skip to content
[xoo_wsc_cart]

Ini Dia 5 Makanan yang Mengandung Asam Folat untuk Ibu Hamil

Bagikan :
Picture of Echa
Echa
Makanan Asam Folat untuk Ibu Hamil

Memenuhi kebutuhan segala nutrisi penting selama kehamilan merupakan tanggung jawab utama bagi ibu hamil. Salah satu nutrisi penting yang harus terpenuhi selama hamil adalah asam folat, yang juga dikenal sebagai vitamin B9 yang larut dalam air. Jadi Bunda wajib mengonsumsi makanan asam folat untuk ibu hamil yang punya sejuta manfaat selama kehamilan.

Asam folat memang memiliki manfaat khusus selama kehamilan. Seperti mendukung pembelahan sel yang sehat dan mendorong pertumbuhan serta perkembangan janin untuk mengurangi risiko cacat lahir. Bahkan makanan asam folat untuk ibu hamil juga sering digunakan untuk promil atau program kehamilan. Jadi wajib ya memenuhi kebutuhan tubuh akan asam folat setiap harinya demi kesehatan ibu dan bayi selamat hingga masa melahirkan nanti. 

Baca Juga: Manfaat Asam Folat untuk Ibu Hamil yang Penting Untuk Kesehatan Janin

Makanan asam folat untuk ibu hamil sebenarnya bisa didapatkan secara alami. Karena tersedia banyak disekitar Bunda loh!. Dan perlu untuk diingat kalau setiap hari, ibu hamil disarankan untuk mendapatkan setidaknya 400 mikrogram asam folat. Ini bisa dari suplemen atau juga makanan nutrisi asupan setiap harinya. 

Agar Bunda tidak bingung ingin konsumsi makanan asam folat untuk ibu hamil yang mana saja. Cek di sini ya selengkapnya!. 

5 Makanan Asam Folat untuk Ibu Hamil yang Sangat Bermanfaat

Ini dia beberapa makanan asam folat untuk ibu hamil, promil dan menyusui yang bisa Bunda temukan sehari-hari dengan kandungannya yang tinggi. 

1. Sayuran Berdaun Hijau

Ternyata ada banyak sayuran berdaun hijau yang merupakan makanan asam folat untuk ibu hamil. Bunda bisa memilih bayam, kangkung, dan kale yang mudah ditemukan di pasaran untuk mengolahnya demi bisa mendapat kandungan folat harian. Jika jenuh, Bunda bisa mencoba berbagai resep olahan sayuran hijau agar tetap bisa terpenuhi kebutuhan harian. 

Sebagai pembanding, ternyata satu cangkir bayam mentah memiliki 58,2 mikrogram folat atau 15 persen dari kebutuhan harian tubuh ibu hamil. Mengonsumsi sayuran hijau ini banyak manfaatnya juga selain kandungan folatnya. Karena sayuran hijau juga tinggi serat dan vitamin yang sangat bermanfaat selama kehamilan. Jadi semangat ya Bunda untuk makan sayuran hijau. 

2. Telur

Salah satu makanan pokok yang sering menjadi lauk sehari-hari orang Indonesia juga merupakan alternatif makanan asam folat untuk ibu hamil. Telur merupakan makanan yang mengandung asupan asam folat. Bunda tinggal menambahkan telur ke dalam makanan harian seperti biasa. Ini adalah cara baik dan menyenangkan untuk meningkatkan asupan folat. 

Bunda tahu tidak kalau satu telur besar itu mengandung sekitar 22 mcg folat, atau sekitar 6 persen dari kebutuhan harian tubuh. Jangan lupa, telur sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan. Karena telur juga kaya akan protein, selenium, riboflavin, vitamin B12, lutein, dan zeaxanthin untuk membantu antioksidan tubuh. 

Jadi jangan khawatir ya makan telur selama hamil!. 

Baca Juga: Mengatasi Masalah Pencernaan saat Hamil

3. Buah Bit

Salah satu buah yang mengandung asam folat tinggi adalah buah bit. Dengan tampilan buah bit yang tidak hanya menarik secara visual, tetapi ini juga kaya akan nutrisi penting, termasuk folat. Satu cangkir buah bit mentah mengandung setidaknya 148 mikrogram folat, atau sekitar 37 persen kebutuhan harian. Buah bit juga tinggi nitrat, senyawa tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan.

Namun jangan sampai salah konsumsi ya Bunda, banyak yang mengira buah bit sama dengan buah naga. Berbeda ya kandungannya.

4. Legum

Buat Bunda yang belum tahu apa itu legum, ternyata legum adalah tanaman hijau yang memiliki biji berkeping dua. Biasanya legum ini mengandung protein yang tinggi salah satunya adalah kacang-kacangan. Bijinya relatif lebih besar dibandingkan serealia dan dapat digunakan untuk bahan pangan bagi manusia dan hewan ternak. Legum juga merupakan makanan asam folat untuk ibu hamil yang bermanfaat. 

Legum, seperti kacang, kacang polong, dan lentil, adalah sumber asam folat yang baik. Jadi jangan heran kalau hampir semua jenis kacang-kacangan mengandung asam folat loh Bunda. Sebagai contoh, satu cangkir lentil yang dimasak dapat menyediakan setidaknya 358 mikrogram folat, atau sekitar 33 persen kebutuhan harian. Legum juga kaya protein, serat, antioksidan, kalium, zat besi, dan magnesium. Sangat baik untuk dikonsumsi oleh seluruh keluarga. 

