skip to content
[xoo_wsc_cart]

Begini Cara Agar Berat Badan Anak Usia 3 Tahun Ideal

Bagikan :
Picture of Echa
Echa
Berat Badan Anak Usia 3 Tahun

Berat badan anak usia 3 tahun penting sebagai informasi untuk mengetahui apakah anak Bunda mengalami pertumbuhan secara normal atau tidak. Berat badan bayi tidak bisa dipisahkan dari makanan dan minuman yang dikonsumi mereka. Di sinilah dibutuhkan perhatian ekstra Bunda selama menemani perjalanan ananda. 

Untuk memantau pertumbuhan anak secara fisik, Bunda bisa memperhatikan grafik penambahan berat badannya dari waktu ke waktu. Berat badan harus ideal. Jika berat badan anak terlalu rendah atau terlalu tinggi, maka ada hal yang perlu dikhawatirkan. Lalu berapa berat badan anak usia 3 tahun yang dipandang ideal?

Baca Juga: 7 Ide Bekal Sekolah Simpel Anak yang Menyenangkan

Berat badan anak usia 3 tahun yang ideal

Berat Badan Anak Usia 3 Tahun

Pada rentang usia 2 tahun, umumnya berat badan anak akan meningkat kira-kira 2 kg setiap tahun. Tinggi anak juga menyesuaikan beratnya, yakni bertambah 8 cm pada usia antara 2 dan 3 tahun lalu bertambah 7 cm saat usianya mencapai 3-4 tahun.

Menurut situs Babycenter, berat badan anak usia 3 tahun ternyata tidak sama antara bayi laki-laki dan perempuan. Untuk bayi laki-laki, berat badan idealnya 14,4 kg dengan tinggi 95,3 cm. Adapun berat badan ideal bayi perempuan adalah 13,9 kg dengan tinggi 94,2 cm.

Baca Juga: Bikin Semangat! Gunakan 4 Tas Sekolah Aesthetic Ini Untuk Anak

Cara menambah berat badan anak usia 3 tahun

Faktanya, yang terjadi pada anak tak selalu sesuai ekspektasi atau ukuran normal. Jadi, Bunda tak perlu cemas seandainya berat badan anak tercinta belum sesuai dengan angka ideal. Asalkan anak sehat dan rutin berkonsultasi dengan dokter anak untuk diperiksa, berarti balita baik dan tak perlu dikhawatirkan.

Baca Juga: 10 Ide Bekal Anak dari Roti Tawar yang Lezat

Bagaimana jika Bunda ingin menambah berat badan anak? Silakan mencoba beberapa cara berikut ini untuk mendongkrak agar berat badan anak ideal sesuai usianya.

1. Pilih makanan dan minuman kaya nutrisi

Hal pertama yang bisa Bunda lakukan untuk menaikkan berat badan anak usia 3 tahun adalah dengan memberikan anak asupan yang kaya nutrisi dan kandungan energi. Jangan biarkan anak asal makan banyak tanpa gizi, itu percuma tak berdampak pada naiknya berat badan anak. Tumbuhnya harus sehat.

2. Sediakan camilan kaya lemak dan protein

Selain itu, berikan camilan yang mengandung banyak lemak dan protein untuk mempercepat naiknya berat badan anak. Berikan anak kudapan seperti alpukat dan yoghurt greek dan selai kacang. Bisa juga dengan daging ayam, sapi, ikan, dan cokelat hitam. Konsultasikan dengan dokter atau ahli yang kompeten.

Baca Juga: 5 Bekal Anak TK Selain Nasi yang Mudah Dibuat

3. Tambahkan lemak dan minyak pada makanan anak

Gunakan mentega atau margarin non-hidrogenasi, minyak sayur seperti canola atau minyak zaitun ke dalam nasi, pasta, dan biji-bijian yang Bunda masak untuk anak tercinta. Makanan manis, seperti selai kacang atau buah-buahan, bisa pula untuk mendongkrak berat badan anak usia 3 tahun.

Sebagai tambahan kalori ekstra, Bunda bisa manfaatkan krim, susu bubuk, polimer glukosa, atau minyak. Sebagai pengganti susu biasa dengan formula, silakan minta rekomendasi ahli gizi anak sesuai dengan usia balita.

4. Atur waktu makan yang teratur

Sebagai bagian dari usaha menambah berat badan anak, Bunda perlu mengatur jadwal yang sama setiap hari. Jadwal makan ini membantu anak bersikap teratur. Namun, jika ia tidak ingin makan, jangan lakukan pemaksaan. Tawarkan lagi nanti saat ia lapar.

Yang tak kalah penting diingat adalah memberikan makanan sesuai dengan usia anak. Frekuensinya sebanyak tiga kali makan ditambah 2-3 kali camilan per hari. Pengaturan jadwal makan jangan terlalu pendek atau terlalu lama. Sesuaikan dengan proporsi dan kondisi anak.

