skip to content
[xoo_wsc_cart]

8 Cara agar Cepat Melahirkan, Bayi Sehat Ibu Selamat

Bagikan :
Picture of Echa
Echa
Cara agar Cepat Melahirkan, Bayi Sehat Ibu Selamat

Ketika usia kandungan sudah 9 bulan maka pasti Bunda sudah deg-degan karena akan melahirkan. Namun saat menjelang hari perkiraan lahir (HPL) ternyata masih belum ada tanda-tanda kontraksi. Hal ini pasti buat Bunda khawatir kan? Bunda pun mencari berbagai cara agar cepat melahirkan, agar prosesnya lancar dan bayinya sehat.

Pada artikel ini, GabaG akan memberi saran buat para Bunda bagaimana cara agar cepat melahirkan dan segera bisa menimang bayi yang telah lama ditunggu-tunggu. Tentu semuanya dilakukan atas izin dari dokter atau bidan. Karena inginnya Bunda dan bayi sehat selamat kan. Selengkapnya cek disini ya!. 

Baca Juga: 7 Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir yang Wajib Dimiliki

Bagaimana Cara agar Cepat Melahirkan?

Cara agar Cepat Melahirkan, Bayi Sehat Ibu Selamat

Ada banyak yang bisa Bunda lakukan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut!.

1. Mengepel Lantai

Pernahkah Bunda mendengar bahwa seorang ibu hamil tua harus sering mengepel lantai? Ternyata hal ini bukan hanya mitos, tetapi merupakan salah satu kiat agar bumil bisa melahirkan dengan mudah. Mengepelnya juga harus dengan tangan (tanpa alat pel/ tongkat) dan dilakukan dengan gerakan seperti merangkak.

Jadi jika Bunda rajin mengepel lantai maka akan membuka jalan lahir sehingga bayi akan lahir lebih cepat. Lakukan aktivitas ini minimal sehari sekali dan gerakannya pelan-pelan saja. Dengan mengepel lantai maka ada goyangan pinggul yang akan membuat proses melahirkan jadi lebih lancar.

Baca Juga: Cara Pijat Oksitosin Untuk Memperlancar ASI yang Benar

2. Bergerak Lebih Aktif

Apakah Bunda masih suka jalan-jalan di pagi hari? Ternyata berjalan kaki dan bergerak lebih aktif adalah salah satu cara agar cepat melahirkan. Penyebabnya karena saat seorang ibu hamil suka berjalan kaki, maka akan membuat gaya gravitasi sehingga bayi akan masuk ke panggul. Agar lebih aman maka pakailah sepatu keds yang empuk dan nyaman saat berjalan kaki.

Yuk lebih semangat dalam berjalan kaki agar bisa melahirkan lebih cepat. Saat sudah hamil tua jangan malah malas-malasan atau ngebo. Namun Bunda harus memiliki motivasi dalam bergerak aktif karena akan membuat kontraksi hadir dan memudahkan persalinan. Dengan rutin berjalan kaki setelah subuh maka pikiran juga bisa rileks karena tubuh menghirup udara segar.

3. Berhubungan Suami-Istri

Ketika menjelang hari perkiraan lahir, apakah Bunda jadi malas-malasan dalam melayani suami di atas ranjang? Jangan seperti ini ya, kasihan suaminya. Bunda tidak perlu takut akan terjadi apa-apa pada janin karena ia terlindungi dengan aman di dalam rahim, walau sedang melakukan hubungan intim.

Selain itu, berhubungan suami-istri juga bisa menstimulasi agar bayi cepat lahir. Penyebabnya karena orgasme dan sperma akan memicu hormon prostaglandin. Hormon ini akan membuat kontraksi, sehingga persalinan terjadi sesuai dengan rencana.

Baca Juga: Rekomendasi Skincare Ibu Hamil Agar Tetap Tampil Cantik

4. Makan Buah Nanas

Cara agar cepat melahirkan yang selanjutnya adalah dengan makan buah nanas. Penyebabnya karena nanas mengandung enzim bromelain yang bisa membuat kontraksi hadir pada ibu hamil tua. Bunda jangan takut makan nanas ya karena selain sehat juga bisa melancarkan proses menjelang kelahiran.

Akan tetapi, lebih baik Bunda makan nanas secara langsung dan pilih buah yang masih segar. Jangan makan yang versi kalengan atau minum jusnya karena enzim hanya ada saat makan nanasnya langsung. Saat ini sudah banyak pedagang yang menjual nanas yang sudah dikupas dan dipotong sehingga sangat memudahkan dan bisa langsung dikonsumsi oleh Bunda.

5. Menstimulasi Puting

Cara agar Cepat Melahirkan, Bayi Sehat Ibu Selamat

Selain berhubungan suami istri, menstimulasi puting juga bisa jadi salah satu cara agar persalinan terjadi lebih cepat. Penyebabnya karena saat puting diremas akan memicu hormon oksiton, yang membuat rahim kontraksi. Ketika Bunda sudah hamil tua jangan lupa melakukannya dengan teratur, apalagi jelang HPL.

