skip to content
[xoo_wsc_cart]

12 Obat Sakit Gigi untuk Anak yang Alami dan Sangat Manjur

Bagikan :
Picture of Echa
Echa
Obat Sakit Gigi untuk Anak yang Alami dan Sangat Manjur

Tidak hanya dialami orang dewasa, sakit gigi juga sering menimpa anak-anak. Sakit gigi pada anak dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti kerusakan gigi, penumpukan plak, gigi berlubang, gigi patah, makanan yang tersangkut di antara gigi, atau mungkin hanya rasa sakit sementara yang disebabkan oleh hal lain. Karena itu Bunda harus tahu apa obat sakit gigi untuk anak yang manjur.

Anak kadang susah diajak ke dokter gigi, jadi Bunda bisa memberikan obat sakit gigi untuk anak terlebih dahulu sebagai pertolongan pertama. Ingin tahu apa saja obat sakit gigi anak ini? Cek di sini selengkapnya ya Bunda!.

Obat Sakit Gigi untuk Anak Alami

Obat Sakit Gigi untuk Anak yang Alami dan Sangat Manjur

Banyak orangtua khawatir jika anak mengalami sakit gigi. Si kecil yang menangis karena giginya sakit sering kali membuat Bunda tak tega. Apakah yang sebaiknya dilakukan karena pengobatan atau perawatan sakit gigi akan berbeda antara anak-anak dengan orang dewasa? Tentu  Bunda perlu mengetahui obat sakit gigi untuk anak yang aman.

Selain nyeri, sakit gigi tak jarang diikuti demam, pembengkakan pada gusi yang menyebabkan nafsu makan anak berkurang, bahkan kadang keluar cairan berbau tak sedap jika gigi berlubang.

Bunda perlu tahu cara mengatasi sakit gigi dengan obat sakit gigi untuk anak yang alami dan sangat sederhana yang bisa diberikan untuk mengurangi rasa sakitnya sebelum berobat ke dokter gigi.

1. Air Garam Hangat 

Sakit gigi dapat diredakan dengan berkumur memakai air garam hangat. Obat ini merupakan pengobatan awal yang efektif. Garam mampu membunuh bakteri sedangkan air hangat dapat meredakan ketidaknyamanan serta mengurangi pembengkakan pada gusi. 

Caranya mudah: campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu minta anak berkumur dengan campuran tersebut.

Baca Juga: Mengenal Penyebab Mimisan pada Anak dan Cara Menanganinya

2. Pasta Bawang Putih

Bawang putih dikenal punya sifat antibakteri karena mampu membunuh bakteri berbahaya yang menimbulkan plak gigi. Selain itu, bawang putih dapat dimanfaatkan sebagai pereda nyeri. 

Caranya dengan menghaluskan satu atau dua siung bawang putih hingga menjadi pasta. Tambahkan sejumput garam, lalu oleskan pada area yang sakit menggunakan kapas serta diamkan selama 30 menit. Obat ini efektif membantu menurunkan nyeri dan iritasi akibat infeksi.

3. Kompres Air Dingin

Kompres dengan es membantu meringankan rasa sakit karena menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan serta peradangan. 

Caranya: masukkan es ke dalam kantong kompres, kemudian kompres pada pipi yang berdekatan dengan gigi yang sakit selama 20 menit dan ulangi setiap beberapa jam. 

4. Teh Celup Peppermint

Obat sakit gigi untuk anak yang juga bisa Bunda coba adalah menggunakan teh peppermint. Bukan hanya menghilangkan rasa sakit, teh ini juga dapat mengendurkan gusi sensitif. Caranya adalah dengan memasukkan kantong teh peppermint yang baru digunakan ke dalam freezer selama beberapa menit.

Kemudian tempelkan di antara pipi dan gusi anak sakit giginya mereda. Jika tidak ada teh celup rasa peppermint, Bunda bisa menggunakan beberapa tetes minyak esensial peppermint dengan minyak cengkih. Oleskan keduanya ke bola kapas lalu tempelkan di area yang teriritasi.

5. Thyme

Sifat antibakteri dan antioksidan dalam thyme dapat membantu meredakan sakit gigi. Caranya, oleskan campuran yang terdiri dari tetesan minyak esensial thyme dengan air pada bola kapas. Selanjutnya tempelkan pada daerah yang sakit.  

Baca Juga: 7 Manfaat Timun untuk Wajah, Bunda Jadi Segar dan Berseri

6. Minyak Cengkih

Cengkih juga efektif dipakai sebagai obat sakit gigi untuk anak. Sifat antiinflamasi dan antibakteri di dalam rempah ini bisa membantu melawan sakit gigi. Kandungan eugenol dalam cengkih juga bisa berperan sebagai anestesi atau obat bius alami, yang dapat mematikan saraf.

Aplikasinya mudah: celupkan bola kapas kecil dalam minyak cengkih lalu oleskan pada bagian gigi anak yang terasa sakit atau berlubang. Lakukan secara rutin tiga kali sehari sampai sakit gigi hilang.

Alternatif lain: minta anak untuk mengunyah cengkih utuh demi mendapatkan minyaknya secara langsung. Suruh anak menahannya selama setengah jam sampai rasa nyerinya reda.

7. Gel Lidah Buaya

Obat Sakit Gigi untuk Anak yang Alami dan Sangat Manjur

Bahan alami lain yang bisa digunakan sebagai obat sakit gigi untuk anak adalah lidah buaya. Tanaman ini dapat membantu menghancurkan bakteri mulut yang menyebabkan kerusakan gigi. Cukup oleskan gel lidah buaya pada area yang terasa sakit sambil memijat perlahan.