Baca Juga: Ini Dia 5 Makanan yang Mengandung Asam Folat untuk Ibu Hamil

5. Suplemen tambahan 

Suplemen berfungsi menyediakan kalori dan nutrisi ekstra guna mendukung peningkatan berat badan anak, sekaligus memperbaiki pertumbuhan anak. Namun ingat, pemberian suplemen gizi haruslah setelah anak Bunda mengonsumsi makanan utama. Untuk menjamin proses dan keputusan yang tepat, jangan lupa berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter terkait sebelum memberikan suplemen kepada anak. 

Makanan penambah berat badan anak

Berat Badan Anak Usia 3 Tahun

Untuk menambah berat badan anak usia 3 tahun, berikut ini daftar makanan yang bisa Bunda berikan.

Baca Juga: 7 Makanan untuk Ibu Hamil yang Wajib Dikonsumsi

1. Susu

Penambahan susu penuh lemak ke dalam campuran makanan untuk anak Anda bisa memasok kalori ekstra. Pastikan sudah berkonsultasi dengan dokter jika anak Bunda memiliki intoleransi laktosa atau alergi yang perlu ditangani.

2. Sayuran rebus

Meskipun tidak secara langsung menyebabkan peningkatan berat badan anak, sayuran tetap dibutuhkan untuk mencegah sembelit dan masalah pencernaan. Kalau pencernaan bagus, maka makanan lain akan terserap sempurna sesuai kebutuhan.

Sayuran seperti bayam, labu kuning, wortel, buncis, dan lain-lain bisa dikonsumsi sebagai sumber yang kaya mineral dan vitamin. Setiap hari masukkan 3-4 porsi sayuran dalam menu si kecil. Kacang polong juga bagus karena mengandung banyak vitamin dan serat serta menjadi sumber makanan berkalori tinggi. Sayuran bisa direbus dengan diolesi ghee dan dipotong kecil-kecil agar mudah dicerna anak.

3. Buah-buahan

Pisang, apel, dan mangga bisa dilirik sebagai makanan untuk disajikan dalam bentuk buah potong. Alternatif lain, buah itu juga bisa dibuat milkshake atau smoothie. Pisang, misalnya, termasuk salah satu buah yang menjadi sumber energi dan karbohidrat alami, dengan kandungan 105 kalori per 100 gram.

Buah lain yang bisa diandalkan adalah alpukat. Rasanya manis legit dengan kandungan banyak lemak dan kalori. Alpukat bisa dipotong-potong, dipakai sebagai olesan, juga dibuat smoothie. Teksturnya yang lembut dan kenyal membuat anak Bunda bakal tertarik menyantapnya.

4. Telur

Telur dikenal sebagai sumber protein yang kaya dan bermanfaat sebagai penambah kalori. Penyajiannya pun mudah: bisa direbus, digoreng, atau dibikin telur dadar. Cara penyajian lainnya yaitu ditambahkan ke dalam adonan makanan, misalnya dalam pembuatan puding, pancake, atau french toast.

5. Ikan dan ayam

Sebagai sumber Omega 3, ikan sangat baik dan bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak dan produksi hormon anak. Berat badan anak usia 3 tahun yang ideal bisa diwujudkan berkat kandungan protein dan vitamin dalam ikan. Alternatif lain ikan bisa berupa daging ayam yang kaya niacin, magnesium, fosfor, Vitamin B6, dan B12.

Baca Juga: 7 Perlengkapan Sekolah Anak TK yang Perlu Bunda Persiapkan

Itulah beberapa cara yang bisa Bunda terapkan untuk mendapatkan berat badan anak usia 3 tahun secara ideal. Perbanyak baca dan mencoba resep untuk mendapatkan menu yang enak tapi tetap bergizi. Jangan lupa pakai tempat bekal dari GabaG Kids yang akan membuatnya semangat saat makan. Semoga bermanfaat dan tetap semangat!

Produk Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Produk Terbaik

JualSesi Konselor Menyusui GabaG

ONLINE & HOME VISIT

Rp200.000

ONLINE & HOME VISIT

0% OFF

Rp200.000

5/5

200 Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp912.630

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,3RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp764.730

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp1.130.130

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

Trending Artikel

Memancing-Asi-Keluar
Uncategorized
Cara Memancing Asi Keluar Saat Hamil
Uncategorized
Ini Perbedaan Pompa Air Susu Ibu Manual dan Elektrik
Berapa-Lama-ASI-Bertahan?
Uncategorized
Berapa Lama ASI Bertahan di Suhu Ruangan? Ini Jawabannya Bun
Penyebab Cacar Monyet pada Anak dan Cara Mengatasinya
Beauty
Penyebab Cacar Monyet pada Anak dan Cara Mengatasinya
Keampuhan Hyaluronic Acid untuk Stretch Mark
Beauty
Keampuhan Hyaluronic Acid untuk Stretch Mark
Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI dan Cara Mengatasinya
Ibu dan Anak
Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI dan Cara Mengatasinya
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top