skip to content
[xoo_wsc_cart]

10 Perlengkapan Melahirkan yang Harus Dibawa Ke Rumah Sakit

Bagikan :
Picture of Echa
Echa
10 Perlengkapan Melahirkan yang Harus Dibawa Ke Rumah Sakit

Momen yang paling ditunggu-tunggu semua orang tua adalah ketika melahirkan. Momen istimewa ini memang harus dipersiapkan dengan baik secara fisik dan mental. Salah satu yang orang tua lakukan yaitu membeli perlengkapan melahirkan, agar nanti ketika bayi lahir semua sudah siap.

Untuk orang tua baru, kadang bingung ingin membeli perlengkapan melahirkan apa saja agar dapat menunjang proses persalinan dan perawatan ibu dan bayi. Namun kadang kalau Bunda masuk ke baby shop, pasti hampir semua ingin dibeli.

Tenang, jangan impulsive buying ya Bunda. Lebih baik membeli perlengkapan melahirkan dengan matang, sehingga terpakai dengan baik untuk ibu dan bayi. Karena momen melahirkan itu biasanya dilakukan di tempat bersalin atau di rumah sakit, jadi jangan sampai ada yang kelewatan untuk dibawa. Ini akan membuat Bunda lebih tenang sebelum, saat dan sesudah melahirkan bayi tercinta.

Apa saja perlengkapan melahirkan yang harus dibawa ke rumah sakit saat persalinan bayi? Baca di sini ya lengkapnya, Bunda!.

10 Perlengkapan Melahirkan yang Harus Dibawa ke Rumah Sakit

1. Kartu Identitas dan Dokumen Penting

Hal pertama yang harus Bunda bawa adalah kartu identitas, seperti kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga. Ini penting untuk administrasi dan pendaftaran di rumah sakit. Bawa juga surat rujukan yang sudah dipersiapkan, kartu BPJS atau kartu asuransi yang diperlukan. 

2. Pakaian yang Nyaman untuk Bunda dan Bayi

Selama persalinan, agar Bunda selalu merasa nyaman lebih baik membawa pakaian sendiri. Bawalah beberapa pakaian yang longgar dan mudah diganti, seperti piyama atau daster yang mudah untuk menyusui. Sediakan sarung, korset (Atau stagen) jika diperlukan, celana dalam, dan bra yang bisa untuk memudahkan menyusui.

Sedangkan untuk bayi, bawa beberapa baju bayi yang mudah dan gampang digunakan seperti pakaian atas bawah atau model jumper untuk ukuran newborn. Popok, selimut bayi, bedong dan topi bayi juga tidak boleh ketinggalan. Jangan lupa bawa juga baju ganti untuk suami yang akan menemani Bunda di rumah sakit. 

3. Sandal atau Sepatu yang Mudah Dipakai

Bunda boleh memilih mau pakai sepatu atau sandal tergantung pilihan masing-masing. Tapi gunakan sandal atau sepatu yang nyaman dan empuk juga ya untuk digunakan selama di rumah sakit. Ini akan membantu Bunda tidak berjalan bertelanjang kaki di lingkungan rumah sakit. Selain itu harus mudah dipasang, karena biasanya Bunda masih kesulitan untuk mengikat sepatu atau membungkuk ketika akan mengenakan sandal atau sepatu.

4. Handuk dan Perlengkapan Mandi Pribadi

Walau mungkin sudah dipersiapkan dari rumah sakit, tidak ada salahnya membawa toiletries sendiri. Bawa handuk pribadi, washcloth, dan produk perawatan diri seperti sabun dan sampo yang biasa Bunda pakai di rumah. Jadi kalau ingin mandi atau membersihkan diri setelah persalinan, dengan memiliki perlengkapan mandi pribadi akan membuat Bunda lebih nyaman.

