenzae B menjadi salah satu vaksin yang diwajibkan oleh pemerintah. Oleh karena itu tiap WNI harus mendapatkannya. Vaksin ini diwajibkan karena memiliki kegunaan seperti ini:

1. Menghindarkan Anak dari Bakteri

Jika anak diberi suntikan vaksin HIB maka akan terhindar dari serangan bakteri yang bisa menyerang paru-paru dan otak. Oleh karena itu, sangat wajar jika vaksin HIB diwajibkan. Karena fungsinya sangat penting untuk menghindarkan anak dari bakteri yang menyebabkan beberapa penyakit berbahaya.

2. Aman dari Penyakit Bronkitis

Penyakit bronkitis juga tak kalah bahayanya, apalagi bakteri menyerang paru-paru yang sangat penting untuk pernafasan manusia. Vaksin HIB adalah cara untuk mencegah anak terkena bronkitis sehingga paru-parunya lebih kuat. Anak bisa berolahraga dan melakukan aktivitas lain dengan lancar tanpa takut akan ancaman bronkitis.

3. Menghindarkan Anak dari Penyakit Meningitis

Ingatkah Bunda ketika ada tokoh publik yang kehilangan nyawa karena penyakit meningitis? Ternyata meningitis atau radang selaput otak sangat berbahaya. Oleh karena itu, anak harus dihindarkan dari potensi kena meningitis dengan cara diberi vaksin HIB.

Baca Juga: Tak Perlu Panik, Ini 6 Cara Menurunkan Panas pada Bayi

4. Anti Infeksi

Vaksin HIB adalah cara untuk meminimalisir infeksi pada sendi, tulang, darah, dan penutup jantung. Oleh karena itu pemberian vaksin ini memang harus diwajibkan karena akan menghindarkan anak dari infeksi yang sangat berbahaya. Vaksinasi amat penting bagi kesehatan anak, oleh karena itu tidak boleh terlewat.

Di Mana Bisa Mendapatkan Vaksin HIB?

Bunda sudah mengetahui bahwa vaksin HIB adalah cara penting untuk menghindarkan anak dari meningitis, bronkitis, dan penyakit berbahaya lain. Apalagi anak berusia di bawah 5 tahun, masih rawan akan penyakit-penyakit tersebut. Karena vaksin ini diwajibkan oleh pemerintah maka bisa didapatkan di Posyandu (pos pelayanan terpadu).

Oleh karena itu Bunda wajib ikut Posyandu dan mencatat jadwalnya tiap bulan, serta berkomunikasi dengan kader. Jika memang jadwal vaksinasi HIB di Posyandu bentrok dengan kegiatan lain, maka jangan khawatir. Bunda tinggal datang ke Puskesmas dan mendapatkan vaksin HIB.

Bisa juga Bunda dapatkan di RS atau tempat vaksin ya. Namun perlu Bunda tahu, kalau vaksin HIB adalah imunisasi gratis dari pemerintah saat ini.

Bagaimana Jika Terlambat Vaksin HIB?

Kadang anak terlambat mendapatkan vaksin karena ketika jadwal suntik, dia sedang demam, pilek, atau sakit yang lain. Jika vaksinasi terlambat maka anak tetap harus mendapatkannya. Bunda wajib konsultasi ke dokter anak lalu beliau akan membuatkan jadwal suntik susulan. Jadwal itu harus ditaati dan anak akan mendapatkan haknya untuk divaksin HIB.

Baca juga: Imunisasi 18 Bulan untuk Bayi, Jangan Sepelekan Karena Bahaya Jika Terlambat Diberikan

Cara Mengatasi Anak Pasca Vaksinasi

Jika anak agak rewel pasca disuntik vaksin HIB maka Bunda jangan galau karena ini merupakan reaksi yang wajar. Biasanya dokter akan meresepkan obat penurun panas untuk mengantisipasi demam pada anak. Minumkan obat cair tersebut dan anak bisa terhindar dari demam dan ia tidak akan merengek lagi.

Baca Juga: Rekomendasi Dokter Anak di Jakarta dan Sekitarnya

Saat anak demam setelah disuntik vaksin HIB maka Bunda jangan kapok, ya. Anak-anak yang badannya panas bukan berarti akan sakit-sakitan. Justru pemberian vaksin akan membuat tubuhnya lebih kuat dan tidak akan kena penyakit-penyakit berbahaya seperti radang selaput otak dan bronkitis.

Produk Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Produk Terbaik

JualSesi Konselor Menyusui GabaG

ONLINE & HOME VISIT

Rp200.000

ONLINE & HOME VISIT

0% OFF

Rp200.000

5/5

200 Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp912.630

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,3RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp764.730

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp1.130.130

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

Trending Artikel

Memancing-Asi-Keluar
Uncategorized
Cara Memancing Asi Keluar Saat Hamil
Uncategorized
Ini Perbedaan Pompa Air Susu Ibu Manual dan Elektrik
Berapa-Lama-ASI-Bertahan?
Uncategorized
Berapa Lama ASI Bertahan di Suhu Ruangan? Ini Jawabannya Bun
Penyebab Cacar Monyet pada Anak dan Cara Mengatasinya
Beauty
Penyebab Cacar Monyet pada Anak dan Cara Mengatasinya
Keampuhan Hyaluronic Acid untuk Stretch Mark
Beauty
Keampuhan Hyaluronic Acid untuk Stretch Mark
Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI dan Cara Mengatasinya
Ibu dan Anak
Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI dan Cara Mengatasinya
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top