Placeholder canvas
[xoo_wsc_cart]

Tips Memilih Pompa ASI Manual yang Tepat

Bagikan :
Picture of Echa
Echa
Tips Memilih Pompa ASI Manual yang Tepat

Pompa ASI manual merupakan salah satu perlengkapan menyusui untuk menambah pasokan stok ASI. Apalagi kalau Bunda sedang berada di luar rumah atau tidak langsung menyusu pada payudara, memiliki breastpump merupakan pilihan yang tepat. 

Namun Bunda tetap harus memperhatikan banyak hal saat memilih pompa ASI manual yang akan digunakan. Ini demi kenyamanan, efisiensi, dan keamanan dalam proses memompa ASI ya Bunda. 

Baca Juga: 3 Pompa ASI Manual Terbaik 2024

Ingin tahu apa saja tips untuk memilih pompa ASI manual yang tepat sesuai dengan kebutuhan Bunda? Cek di sini selengkapnya ya!. 

10 Tips Mudah Memilih Pompa ASI Manual yang Tepat

Tips Memilih Pompa ASI Manual yang Tepat

1. Ketahui Kebutuhan Bunda

Langkah pertama dalam memilih pompa ASI manual yang tepat adalah dengan memahami kebutuhan Bunda sebagai ibu menyusui. Pertimbangkan seberapa sering Bunda akan menggunakan pompa ASI ini, apakah membutuhkannya hanya sebagai alat cadangan atau untuk penggunaan sehari-hari yang intensif. Selain itu, pertimbangkan juga apakah Bunda juga membutuhkan pompa ASI manual yang portabel dan mudah dibawa bepergian.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Harus Punya Pompa ASI untuk Ibu Menyusui

2. Kenali Jenis Pompa ASI Manual

Ada beberapa jenis pompa ASI manual yang tersedia di pasaran, seperti pompa tarik, pompa dorong, dan pompa eksentrik. Kenali jenis pompa ASI yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Bunda. Beberapa ibu menyukai pompa tarik karena mereka dapat mengontrol kecepatan dan tekanan pompa sesuai dengan kenyamanan mereka, sementara yang lain mungkin lebih nyaman dengan pompa dorong yang lebih sederhana dan mudah digunakan.

GabaG memiliki beberapa pilihan pompa dorong yang efektif untuk menarik ASI dari payudara tanpa rasa sakit loh Bunda!. 

3. Perhatikan Kualitas dan Material

Pastikan untuk memeriksa kualitas dan material dari pompa ASI manual yang Bunda pertimbangkan. Pilih pompa ASI manual yang terbuat dari bahan yang aman dan tahan lama, seperti BPA-free plastic atau silicone yang food-grade. Pastikan juga bahwa pompa tersebut dirancang dengan baik dan memiliki konstruksi yang kokoh untuk menghindari kebocoran atau kerusakan yang tidak diinginkan.

4. Perhatikan Keamanan dan Kesehatan

Keamanan dan kesehatan adalah faktor penting dalam memilih pompa ASI manual yang tepat. Pastikan bahwa pompa ASI manual yang Anda pilih mudah dibersihkan dan sterilisasi untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan. Selain itu, perhatikan juga apakah pompa ASI tersebut aman digunakan oleh ibu yang memiliki kulit sensitif atau alergi tertentu.

Karena itu pilih pompa ASI manual dari merek terpercaya seperti GabaG Indonesia yang BPA Free dan sudah terbukti kualitasnya dalam menyediakan dukungan yang baik untuk ibu menyusui.

5. Pertimbangkan Kenyamanan Penggunaan

Pertimbangkan kenyamanan penggunaan saat memilih pompa ASI manual. Pilihlah pompa ASI yang dirancang dengan ergonomis dan nyaman untuk digenggam, sehingga dapat memompa ASI dengan mudah dan tanpa rasa tidak nyaman. Selain itu, pastikan bahwa pompa tersebut dilengkapi dengan perisai payudara yang sesuai dengan ukuran dan bentuk payudara Bunda untuk hasil yang optimal.

6. Cari Fitur Tambahan

Beberapa pompa ASI manual dilengkapi dengan fitur tambahan yang dapat meningkatkan kenyamanan dan efisiensi penggunaan. Misalnya, beberapa pompa ASI manual dilengkapi dengan bantalan silikon yang lembut untuk memberikan kenyamanan ekstra saat memompa ASI, sementara yang lain mungkin dilengkapi dengan botol penyimpanan ASI atau kantong es untuk kemudahan menyimpan dan membawa ASI yang diekspresikan.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Pompa ASI yang Bagus

Pompa ASI manual GabaG juga bisa terintegrasi dengan beberapa pompa ASI elektrik GabaG loh Bunda. Jadi bisa sekalian digunakan untuk jenis pompa ASI lainnya. 

7. Baca Ulasan dan Coba Langsung Jika Bisa

Sebelum memutuskan untuk membeli pompa ASI manual tertentu, pastikan untuk membaca ulasan dan tinjauan dari pengguna lain yang telah menggunakan pompa tersebut. Tinjauan dari pengguna lain dapat memberikan wawasan yang berharga tentang kinerja, kualitas, dan kenyamanan penggunaan pompa ASI tersebut, sehingga Bunda dapat membuat keputusan yang lebih terinformasi.