8. Jeruk Nipis

Selain diandalkan sebagai obat batuk saat dicampur kecap manis, jeruk nipis ternyata mampu mengurangi rasa sakit pada gigi anak. Tingginya kandungan vitamin C dalam jeruk nipis akan menurunkan nyeri gigi. Bunda cukup mengiris jeruk nipis menjadi bagian kecil-kecil. Letakkan potongan itu pada gigi anak yang dirasa sakit. Diamkan selama beberapa menit dan ganti yang baru sesuai kebutuhan. 

9. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji ternyata bukan hanya efektif meredakan diare, tetapi juga mampu membantu menjaga kesehatan mulut berkat kandungan mikrobanya. Cara yang mudah adalah dengan mengunyah daun jambu biji segar. Jika memungkinkan, daun juga bisa dimemarkan lalu direbus dalam air mendidih untuk dipakai berkumur.

10. Cuka Sari Apel

Obat lain untuk mengatasi sakit gigi anak adalah cuka sari apel. Benda ini mengandung antiseptik dan antiradang sehingga dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu, cuka sari apel bisa meredakan nyeri. Celupkan bola kapas ke dalam cuka lalu oleskan pada area yang terasa sakit.

11. Madu

Seperti daun jambu biji, madu bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit gigi pada anak karena mengandung antimikroba dan antiinflamasi. Bengkak juga bisa diredakan dengan cara mengoleskan madu pada area yang sakit sesuai kebutuhan anak.

Baca Juga: 13 Cara Membangunkan Bayi yang Benar

12. Minyak Kelapa

Bahan lain yang mudah didapatkan sebagai obat sakit gigi untuk anak adalah minyak kelapa. Minyak alami ini bisa meredakan rasa sakit gigi berkat sifat antibakteri dan antiinflamasinya. Minta anak Bunda berkumur dengan satu sendok makan minyak kelapa, pastikan merata hingga seluruh area mulut selama sekitar 30 menit, kemudian muntahkan.

13. Teh Hijau

Solusi lain untuk mengatasi sakit gigi anak adalah menggunakan teh hijau yang mengandung tanin. Tanin adalah senyawa yang bisa mengurangi peradangan. Untuk mengobati sakit gigi, panaskan teh hijau bersama kantungnya di dalam air sebagaimana menyeduh teh pada umumnya. Keluarkan dan simpan di lemari es. Gunakan kantung teh hijau itu untuk mengompres area gigi yang nyeri atau bengkak.

Itulah beberapa obat alami atau sederhana yang dapat Bunda gunakan sebagai pengobatan awal ketika anak menderita sakit gigi. Namun perlu diingat, Bunda wajib berhati-hati saat menggunakan bahan-bahan tersebut apalagi jika anak memiliki alergi.

Jika sakit gigi terus berlanjut meski sudah menggunakan obat alami dan obat lain tersebut dalam waktu 24-36 jam, sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan obat sakit gigi anak yang lebih tepat. Semoga anak cepet sembuh sakit giginya ya!.

Produk Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Produk Terbaik

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Sling Single Compartment Gaia / Cinnamon

FLASH SALE JAM 12.00

Rp144.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp289.000

5/5

559 Terjual

JualGabag Beauty Acne Clarifying Facial Cleanser

FLASH SALE JAM 12.00

Rp54.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp109.000

5/5

458 Terjual

JualGabaG Tas Asi – Cooler Bag – Sling Tote Double Compartment Summer / Gilia / Peony / Andrea

50% OFF

Rp335.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp764.730

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp912.630

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,3RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp1.130.130

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

JualGabaG Tas Asi – Backpack Cooler Bag 2 in 1 KINAN / PEANUT ( Laptop Fit)

FLASH SALE JAM 15.00

Rp226.000

FLASH SALE JAM 15.00

50% OFF

Rp449.000

5/5

267 Terjual

JualKolibri Smart – Gabag Kantong ASI 100 ML WFH (Work From Heart)

FLASH SALE JAM 15.00

Rp20.600

FLASH SALE JAM 15.00

60% OFF

Rp51.500

5/5

3,1RB Terjual

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Single Handbag Bunga / Crystal / Awan / Rain Lily / Hummingbird

40% OFF

Rp199.000

5/5

3,4RB Terjual

JualWebinar Batch II – Gabag Roadshow

NEW !!!

Rp30.000

NEW !!!

0% OFF

5/5

50 Terjual

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Sling Single Compartment People / Forest / Nara / Pink Camo / Cactus

50% OFF

Rp259.000

5/5

4RB Terjual

JualGabag – Kolibri Silicone Pump – Breastpump Manual

FLASH SALE JAM 12.00

Rp188.000

FLASH SALE JAM 12.00

30% OFF

Rp269.000

5/5

1,7RB Terjual

Trending Artikel

Uncategorized
Cara Merangsang ASI untuk Atasi Kendala ASI Sulit Keluar
Pompa-ASI-Handsfree
Uncategorized
Kelebihan pakai pompa ASI handsfree
Diaper-Bag-Lokal-yang-Bagus
Uncategorized
Diaper Bag Lokal yang Bagus
rekomendasi-diaper-bag-terbaik-2
Uncategorized
Rekomendasi Diaper Bag Terbaik
Gabag-Yelo Mom- New-Normal-Bag - Diaper-Bag
Uncategorized
Merek Diaper Bag Yang Bagus dan Murah
Gabag - New Normal Bag Stormy - Diaper Bag
Uncategorized
Rekomendasi Diaper Bag Ransel Terbaik untuk Ibu Modern
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
0
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top