skip to content
[xoo_wsc_cart]

7 Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir yang Wajib Dimiliki

Bagikan :
Picture of Echa
Echa
Perlengkapan Mandi Bayi yang Wajib Dimiliki (1)

Kedatangan bayi baru dalam keluarga adalah momen yang sangat membahagiakan bagi Ayah, Bunda, dan seluruh anggota keluarga. Di antara berbagai persiapan yang perlu dilakukan, salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah menyiapkan perlengkapan mandi bayi untuk sang buah hati.

Perlengkapan mandi bayi yang baru lahir kini hadir dalam beragam pilihan di pasaran, menawarkan desain menarik yang mungkin membuat Bunda tertarik untuk memilikinya. Meskipun demikian, penting untuk tidak terlalu boros dalam memilih perlengkapan tersebut.

Agar Bunda tidak salah pilih, lebih baik simak informasi tentang beberapa perlengkapan mandi bayi yang wajib ada di rumah berikut ini. Serta beberapa tips ketika akan memandikan bayi baru lahir, sehingga Bunda dapat merawat bayi dengan lebih baik lagi.

Baca Juga: 10 Perlengkapan Melahirkan yang Harus Dibawa Ke Rumah Sakit

Penasaran? Cek di sini selengkapnya ya Bunda!.

7 Perlengkapan Mandi Bayi Baru Lahir yang Harus Ada di Rumah

Perlengkapan Mandi Bayi yang Wajib Dimiliki (1)

1. Bak Mandi Bayi

Aktivitas memandikan bayi baru lahir membutuhkan bak mandi bayi yang harus disiapkan sebelum kelahiran. Pilih bak mandi yang cukup besar, kokoh, dan mudah dibersihkan agar bisa digunakan hingga bayi menginjak usia satu tahun. Bahkan banyak yang sudah toddler masih menggunakan bak mandi saat bayi. Pastikan untuk selalu membersihkan bak mandi ya Bunda agar tidak kotor saat digunakan bayi.

Sekarang ada banyak pilihan menarik bak mandi bayi yang bisa Bunda gunakan dengan warna cerah dan menggemaskan.

2. Baby Bather

Jika memandikan bayi di bak mandi terasa sulit, baby bather bisa menjadi alternatif yang nyaman. Baby bather adalah kursi bertekstur lembut khusus untuk kegiatan mandi. Pastikan membersihkannya dengan baik setelah penggunaan. Ini akan sangat berguna bagi bayi yang masih newborn dan belum bisa duduk, jadi saat mandi Bunda lebih mudah saat membersihkan badan bayi.

3. Sabun dan Shampo Bayi

Kulit bayi baru lahir sangat sensitif terhadap zat kimia. Pilihlah sabun dan shampo bayi yang diformulasikan khusus untuk kulit bayi, bebas dari kandungan parfum atau bahan kimia lainnya untuk menjaga kesehatan kulit. Selain itu, bila setelah penggunaan produk sudah kurang cocok jangan dipakai lagi ya agar kulit bayi tetap lembut. Menjaga kulit bayi terus lembut sangat penting ya Bunda!.

Tidak ada salahnya membaca review dari Bunda lainnya tentang berbagai produk bayi. Sehingga Bunda bisa memilih yang cocok dan sesuai dengan keperluan bayi.

4. Spons Mandi Bayi

Spons mandi bayi yang bersih dan lembut sangat penting untuk membersihkan tubuh bayi dengan hati-hati, terutama pada bagian-bagian lipatan tubuh. Pastikan untuk mengganti spons secara rutin agar kebersihannya tetap terjaga. Bunda bisa pakai spon lembut dengan model dan motif yang akan membuat bayi senang.

Baca Juga: 7 Cara Memandikan Bayi yang Benar, Bunda Jangan Sampai Salah Lagi!

5. Handuk Bayi

Handuk bayi yang dapat menyerap air dengan baik dan bertekstur lembut diperlukan untuk mengeringkan tubuh bayi setelah mandi. Persiapkan beberapa handuk sebagai cadangan. Pisahkan handuk yang Bunda gunakan untuk bayi dengan handuk anggota keluarga lainnya ya. Jangan lupa untuk menggantinya rutin agar menjaga kulit bayi terus sehat. Keringkan setelah penggunaan agar lebih nyaman saat digunakan lagi.

Baca Juga: 7 Cara Menyimpan ASI yang Benar Agar Hasil Pumping Maksimal

6. Waslap

Waslap digunakan untuk membasuh tubuh bayi selama mandi. Siapkan beberapa waslap untuk memenuhi kebutuhan bayi yang baru lahir. Ini cocok untuk bayi Bunda yang baru lahir apalagi saat masih ada tali pusar. Jadi mempermudah Bunda saat memandikan bayi.

Pilih waslap yang lembut kainnya agar menjaga kulit bayi tetap baik ketika digunakan.

7. Perlak

Sudah sejak lama perlak berguna sebagai alas bak mandi bayi dan juga dapat digunakan sebagai alas saat mengganti pakaian bayi. Perlak yang bersih juga dapat berfungsi sebagai alas tidur anti ngompol. Untuk memandikan bayi newborn, Bunda bisa memberi sabun di perlak setelah itu baru diletakkan ke bak mandi untuk dibilas. 

Biasanya perlak bisa diletakkan di tempat tidur atau bagian atas baby box agar mempermudah membersihkan bayi. Pastikan menjaga bayi agar tidak jatuh ya Bunda dan air yang digunakan tidak mengotori bagian lain. Ini menjaga keamanan Bunda dan bayi ketika mandi di perlak. 

Baca Juga: Siapkan 7 Perlengkapan untuk Power Pumping Ini ya Bunda!