Bunda juga bisa mencoba langsung pompa ASInya dengan menyewanya terlebih dahulu atau meminjam, agar saat membeli benar-benar sudah cocok di hati. Dengan menguji coba produk secara langsung, Bunda dapat memastikan kenyamanan, efisiensi, dan kecocokannya dengan payudara sebelum membelinya.

8. Pertimbangkan Harga

Harga adalah faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih pompa ASI manual. Tentukan anggaran Anda terlebih dahulu dan cari pompa ASI yang sesuai dengan anggaran Bunda. Ingatlah bahwa pompa ASI yang mahal tidak selalu menjamin kualitas yang lebih baik, jadi pastikan untuk membandingkan fitur, kualitas, dan harga dari beberapa opsi sebelum membuat keputusan akhir. Namun yang pasti, harga pompa manual lebih murah dibanding pompa ASI elektrik.

9. Perhatikan Garansi

Perhatikan garansi yang ditawarkan oleh produsen pompa ASI tersebut. Garansi yang baik akan memberikan perlindungan terhadap kerusakan atau masalah teknis yang mungkin timbul dengan pompa tersebut. Pastikan untuk memeriksa syarat dan ketentuan garansi dengan teliti, termasuk prosedur pengajuan klaim garansi dan periode waktu yang ditetapkan. Selain itu dengan layanan purna jual yang baik, Bunda juga akan lebih mudah mendapatkan spare part yang orisinil.

10. Konsultasikan dengan Ahli Laktasi

Jika Bunda masih bingung dalam memilih pompa ASI manual yang tepat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli laktasi atau konsultan menyusui. Mereka dapat memberikan saran yang berharga berdasarkan pengalaman dan pengetahuan mereka tentang pompa ASI yang sesuai dengan kebutuhan Bunda sebagai ibu menyusui.

Baca Juga: 3 Macam Pompa ASI untuk Kemudahan Menyusui

GabaG Menyediakan Pompa ASI Manual Terbaik untuk Ibu Menyusui

1. GabaG Kolibri Silicone Breast Pump With Leak Proof Lid

Gabag – Kolibri Silicone Pump With Leak Proof Lid

GabaG Kolibri Silicone Breast Pump With Leak Proof Lid memiliki silicone yang dapat menampung ASI saat single pumping atau direct breastfeeding, menghindari kebocoran dan pemborosan ASI.

Dengan kapasitas silicone pump sebesar 90 ml, GabaG Kolibri Silicone Breast Pump ini terbuat dari 100% silicone food grade, bebas dari BPA, PVC, dan Phthalate. Selain itu, pompa ini mudah dibawa bepergian, simpel untuk disimpan, tanpa perlu listrik, dan tidak memakan banyak ruang.

Desainnya yang kompak dan sederhana membuat proses menyusui menjadi lebih sederhana dan praktis. Mulut silicone yang ergonomis, cocok untuk berbagai bentuk payudara, tidak menyebabkan iritasi, dan sangat aman digunakan di kulit, terutama di area sensitif seperti payudara.

Desain dasar silicone yang dapat menempel pada permukaan datar menghindari tumpahan dan dilengkapi dengan penutup yang dilengkapi dengan katup, memungkinkan pemindahan ASI perah ke wadah penyimpanan tanpa perlu membuka tutupnya. Silicone ini dapat dipanaskan, direbus, disterilisasi, dan disimpan di dalam lemari es.

Cukup tekan silicone pump dengan lembut menggunakan tangan, lalu tempelkan pada payudara. Lepaskan tekanan untuk menciptakan hisapan pada payudara. Prosesnya cukup mudah, bukan?

2. Kolibri Handsfree Silicone Breast Pump

Gabag – Kolibri Silicone Pump Handsfree Silicone Pump – Breastpump Manual Pompa ASI Manual Terbaik

GabaG telah menghadirkan inovasi terbaru untuk mempermudah proses memerah ASI. Berbeda dengan pompa ASI silikon konvensional, Kolibri Handsfree Silicone Breast Pump dirancang untuk dipasang dengan nyaman di dalam bra. Ini memungkinkan para ibu untuk tetap aktif, seperti menjaga bayi, memerah ASI, atau melakukan tugas lainnya, tanpa terganggu.

Dengan kapasitas pompa handsfree silicone sebesar 120 ml, Kolibri Handsfree Silicone Breast Pump ini tidak memerlukan kabel atau baterai, membuatnya sangat mudah digunakan. Desainnya yang ramping dan kokoh memastikan pompa ASI ini beroperasi tanpa suara dan mudah dibawa ke mana-mana. Pengumpulan ASI menjadi lebih aman, nyaman, dan efektif.

Terbuat dari silicone food grade yang bebas dari BPA, BPS, PVC, dan phthalate, Kolibri Handsfree Silicone Breast Pump juga sangat mudah digunakan. Cukup dengan menekan sekali, pompa ini akan menciptakan hisapan alami secara berkelanjutan yang dapat disesuaikan dengan kenyamanan ibu dengan menekan katup yang sesuai.

