skip to content
[xoo_wsc_cart]

Ternyata Ini 10 Ciri Anak Jenius, Bunda Bisa Cek Sendiri!

Bagikan :
Picture of Echa
Echa
10 Ciri Anak Jenius

Menginginkan ciri anak jenius, cerdas dan berbakat adalah impian banyak orang tua, termasuk Bunda juga kan. Pasti Bunda juga sangat berharap kalau kehadiran buah hati di dalam kehidupan keluarga akan membawa harapan dan kebahagiaan. Bahkan sejak dalam kandungan, Bunda sudah berusaha menstimulasi dengan mengajak anak bicara. 

Sebenarnya, tanda-tanda awal kecerdasan pada ciri anak jenius sudah bisa dikenali. Karena ada banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan kecerdasan anak sejak usia dini, dan orang tua memiliki peran penting untuk memperhatikan potensinya. Apalagi pada awal kelahiran, perkembangan otak anak berlangsung sangat cepat.

Pada fase awal kehidupan hingga usia lima tahun merupakan periode kritis dalam perkembangan otak anak. Dan periode ini ternyata memiliki dampak jangka panjang pada kemampuan belajar anak di sekolah dan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, orang tua harus memperhatikan perkembangan otak si kecil yang menjadi ciri anak jenius.

Apakah Anak Bunda Jenius?

ciri anak jenius yang perlu diketahui

Ini adalah pertanyaan hampir semua orang tua tentang anaknya. Bunda, seorang anak dianggap sebagai anak jenius jika memiliki tingkat intelegensi yang tinggi. Biasanya IQ-nya setelah diperiksa nilainya lebih dari 140. Istilah anak jenius biasanya juga digunakan untuk menggambarkan anak yang memiliki bakat atau kemampuan luar biasa di suatu bidang tertentu. Jadi anak jenius adalah individu yang memiliki kecerdasan luar biasa dan berpotensi untuk menciptakan hal-hal bernilai tinggi di masa depan.

Untuk cek apakah anak Bunda jenius atau tidak memerlukan identifikasi tingkat kecerdasan khusus. Biasanya melibatkan dokter atau psikolog yang akan menggunakan tes penilaian kemampuan berpikir anak. Anak yang masuk kategori jenius ini biasanya memiliki disiplin dan tanggung jawab tinggi. Ini karena komitmen mereka yang sangat besar terhadap apa yang dilakukan, sehingga mungkin akan terlihat lebih menonjol dibandingkan anak lainnya dalam berbagai bidang. 

Baca Juga: Bikin Semangat! Gunakan 4 Tas Sekolah Aesthetic Ini Untuk Anak

Namun karena tingkat kemampuan mereka yang lebih tinggi, terkadang ciri anak jenius sering memiliki daya imajinasi yang tinggi dan lebih aktif daripada anak-anak sebaya mereka. Anak-anak cerdas cenderung lebih peka terhadap lingkungan sekitar mereka, yang mungkin mengakibatkan perilaku seperti mempertanyakan aturan, rasa frustrasi, atau keinginan untuk memperdalam pengetahuan.

10 Ciri Anak Jenius yang Perlu Bunda Perhatikan

ciri anak jenius yang perlu diketahui

1. Memiliki Memori yang Kuat

Anak cerdas biasanya memiliki daya ingat yang kuat. Kemampuan ini membantu mereka dalam belajar dan menyimpan informasi, baik di lingkungan sekolah maupun di rumah. Karena ternyata daya ingat itu bekerja tidak hanya dalam konteks pembelajaran saja, tetapi juga dalam pengambilan keputusan sehari-hari.

2. Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Ciri penting dari anak jenius adalah rasa ingin tahu yang tinggi. Anak selalu ingin tahu dan akan sering mengajukan pertanyaan yang mendalam untuk memahami dunia di sekitar mereka. Jadi jangan lelah ya Bunda kalau banyak ditanya sama anak.