Mintalah suami untuk melakukan stimulasi puting dengan pelan. Kalau takut lecet bisa memakai sedikit baby oil. Ketika terjadi stimulasi puting maka seolah-olah sudah dihisap oleh bayi, dan diharap juga memicu keluarnya ASI dengan lancar. Nantinya proses persalinan akan lebih cepat dan bayi bisa menikmati ASI yang deras.

Baca Juga: Menghitung Usia Kehamilan: Panduan Praktis untuk Calon Ibu

6. Minum Teh Daun Raspberry Merah

Teh daun raspberry merah adalah minuman herbal yang sangat menyehatkan karena bisa mengurangi efek mual dan muntah saat hamil. Selain itu, teh ini juga bisa memicu kontraksi sehingga Bunda bisa melahirkan lebih cepat. Jangan takut untuk meminumnya karena teh daun raspberry merah bisa mempertebal dinding rahim.

Baca Juga: 7 Skincare Aman Untuk Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

7. Melompat dengan Gym Ball

Pernahkah Bunda melihat gym ball di fitness center? Ternyata bola tersebut tidak hanya bisa dibuat untuk berolahraga dan melangsingkan badan. Akan tetapi bisa dipakai para bumil agar bisa melahirkan lebih cepat.

Saat Bunda sudah masuk ke usia kehamilan di atas 38 minggu, tetapi belum ada kontraksi sama sekali, coba lompat-lompat di atas gym ball. Tentu harus dilakukan dengan pelan agar tidak cedera. Dengan stimulasi seperti ini maka diharap akan terjadi kontraksi sehingga Bunda bisa melahirkan sesuai dengan HPL.

8. Mengkonsumsi Makanan Pedas

Jika Bunda suka makan rujak buah atau rendang maka teruskan saja karena mengkonsumsi makanan pedas juga bisa jadi salah satu cara agar cepat melahirkan. Sama seperti efek makan nanas, maka makanan pedas juga merangsang terbentuknya hormon prostaglandin sehingga menyebabkan kontraksi rahim.

Baca Juga: 15 Tanda-tanda Melahirkan yang Penting Bunda Tahu

Jangan Lupa Tas ASI Bayi Untuk Dipersiapkan Ke Rumah Sakit

Gabag Troy Rekomendasi Diaper Bag Terbaik

GabaG Indonesia sangat mengerti kebutuhan Bunda yang sedang menunggu persalinan. Karena itu GabaG menyediakan berbagai varian lengkap diaper bag bayi yang bisa muat semua kebutuhan lahiran Bunda untuk dibawa ke rumah sakit. Dengan mempersiapkan tas bayi untuk pergi persalinan ke rumah sakit, akan membuat Bunda lebih fokus melahirkan. Semua perlengkapan sudah disediakan dan pastinya akan sangat memudahkan Bunda sekeluarga. Tinggal bawa tasnya pergi langsung. Suami juga pasti akan semangat membawa tas perlengkapan bayi tersebut karena model tas GabaG sangat menarik.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Diaper Bag Terbaik 2024

Bukan hanya tas saja, GabaG juga menyediakan perlengkapan menyusui lengkap agar ASI Bunda lancar. Mulai dari breastpump sampai kantong ASI terbaik ada semua. Bunda cukup optimalkan budget peralatan lahiran, karena GabaG harganya sangat terjangkau dan tentu berkualitas. Bunda tidak perlu meragukan kualitas GabaG dalam menemani masa hamil, melahirkan, menyusui hingga anak sekolah. Tetap stylish saat pergi kemanapun, bahkan untuk lahiran ya Bunda!. Rekomendasi terbaik hanya untuk Bunda dari GabaG Indonesia.

Itu tadi cara agar cepat melahirkan yang bisa Bunda lakukan ketika menunggu persalinan. Selamat mempraktikkan dan sehat selamat ibu serta bayi ya. Semangat Bunda!.

Produk Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Produk Terbaik

JualSesi Konselor Menyusui GabaG

ONLINE & HOME VISIT

Rp200.000

ONLINE & HOME VISIT

0% OFF

Rp200.000

5/5

200 Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp912.630

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,3RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp764.730

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp1.130.130

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

Trending Artikel

Memancing-Asi-Keluar
Uncategorized
Cara Memancing Asi Keluar Saat Hamil
Uncategorized
Ini Perbedaan Pompa Air Susu Ibu Manual dan Elektrik
Berapa-Lama-ASI-Bertahan?
Uncategorized
Berapa Lama ASI Bertahan di Suhu Ruangan? Ini Jawabannya Bun
Penyebab Cacar Monyet pada Anak dan Cara Mengatasinya
Beauty
Penyebab Cacar Monyet pada Anak dan Cara Mengatasinya
Keampuhan Hyaluronic Acid untuk Stretch Mark
Beauty
Keampuhan Hyaluronic Acid untuk Stretch Mark
Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI dan Cara Mengatasinya
Ibu dan Anak
Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI dan Cara Mengatasinya
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top