3. GabaG Kolibri Breastmilk Funnel Bottle

Gabag – Kolibri Breastmilk Funnel Bottle Pompa ASI Manual Terbaik

Dengan adanya GabaG Kolibri Breastmilk Funnel Bottle, proses memerah ASI menggunakan tangan menjadi lebih mudah tanpa risiko tumpahan. Sekarang, ibu yang memilih untuk memerah ASI secara manual tidak perlu khawatir lagi!

GabaG mempersembahkan GabaG Kolibri Breastmilk Funnel Bottle, sebuah corong penampung ASI perah yang dirancang khusus untuk para ibu yang memerah ASI secara manual.

Dilengkapi dengan botol BPA Free berukuran Wide Neck, GabaG Kolibri Breastmilk Funnel Bottle dapat menampung hingga 260ml ASI perah. Terbuat dari bahan Polypropylane (PP) yang tahan suhu mulai dari -20℃ hingga 120℃, ini membuatnya aman digunakan untuk menyimpan ASI di dalam lemari es maupun dalam kondisi suhu ruangan.

Pada bagian dasar botol, terdapat sensor yang berubah warna menjadi kuning keputihan ketika botol terkena panas. Hal ini membantu ibu untuk memastikan bahwa ASI yang disimpan dalam botol berada dalam kondisi suhu yang aman.

Tidak hanya itu, bagian leher botol ini dapat dipasang pada breastpump Kolibri X1 dan breastpump double Infinite, yang memungkinkan ibu untuk lebih hemat jika ingin menggunakan pompa ASI terbaik dari GabaG. Dengan demikian, GabaG Kolibri Breastmilk Funnel Bottle tidak hanya praktis, tetapi juga ekonomis untuk digunakan dalam proses memerah ASI.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Pompa ASI Handsfree Terbaik 2024

Dengan mempertimbangkan tips di atas, Bunda dapat memilih pompa ASI yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Bunda sebagai ibu menyusui. Ingatlah bahwa pompa ASI manual yang tepat dapat membuat proses memompa ASI lebih efisien, nyaman, dan berhasil pengosongan payudara sempurna.

Selamat memilih dan semoga sukses dalam perjalanan menyusui Bunda selama 2 tahun! GabaG merupakan one stop solution untuk ibu hamil dan menyusui.

Produk Terbaik

Produk Terbaik

JualGabag – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE STATER PACK & FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp699.000

FREE STATER PACK & FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,8RB Terjual

JualGabaG Tas Asi – Cooler Bag – Backpack Sling Double Compartment Nirmala / Juwita / Onyx / Praya / Tora / Embun / Nathan / Boston / Yuna

32% OFF

Rp289.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE STATER PACK & VOUCHER KONSULTASI

Rp1.130.130

FREE STATER PACK & VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

JualSesi Konselor Menyusui GabaG

ONLINE & HOME VISIT

Rp200.000

ONLINE & HOME VISIT

0% OFF

Rp200.000

5/5

200 Terjual

JualGabag – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE STATER PACK & VOUCHER KONSULTASI

Rp912.630

FREE STATER PACK & VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,2RB Terjual

JualGabagKids Double Lunch Bag (medium) – Tas Bekal anak

FLASH SALE JAM 12.00

Rp126.000

FLASH SALE JAM 12.00

40% OFF

Rp210.000

5/5

212 Terjual

JualMagic Pack Mermaid – Penghangat Bekal

FLASH SALE JAM 12.00

Rp29.000

FLASH SALE JAM 12.00

40% OFF

Rp49.000

5/5

78 Terjual

JualGabaG Tas Asi – Backpack Cooler Bag 2 in 1 KINAN / PEANUT ( Laptop Fit)

20% OFF

Rp432.000

5/5

224 Terjual

JualGabaG – Ice Gel Pack New Edition 200ml – Hot Gel Pack 200ml

26% OFF

Rp10.000

5/5

10RB+ Terjual

JualGift Card Voucher GabaG

Hemat s.d 100RB

Rp95K - 900K

Hemat s.d 100RB

10% OFF

Rp100K - 1.000K

5/5

113 Terjual

Trending Artikel

Metode-tes-kehamilan-dengan-jari
Uncategorized
Metode Tes Kehamilan dengan Jari: Apakah Ini Efektif?
Cara Meningkatkan Produksi ASI agar Lebih Melimpah
Ibu Hamil & Menyusui
Cara Meningkatkan Produksi ASI agar Lebih Melimpah
Kehamilan Ektopik: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan
Uncategorized
Kehamilan Ektopik: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan
cara-menghitung-usia-kehamilan-dengan-akurat
Uncategorized
Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Akurat
10 Tips Mudik Bawa Bayi yang Aman dan Anti Repot
Ibu dan Anak
10 Tips Mudik Bawa Bayi yang Aman dan Anti Repot
Cara Mengelola Uang THR Anak dengan Cerdas
Ibu dan Anak
5 Cara Mengelola Uang THR Anak dengan Cerdas, Jangan Dihabiskan ya Bunda!
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
0
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top