5. Asparagus

Asparagus adalah sayuran kaya vitamin dan mineral, termasuk folat. Setengah cangkir asparagus yang dimasak mengandung sekitar 134 mcg folat, atau 34 persen dari kebutuhan harian. Selain itu, asparagus juga mengandung antioksidan, memiliki sifat antiinflamasi, dan antibakteri. Sayuran ini juga merupakan sumber serat sehat untuk jantung.

Asparagus biasa disebut dengan akar parsi ini merupakan sayuran yang telah digunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap dan sifatnya yang diuretik. Namun Bunda jangan heran ya kenapa asparagus harganya mahal. Ini karena saat menanam asparagus, dibutuhkan waktu cukup lama. Rata-rata butuh waktu sekitar tiga sampai empat tahun. Durasi waktu menanam asparagus yang lama ini akan menghasilkan ukuran yang pas untuk dikonsumsi. Jadi tidak heran kalau harganya cukup mahal.

Baca Juga: Mengenal Pijat Laktasi dan Pijat Oksitosin untuk Mendukung Ibu Menyusui Memberikan ASI

Pentingkah Konsumsi Makanan Asam Folat untuk Ibu Hamil?

Pentingkah mengonsumsi asam folat selama hamil? Jawabannya adalah sangat penting ya Bunda, ini semua demi kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Karena kalau Bunda kekurangan asam folat sangat berisiko kehamilannya. Pasti Bunda juga bertanya apa ciri-ciri ibu hamil kekurangan asam folat? Ciri-ciri ibu hamil yang kekurangan asam folat biasanya akan terlihat pucat selama kehamilan. Bahkan banyak Bunda saat hamil yang mengalami gejala lemas, mudah lelah, sakit kepala, mual dan muntah, hingga bisa mengalami sesak napas. Jadi itu alasan kenapa ternyata sangatlah penting untuk memenuhi kebutuhan asam folat harian dalam diri terutama saat masa hamil dan menyusui. 

Jadi jangan sampai tidak konsumsi asam folat selama kehamilan ya. Itu tadi beberapa contoh makanan dari bahan alami yang mengandung asam folat, seperti asparagus, telur, legum, sayuran berdaun hijau, dan buah bit. Makanan-makanan asam folat ini dapat menjadi bagian dari menu sehat selama kehamilan, dengan catatan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang pas dan sesuai. Bukan hanya itu, sebagai menu lauk setiap hari di rumah juga sangat cocok dan bergizi seimbang untuk keluarga. 

Baca Juga: Mengatasi Morning Sickness: Tips Ampuh untuk Ibu Hamil

Namun, Bunda harus tetap konsultasi pada dokter kandungan ya untuk asupan yang dimakan. Karena biasanya saat hamil dokter akan memberikan beberapa suplemen yang kaya akan asam folat. Jadi agar takaran asam folat dan sesuai kebutuhan tubuh ibu hamil, tidak ada salahnya untuk konsultasi pada dokter. Semua ini kan Bunda lakukan demi janin dan diri sendiri, jangan malas untuk konsumsi buah atau sayur yang mengandung asam folat ya!.

Selamat menjaga kehamilan ya Bunda. Jangan lupa untuk teratur konsumsi makanan asam folat selama hamil demi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Semangat ya Bunda!.

Produk Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Produk Terbaik

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Sling Single Compartment Gaia / Cinnamon

FLASH SALE JAM 12.00

Rp144.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp289.000

5/5

559 Terjual

JualGabag Beauty Acne Clarifying Facial Cleanser

FLASH SALE JAM 12.00

Rp54.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp109.000

5/5

458 Terjual

JualGabaG Tas Asi – Cooler Bag – Sling Tote Double Compartment Summer / Gilia / Peony / Andrea

50% OFF

Rp335.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp764.730

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp912.630

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,3RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp1.130.130

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

JualGabaG Tas Asi – Backpack Cooler Bag 2 in 1 KINAN / PEANUT ( Laptop Fit)

FLASH SALE JAM 15.00

Rp226.000

FLASH SALE JAM 15.00

50% OFF

Rp449.000

5/5

267 Terjual

JualKolibri Smart – Gabag Kantong ASI 100 ML WFH (Work From Heart)

FLASH SALE JAM 15.00

Rp20.600

FLASH SALE JAM 15.00

60% OFF

Rp51.500

5/5

3,1RB Terjual

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Single Handbag Bunga / Crystal / Awan / Rain Lily / Hummingbird

40% OFF

Rp199.000

5/5

3,4RB Terjual

JualWebinar Batch II – Gabag Roadshow

NEW !!!

Rp30.000

NEW !!!

0% OFF

5/5

50 Terjual

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Sling Single Compartment People / Forest / Nara / Pink Camo / Cactus

50% OFF

Rp259.000

5/5

4RB Terjual

JualGabag – Kolibri Silicone Pump – Breastpump Manual

FLASH SALE JAM 12.00

Rp188.000

FLASH SALE JAM 12.00

30% OFF

Rp269.000

5/5

1,7RB Terjual

Trending Artikel

Uncategorized
Cara Merangsang ASI untuk Atasi Kendala ASI Sulit Keluar
Pompa-ASI-Handsfree
Uncategorized
Kelebihan pakai pompa ASI handsfree
Diaper-Bag-Lokal-yang-Bagus
Uncategorized
Diaper Bag Lokal yang Bagus
rekomendasi-diaper-bag-terbaik-2
Uncategorized
Rekomendasi Diaper Bag Terbaik
Gabag-Yelo Mom- New-Normal-Bag - Diaper-Bag
Uncategorized
Merek Diaper Bag Yang Bagus dan Murah
Gabag - New Normal Bag Stormy - Diaper Bag
Uncategorized
Rekomendasi Diaper Bag Ransel Terbaik untuk Ibu Modern
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
0
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top