Tips Penting Saat Memandikan Bayi Baru Lahir

1. Frekuensi Mandi

Meski bayi baru lahir, jangan takut ya Bunda untuk memandikan bayi. Mandikan bayi baru lahir setiap hari dua kali sehari, terutama saat tubuhnya bersih atau cuaca sedang dingin. Bagian tubuh tertentu seperti leher, tangan, bokong, dan alat kelamin tetap harus dibersihkan setiap hari. Untuk memudahkan Bunda bisa pakai baby bather atau perlak dengan waslap. Bunda bisa tanyakan sama suster atau perawat untuk perawatan pasca melahirkan termasuk memandikan bayi. Biasanya pihak rumah sakit memberikan pembekalan untuk ibu baru untuk tahap awal merawat bayi.

2. Waktu yang Tepat

Sebaiknya memandikan bayi pada pagi atau sore hari, saat bayi tidak mengantuk dan tidak terlalu kenyang. Hindari memandikan bayi setelah menyusui agar perutnya tidak terasa tidak nyaman. Yang ada nanti bayi akan muntah ASI saat mandi. 

3. Suhu yang Pas

Saat bayi baru lahir, usahakan menggunakan air hangat saat memandikannya. Ini akan menjaga suhu bayi tetap nyaman saat dan setelah mandi. Perlahan-lahan sesuai bertambahnya bulan, Bunda bisa mengurangi suhu bak mandi bayi lebih dingin. Jadi adaptasi bayi akan lebih baik ke depannya saat mandi dan tidak tergantung dengan suhu bak mandi yang harus selalu hangat.

4. Tali Pusar

Jika tali pusar bayi belum lepas, mandikan bayi dengan cepat menggunakan waslap. Setelah tali pusar lepas, bayi dapat dimandikan lebih leluasa di bak mandi atau baby bather. Sekarang perawatan tali pusar bayi baru lahir ini hanya dijepit saja tanpa harus pakai kain kasa dan alkohol seperti dulu. Bunda cukup menjaga bagian tali pusar tetap kering hingga terlepas sendiri. 

5. Bonding Bayi Selama Mandi

Mandi memang hanya sebentar ya Bunda tidak perlu lama-lama. Tapi jangan lupa untuk meningkatkan aktivitas cinta bersama bayi. Contohnya Bunda ajak ngobrol bayi saat mandi seperti bertanya airnya enak tidak? Senang tidak mandi dan kata-kata lain yang bisa membuat Bunda berinteraksi dengan bayi. Walau bayi baru lahir tidak bisa bicara, tapi paling tidak dia bisa tahu kalau Bunda sedang membangun bonding bersamanya ketika mandi. 

Aktivitas memandikan bayi bukan hanya sekadar kebersihan fisik, tetapi juga cara terbaik untuk membangun ikatan emosional yang kuat antara orang tua dan bayi. Pastikan Bunda mempersiapkan perlengkapan mandi bayi dengan baik untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pada si Kecil. Selamat memandikan bayi ya Bunda!. Semoga bermanfaat.

Produk Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Produk Terbaik

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp912.630

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,3RB Terjual

JualGabaG Tas Asi – Cooler Bag – Sling Tote Double Compartment Diamond / Passion

FLASH SALE JAM 15.00

Rp167.500

FLASH SALE JAM 15.00

50% OFF

Rp335.000

5/5

368 Terjual

JualGabaG Nipple Cream – Krim Puting Lecet Halal Vegan

FLASH SALE JAM 15.00

Rp54.500

FLASH SALE JAM 15.00

50% OFF

Rp109.000

5/5

322 Terjual

JualGabaG Tas Asi – Backpack Cooler Bag 2 in 1 MARIGOLD / TARTAN (Laptop Fit)

FLASH SALE JAM 15.00

Rp274.500

FLASH SALE JAM 15.00

50% OFF

Rp549.000

5/5

683 Terjual

JualSesi Konselor Menyusui GabaG

ONLINE & HOME VISIT

Rp200.000

ONLINE & HOME VISIT

0% OFF

Rp200.000

5/5

200 Terjual

JualKolibri Smart – Gabag Kantong Asi 120 ml – Enigma – Blossom

FLASH SALE JAM 15.00

Rp22.000

FLASH SALE JAM 15.00

60% OFF

Rp55.000

5/5

493 Terjual

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Sling Single Compartment Gaia / Cinnamon

FLASH SALE JAM 12.00

Rp144.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp289.000

5/5

559 Terjual

JualGabag Beauty Acne Clarifying Facial Cleanser

FLASH SALE JAM 12.00

Rp54.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp109.000

5/5

458 Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp764.730

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp1.130.130

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

JualWebinar Batch II – Gabag Roadshow

NEW !!!

Rp30.000

NEW !!!

0% OFF

5/5

50 Terjual

Jual5 Pack Gabag Kantong Asi – Kolibri Classic 120 ml

NYETOK KANTONG ASI SELAMA GAJIAN !!!

Rp110.000

NYETOK KANTONG ASI SELAMA GAJIAN !!!

34% OFF

Rp167.500

5/5

6,6RB Terjual

Trending Artikel

Uncategorized
Review Pompa ASI Manual dan Elektrik, Ini Perbandingannya!
Uncategorized
Cara Merangsang ASI untuk Atasi Kendala ASI Sulit Keluar
Pompa-ASI-Handsfree
Uncategorized
Kelebihan pakai pompa ASI handsfree
Diaper-Bag-Lokal-yang-Bagus
Uncategorized
Diaper Bag Lokal yang Bagus
rekomendasi-diaper-bag-terbaik-2
Uncategorized
Rekomendasi Diaper Bag Terbaik
Gabag-Yelo Mom- New-Normal-Bag - Diaper-Bag
Uncategorized
Merek Diaper Bag Yang Bagus dan Murah
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
0
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top