skip to content
[xoo_wsc_cart]

15 Tanda-tanda Melahirkan yang Penting Bunda Tahu

Bagikan :
Picture of Echa
Echa
15 Tanda-tanda Melahirkan yang Penting Bunda Tahu

Tidak terasa sudah 9 bulan hamil ya Bunda! Sekarang sepertinya sedang menunggu hari melahirkan dengan berdebar. Apalagi untuk proses kelahiran yang pertama, pasti Bunda penasaran kan seperti apa tanda-tanda melahirkan yang benar. Jangan sampai karena kontraksi lahiran malah dianggap kontraksi biasa. Ini agar ibu dan bayi selamat serta sehat.

Meski cerita proses lahiran bayi memiliki cerita pribadi yang berbeda, namun pada biasanya tanda-tanda melahirkan kurang lebih hampir sama. Jadi tidak ada salahnya Bunda memastikan persiapannya sudah optimal belum untuk menyambut kehadiran si kecil dengan senyum lebar, bukan?.

Baca Juga: Skincare yang Aman Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Nah, untuk membantu Bunda mempersiapkan diri dengan lebih baik, berikut beberapa tanda-tanda melahirkan yang penting untuk Bunda tahu. Yuk, simak selengkapnya di sini!.

15 Tanda-tanda Melahirkan yang Perlu Bunda Perhatikan

15 Tanda-tanda Melahirkan yang Penting Bunda Tahu

1. Perubahan Bentuk Tubuh

Tubuh seorang Ibu itu memang luar biasa, terutama saat menjelang persalinan. Hormon-hormon berubah, membuat tulang kemaluan melebar dan panggul menjadi lebih lunak untuk memudahkan kelahiran. Jangan heran kalau ada banyak sekali perubahan pada bentuk tubuh. Seperti payudara terasa semakin besar karena produksi ASI yang sudah mulai berjalan. Jadi nanti menyusui akan lebih gampang.

Baca Juga: Metode Tes Kehamilan dengan Jari: Apakah Ini Efektif?

2. Munculnya Naluri Keibuan Ingin Beres-Beres Rumah Terus

Tanpa Bunda sadari, naluri keibuan mulai bergejolak. Banyak Bunda yang merasa ingin membersihkan rumah, menyiapkan perlengkapan bayi produk GabaG, atau memasak lebih sering. Beres-beres rumah ini biasanya dikenal dengan istilah nesting. 

Hal ini memang wajar, mengingat Bunda seorang wanita yang multitasking. Namun tetap perlu diIngat, untuk terus menjaga keseimbangan antara persiapan dan istirahat yang cukup, ya, Bunda?

3. Nafsu Makan yang Meningkat

Sama seperti saat mengidam, saat melahirkan nafsu makan bisa meningkat secara tiba-tiba. Jadi, jangan heran kalau Bunda jadi lebih sering ngemil atau merasa lapar terus. Biasanya juga kenaikan berat badan menjelang lahiran akan meningkat tinggi karena nafsu makan bertambah. Bunda tetap harus menjaga BB Bunda dan janin dengan baik ya.

4. Sakit Punggung

Sakit punggung memang umum terjadi saat menjelang persalinan. Tulang sendi dan ikatannya menjadi lebih lemas, serta gerakan bayi yang menekan tulang belakang bisa membuat punggung terasa nyeri.

5. Muntah

Muntah bisa jadi reaksi psikologis atas kombinasi emosi yang beragam, seperti takut, nyeri, dan semangat menyambut kelahiran. Jadi, jangan khawatir kalau sesekali Bunda merasa ingin muntah itu wajar.

Baca Juga: Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Akurat

6. Perut Terasa Keras

Perut yang terasa keras adalah cara tubuh Bunda untuk membantu bayi turun ke rongga panggul. Rasa mulas yang disertai perut mengeras bisa menjadi pertanda bahwa persalinan akan segera dimulai. Bantu dengan menyamankan bayi dengan mengelus perut dan afirmasi positif dalam diri terus-menerus.

7. Kontraksi

Bila Bunda sudah mengalami kontraksi, maka gejala klasik yang menandakan persalinan ini sudah semakin dekat. Mulai dari kontraksi palsu yang terasa seperti mulas yang semakin sering dan kuat, hingga kontraksi asli untuk siap melahirkan. Ingat ya Bunda,  tetap tenang dan pantau frekuensi serta intensitas kontraksi.

8. Keluarnya Lendir dari Vagina

Tanda-tanda melahirkan lainnya adalah keluarnya lendir dari vagina. Dan semakin jumlah lendir biasanya akan semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Semangat ya Bunda!.

Baca Juga: Cara Cepat Hamil: Panduan Lengkap untuk Mewujudkan Impian Keluarga Anda

9. Flek Darah

Flek darah bisa menjadi tanda pertama bahwa persalinan akan segera dimulai. Jika Bunda sudah mengalaminya, segera hubungi dokter atau langsung pergi ke rumah sakit.

10. Dorongan Buang Air Kecil yang Tidak Tertahankan

Dorongan untuk buang air kecil yang kuat bisa jadi pertanda bahwa bayi sudah mulai mendorong ke bawah. Tetap tenang ya Bunda.