Perlengkapan bayi lain seperti minyak telon, krim bayi dll juga bisa Bunda persiapkan terlebih dahulu. Sembari jangan lupa untuk terus belajar bagaimana memberikan perawatan untuk bayi seperti cara memandikan, cara membantu mengenakan pakaian atau cara membersihkan tali pusar ya Bunda. 

5. Peralatan untuk Perawatan Kewanitaan

Bawa perlengkapan pribadi untuk kebersihan kewanitaan. Seperti pembalut maternity, cairan pembersih vagina yang aman, tisu basah dan tisu kering, atau kalau Bunda biasa menggunakan menscup bisa memakainya untuk menampung nifas. 

Sebenarnya pada beberapa rumah sakit, sudah dipersiapkan pasca melahirkan. Namun tidak ada salahnya juga Bunda membawa sendiri perlengkapan kewanitaan ini. Tentu barang milik sendiri pasti lebih nyaman, bukan?.

6. Dokumen Medis Penting

Selain dokumen identitas, Bunda juga perlu membawa rekam medis. Buku pemeriksaan selama kehamilan juga akan membantu mempermudah tenaga kesehatan dalam memberikan obat-obatan yang penting. Selain itu, jika ada riwayat medis khusus atau alergi yang perlu diketahui oleh tim medis.

7. Barang-barang untuk Kenyamanan Pribadi

Biasanya setiap orang memiliki hal yang disukai, bawalah juga sebagai salah satu perlengkapan melahirkan yang harus dibawa ke rumah sakit. Ini akan membuat Bunda lebih nyaman selama di rumah sakit. Seperti bantal kecil, selimut, atau buku bahan bacaan yang menenangkan. Atau juga kalau mau membawa musik favorit dan pemutarnya juga bisa dibawa. 

Bawa juga pompa ASI GabaG yang akan membantu Bunda memperlancar ASI, ketika bayi new born sedang tidur. Persiapkan kantong ASI untuk menyimpan hasil perahan pumping Bunda. Bawalah juga beberapa mainan bayi, walau mungkin bayi new born masih belum tertarik untuk memainkannya.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Harus Pakai Pompa ASI Handsfree

8. Kamera atau Ponsel untuk Merekam Momen Berharga

Ingat, momen melahirkan tidak bisa diulangi kembali. Jadi tidak ada salahnya untuk mengabadikan momen berharga ini dengan mengambil foto atau video. Pastikan Bunda membawa kamera atau ponsel yang siap digunakan, serta perangkat pengisi daya dan kartu memori ekstra jika diperlukan. Jangan lupa abadikan wajah bayi saat awal melahirkan, pasti ketika suatu saat Bunda lihat kembali rasa sayang akan semakin besar pada anak. 

9. Tas Perlengkapan Melahirkan dan Tas Diaper Bag Bayi

Semua perlengkapan melahirkan bisa Bunda masukkan dalam tas diaper bag bayi. Lebih baik membawa dua tas, tas pertama untuk perlengkapan melahirkan Bunda dan tas kedua untuk perlengkapan bayi. Dengan membedakan tas perlengkapan melahirkan dan tas perlengkapan bayi, Bunda akan lebih mudah saat mencarinya.

GabaG memiliki produk diaper bag yang cocok untuk perlengkapan melahirkan Bunda. Dengan banyak varian dan keunggulan thermal bag-nya, GabaG selalu berusaha untuk mengerti apa yang Bunda butuhkan selama di rumah sakit. 

Tas bayi GabaG bisa digunakan untuk membawa perlengkapan melahirkan ke rumah sakit dan juga ada tempat untuk mempermudah Bunda membawa ASI yang sudah dipompa di rumah sakit. GabaG juga bukan hanya bisa untuk dibawa saat lahiran saja, tapi juga bisa menemani Bunda dalam sehari-hari.

Tas GabaG sangat cocok untuk dibawa ke kantor, dibawa jalan-jalan atau pun ketika sudah tidak menyusui lagi. Desain yang menarik dan sangat multifungsi akan membantu Bunda tetap menyusui di Kecil namun tetap stylish. 