3. Memiliki Kemampuan Berpikir Cepat dan Akurat

Ciri anak jenius memiliki kemampuan berpikir yang cepat dan tepat. Anak dapat dengan cepat memahami konsep dan meresponsnya dengan baik. Tidak heran kalau dalam perkembangan di sekolah, anak mungkin menguasai pelajaran dengan cepat.

4. Tidak Bisa Diam dan Aktif Bergerak

Anak cerdas dan jenius seringkali memiliki tingkat aktivitas yang tinggi dan tidak suka diam. Mereka mencari aktivitas yang menantang, agar selalu mencari kesempatan untuk belajar lebih banyak. Tapi perlu dicatat ya Bunda, bahwa anak cerdas tidak sama dengan anak hiperaktif. Anak jenius biasanya lebih sabar dan dapat fokus pada tugas mereka, bisa berargumen dan bercerita tentang pengalaman yang sudah anak lakukan.

Baca Juga: 7 Perlengkapan Sekolah Anak yang Perlu Dipersiapkan

5. Kemampuan Berbicara yang Baik

Biasanya anak yang cerdas juga kerap menunjukkan kemampuan verbal yang lebih baik dibandingkan dengan teman sebaya mereka. Ini karena anak jenius memiliki perbendaharaan kata yang lebih kaya dan lebih kompleks.

6. Kemampuan Ekspresi Emosi yang Jelas

ciri anak jenius yang perlu diketahui

Dalam mengekspresikan emosi, anak juga lebih jelas berekspresi baik itu dalam bentuk emosi atau perasaan dengan kata-kata yang baik. Anak juga bagus dalam mengartikulasikan perasaan dan mengekspresikan diri dengan akurat. Jadi tidak hanya menangis tanpa sebab tanpa bisa menceritakan apapun yang dirasakan.

7. Kemampuan Membaca dan Menulis Lebih Awal

Banyak anak jenius ternyata memiliki kemampuan membaca dan menulis sebelum memasuki pendidikan formal. Mereka juga lebih antusias dalam menunjukkan minat awal untuk membaca dan menulis.

8. Kemampuan Fokus Tinggi

Umumnya, anak-anak kecil seringnya memiliki rentang perhatian yang pendek dan mudah teralihkan oleh lingkungan sekitar. Namun, anak cerdas dapat fokus untuk waktu yang lama loh.

9. Tidur yang Sedikit Namun Berkualitas

Ciri anak jenius seringkali tidak memerlukan tidur yang panjang karena memiliki tingkat energi yang tinggi. Tapi mereka cenderung tidak rewel meskipun tidur mereka lebih singkat dibandingkan dengan anak-anak lain. Hal ini karena otak mereka bekerja dengan lebih cepat, sehingga perlu waktu lebih sedikit untuk beristirahat. Namun saat mereka istirahat benar-benar berkualitas tidurnya.

10. Perkembangan yang Lebih Cepat

Ciri umum lainnya dari anak jenius adalah perkembangan fisik dan kognitif yang lebih cepat dibandingkan dengan teman sebaya mereka. Misalnya, mereka mungkin bisa duduk sendiri tanpa bantuan sebelum usia empat bulan atau menguasai keterampilan seperti memegang benda lebih awal daripada teman sebaya mereka.

Baca Juga: Tahapan Tumbuh Kembang Anak Usia 0-12 Bulan: Panduan Lengkap

Tips untuk Membantu Mengembangkan Kecerdasan Otak Anak

ciri anak jenius yang perlu diketahui

Agar Bunda bisa mengoptimalkan kecerdasan otak anak, memang harus dilakukan  sejak dini. Salah satunya adalah dengan membantu merangsang perkembangan anak dalam tumbuh kembangnya. Lakukan beberapa langkah berikut ini ya Bunda!.

1. Lakukan Bonding yang Kuat Sesering Mungkin dengan Anak

Bunda harus tahu cara berkomunikasi yang baik dengan anak yang efektif. Seperti sering melakukan kegiatan bersama anak dengan bermain bersama. Dengan mempererat bonding bersama anak, maka dapat memperkuat ikatan emosional serta merangsang perkembangan sensorik dan motoriknya.