11. Gerakan Bayi Melambat

Sesaat sebelum persalinan, gerakan bayi akan terasa melambat karena bayi sedang mengatur posisi untuk keluar.

Baca Juga: Rekomendasi Skincare Ibu Hamil Agar Tetap Tampil Cantik

12. Kepala Bayi Mulai Bergeser ke Bawah

Bunda mungkin merasakan perut bagian atas terasa lebih kosong karena kepala bayi sudah mulai menempel di pintu rahim. Bayi sudah siap menemui Bunda di jalan lahir.

13. Kondisi Psikologis Tidak Stabil

Mendekati waktu persalinan, emosi Bunda bisa saja menjadi tidak stabil. Persiapkan diri dengan kesiapan fisik dan mental yang matang. Jangan lupa berkomunikasi sama suami dan support system utama agar lebih mengerti keadaan Bunda. Apakah kurang nyaman atau bagaimana, sehingga bisa saling membantu ketika persalinan.

14. Pecah Ketuban

Memang tidak semua ibu hamil langsung pecah ketuban sebagai tanda-tanda melahirkan. Namun biasanya ini merupakan tanda yang jelas kalau persalinan sudah dekat. Jangan panik, tapi segera siapkan diri untuk pergi ke rumah sakit.

15. Terjadi Pembukaan

Ketika Bunda kontraksi, biasanya akan terjadi pembukaan. Jarak waktu antara masing-masing juga berbeda-beda, ada yang hanya butuh waktu sebentar tapi juga ada yang berhari-hari. Namun tanda-tanda melahirkan sudah di depan mata dan dimulai. Karena waktunya tidak dapat diprediksi, jadi perhatikan gejala-gejalanya dengan seksama. Konsultasikan dengan dokter kandungan untuk langkah selanjutnya.

Baca Juga: Menghitung Usia Kehamilan: Panduan Praktis untuk Calon Ibu

Persiapkan Tas Melahirkan Bayi dengan GabaG Indonesia

Gabag Troy Rekomendasi Diaper Bag Terbaik

Salah satu langkah penting agar Bunda tidak khawatir saat menghadapi tanda-tanda melahirkan adalah mempersiapkan tas bayi untuk persalinan. Hal ini tidak boleh diabaikan, karena akan berisi barang-barang esensial demi kenyamanan dan kemudahan Bunda nanti.

Tas bayi ini penting, karena ketika tiba waktunya pergi ke rumah sakit untuk persalinan bisa langsung dibawa. Bunda pun akan lebih tenang dan terorganisir. Jadi tidak akan khawatir barang ada yang ketinggalan, karena mendadak.

Baca Juga: Tampil Stylish ke Kantor dengan Tas ASI GabaG New Lemon, Hazel dan Zenia

GabaG Indonesia juga menghadirkan banyak tas diaper bag bayi untuk Bunda bawa saat ke rumah sakit. Ada banyak pilihan varian dan motif yang bisa Bunda pilih. Bagian diaper bag bayi GabaG lengkap karena juga dilengkapi thermal bag. Bunda jadi bisa bawa baju keperluan bayi dan juga bisa bawa perlengkapan menyusui juga. Pulang ASIP yang dipumping bisa dibawa pulang berkat kompartemen dinginnya.

GabaG akan menemani perjalanan Bunda mulai hamil, menyusui, persalinan hingga anak balita sekolah nanti.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Diaper Bag Terbaik 2024

Jadi Bunda, sudahkah memperhatikan tanda-tanda melahirkan ini dengan cermat? Jika ya, ayo siapkan diri sekeluarga untuk menyambut kehadiran si kecil dengan penuh kebahagiaan. Dan jangan lupa, jika Bunda merasa sedang mengalami tanda-tanda persalinan, segera hubungi dokter atau bidan yang dipercayai. Selamat menanti kehadiran si kecil, Bunda!.

Produk Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Produk Terbaik

JualSesi Konselor Menyusui GabaG

ONLINE & HOME VISIT

Rp200.000

ONLINE & HOME VISIT

0% OFF

Rp200.000

5/5

200 Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp912.630

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,3RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp764.730

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp1.130.130

FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

Trending Artikel

Memancing-Asi-Keluar
Uncategorized
Cara Memancing Asi Keluar Saat Hamil
Uncategorized
Ini Perbedaan Pompa Air Susu Ibu Manual dan Elektrik
Berapa-Lama-ASI-Bertahan?
Uncategorized
Berapa Lama ASI Bertahan di Suhu Ruangan? Ini Jawabannya Bun
Penyebab Cacar Monyet pada Anak dan Cara Mengatasinya
Beauty
Penyebab Cacar Monyet pada Anak dan Cara Mengatasinya
Keampuhan Hyaluronic Acid untuk Stretch Mark
Beauty
Keampuhan Hyaluronic Acid untuk Stretch Mark
Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI dan Cara Mengatasinya
Ibu dan Anak
Penyebab Bayi Muntah Setelah Minum ASI dan Cara Mengatasinya
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top