Baca Juga: 5 Tips Memilih Tas Sekolah Anak Perempuan yang Awet

10. Obat-obatan dan Vitamin yang Diresepkan Dokter

Jika Bunda memiliki riwayat medis lain dan sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu selama kehamilan, pastikan membawa stok yang cukup untuk melahirkan dan beberapa hari setelahnya. Jangan lupakan pastikan suplemen atau vitamin yang diresepkan oleh dokter. Setelah itu, Bunda bisa konsultasikan dengan dokter atau tenaga kesehatan yang akan merawat agar tidak salah dalam pemberian obat.

Ketika akan melahirkan memang cemas ya Bunda, tapi bukan berarti harus dikhawatirkan. Yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan diri dengan baik secara emosi ketika menyambut bayi. Karena keadaan pasti akan berbeda semenjak bayi lahir, jadi pasti akan ada proses adaptasi baik ibu dan bayi.

Jadi tetap semangat ya Bunda mempersiapkan perlengkapan kelahiran bayi. Jangan lupa bawa 10 barang perlengkapan melahirkan di atas untuk pergi ke rumah sakit. Semoga persalinan lancar ya Bunda!.

Produk Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Produk Terbaik

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Sling Single Compartment Gaia / Cinnamon

FLASH SALE JAM 12.00

Rp144.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp289.000

5/5

559 Terjual

JualGabag Beauty Acne Clarifying Facial Cleanser

FLASH SALE JAM 12.00

Rp54.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp109.000

5/5

458 Terjual

JualGabaG Tas Asi – Cooler Bag – Sling Tote Double Compartment Summer / Gilia / Peony / Andrea

50% OFF

Rp335.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp764.730

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp912.630

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,3RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp1.130.130

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

JualGabaG Tas Asi – Backpack Cooler Bag 2 in 1 KINAN / PEANUT ( Laptop Fit)

FLASH SALE JAM 15.00

Rp226.000

FLASH SALE JAM 15.00

50% OFF

Rp449.000

5/5

267 Terjual

JualKolibri Smart – Gabag Kantong ASI 100 ML WFH (Work From Heart)

FLASH SALE JAM 15.00

Rp20.600

FLASH SALE JAM 15.00

60% OFF

Rp51.500

5/5

3,1RB Terjual

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Single Handbag Bunga / Crystal / Awan / Rain Lily / Hummingbird

40% OFF

Rp199.000

5/5

3,4RB Terjual

JualWebinar Batch II – Gabag Roadshow

NEW !!!

Rp30.000

NEW !!!

0% OFF

5/5

50 Terjual

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Sling Single Compartment People / Forest / Nara / Pink Camo / Cactus

50% OFF

Rp259.000

5/5

4RB Terjual

JualGabag – Kolibri Silicone Pump – Breastpump Manual

FLASH SALE JAM 12.00

Rp188.000

FLASH SALE JAM 12.00

30% OFF

Rp269.000

5/5

1,7RB Terjual

Trending Artikel

Uncategorized
Cara Merangsang ASI untuk Atasi Kendala ASI Sulit Keluar
Pompa-ASI-Handsfree
Uncategorized
Kelebihan pakai pompa ASI handsfree
Diaper-Bag-Lokal-yang-Bagus
Uncategorized
Diaper Bag Lokal yang Bagus
rekomendasi-diaper-bag-terbaik-2
Uncategorized
Rekomendasi Diaper Bag Terbaik
Gabag-Yelo Mom- New-Normal-Bag - Diaper-Bag
Uncategorized
Merek Diaper Bag Yang Bagus dan Murah
Gabag - New Normal Bag Stormy - Diaper Bag
Uncategorized
Rekomendasi Diaper Bag Ransel Terbaik untuk Ibu Modern
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
0
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top