2. Ajak Anak Sering Bicara

Mengajak anak berbicara sejak usia dini ternyata sangat penting untuk merangsang perkembangan bahasanya. Ini juga dapat meningkatkan tingkat IQ anak. Latih anak untuk sering menjawab dan bercerita. 

3. Berikan Mainan yang Mendidik

Jangan lupa pilih mainan yang merangsang kreativitas dan daya imajinasi anak, seperti balok atau puzzle. Selain itu pastikan menggunakan mainan yang sesuai usianya. 

4. Ajak Keseruan Saat Beraktivitas dengan Eksplorasi Alam

Mengajak anak untuk menjelajahi alam dapat membantu mereka memahami dunia di sekitar mereka dan merangsang proses pembelajaran. Tanyakan apa yang anak lihat, dengar dan rasakan. Coba ajak nonton film Petualangan Sherina yang pertama, agar anak semangat mau bereksplorasi ya Bunda.

Yang pasti Bunda jangan lupa kalau setiap anak adalah individu yang unik. Ini berarti tumbuh kembang setiap anak dapat berbeda satu sama lain. Dengan memperhatikan tanda-tanda kecerdasan dan ciri anak jenius ini dan membantu Bunda memberikan rangsangan yang sesuai. Bunda juga dapat mengembangkan potensinya anak dengan baik. Mendukung perkembangan buah hati adalah tugas penting orang tua dalam membantu anak mencapai kesuksesan di masa depan.

Produk Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Produk Terbaik

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Sling Single Compartment Gaia / Cinnamon

FLASH SALE JAM 12.00

Rp144.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp289.000

5/5

559 Terjual

JualGabag Beauty Acne Clarifying Facial Cleanser

FLASH SALE JAM 12.00

Rp54.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp109.000

5/5

458 Terjual

JualGabaG Tas Asi – Cooler Bag – Sling Tote Double Compartment Summer / Gilia / Peony / Andrea

50% OFF

Rp335.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp764.730

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp912.630

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,3RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp1.130.130

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

JualGabaG Tas Asi – Backpack Cooler Bag 2 in 1 KINAN / PEANUT ( Laptop Fit)

FLASH SALE JAM 15.00

Rp226.000

FLASH SALE JAM 15.00

50% OFF

Rp449.000

5/5

267 Terjual

JualKolibri Smart – Gabag Kantong ASI 100 ML WFH (Work From Heart)

FLASH SALE JAM 15.00

Rp20.600

FLASH SALE JAM 15.00

60% OFF

Rp51.500

5/5

3,1RB Terjual

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Single Handbag Bunga / Crystal / Awan / Rain Lily / Hummingbird

40% OFF

Rp199.000

5/5

3,4RB Terjual

JualWebinar Batch II – Gabag Roadshow

NEW !!!

Rp30.000

NEW !!!

0% OFF

5/5

50 Terjual

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Sling Single Compartment People / Forest / Nara / Pink Camo / Cactus

50% OFF

Rp259.000

5/5

4RB Terjual

JualGabag – Kolibri Silicone Pump – Breastpump Manual

FLASH SALE JAM 12.00

Rp188.000

FLASH SALE JAM 12.00

30% OFF

Rp269.000

5/5

1,7RB Terjual

Trending Artikel

Uncategorized
Cara Merangsang ASI untuk Atasi Kendala ASI Sulit Keluar
Pompa-ASI-Handsfree
Uncategorized
Kelebihan pakai pompa ASI handsfree
Diaper-Bag-Lokal-yang-Bagus
Uncategorized
Diaper Bag Lokal yang Bagus
rekomendasi-diaper-bag-terbaik-2
Uncategorized
Rekomendasi Diaper Bag Terbaik
Gabag-Yelo Mom- New-Normal-Bag - Diaper-Bag
Uncategorized
Merek Diaper Bag Yang Bagus dan Murah
Gabag - New Normal Bag Stormy - Diaper Bag
Uncategorized
Rekomendasi Diaper Bag Ransel Terbaik untuk Ibu Modern
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
0
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top