skip to content
[xoo_wsc_cart]

Skincare Aman untuk Ibu Hamil, Jangan Sampai Asal Pilih

Bagikan :
Picture of Nabila GabaG
Nabila GabaG
Skincare-Aman-untuk-Ibu-Hamil-Jangan-Sampai-Asal-Pilih

Skincare aman untuk ibu hamil mengandung bahan-bahan tertentu yang tidak terserap ke dalam aliran darah dan tidak membahayakan janin. Bumil perlu lebih cermat dalam memperhatikan kandungan skincare yang dipilih dan pastikan produk tersebut berlabel aman untuk ibu hamil.

Berbagai perubahan kondisi dan masalah kulit bisa terjadi selama kehamilan, seperti kulit kering, berwarna lebih gelap, atau berjerawat. Kondisi kulit, seperti eksim atau rosacea, juga bisa memburuk saat hamil. Berbagai masalah kulit ini normal terjadi selama kehamilan karena perubahan kadar hormon dan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Untuk mengatasi berbagai perubahan kondisi kulit, penggunaan skincare ini bisa dilakukan. Bumil perlu selektif dalam memilih produk skincare. Pasalnya, beberapa kandungan tertentu pada skincare bisa terserap ke dalam aliran darah dan membahayakan perkembangan janin.

Kandungan dalam Skincare Aman untuk Ibu Hamil

Untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang rentan dialami oleh ibu hamil, seperti kulit kering, gatal, terkelupas, berminyak, berjerawat, dan flek hitam di wajah, ibu hamil bisa tetap menggunakan produk perawatan kecantikan secara rutin. Produk skincare yang aman untuk ibu hamil mengandung berbagai kandungan berikut ini:

1. Bahan alami

Produk skincare aman untuk ibu hamil termasuk produk yang mengandung berbagai bahan alami, seperti madu, susu, green teaaloe vera, dan shea butterSkincare dengan kandungan alami ini bisa menjaga kulit tetap lembut dan lembap selama kehamilan.

2. Asam hialuronat

Asam hialuronat adalah salah satu pilihan bahan skincare yang aman untuk ibu hamil. Skincare dengan kandungan ini bermanfaat untuk melembapkan kulit, mengatasi kulit kering, dan mengurangi kerutan di wajah. Kandungan ini juga cocok digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif.

3. Asam glikolat

Asam glikolat juga termasuk dalam daftar skincare aman untuk ibu hamil. Kandungan ini tergolong asam alfa hidroksi (AHA), yaitu eksfoliator kimiawi yang bisa mempercepat pergantian sel kulit di wajah, mengobati jerawat, serta mengurangi garis-garis halus dan kerutan di wajah. Penggunaan skincare yang mengandung asam glikolat juga efektif dalam menyamarkan flek hitam dan bekas jerawat.

Produk dengan tingkat konsentrasi asam glikolat kurang dari 10% tergolong aman untuk digunakan ibu hamil. Namun, ibu hamil dengan kulit sensitif disarankan untuk berhati-hati dalam menggunakan asam glikolat karena bisa meningkatkan risiko terjadinya iritasi kulit.

Produk skincare dengan kandungan ini sebaiknya tidak digunakan bersamaan dengan produk eksfoliasi lainnya, meski produk dan jenis asamnya berbeda.

4. Asam azaleat

Guna mengatasi jerawat ringan hingga sedang, Bumil dapat menggunakan skincare aman untuk ibu hamil yang mengandung asam azelat atau azelaic acid. Kandungan antimikroba yang dimiliki asam azaleat bisa melawan berbagai bakteri, terutama bakteri penyebab jerawat.

Tidak hanya itu, skincare dengan kandungan azelaic acid juga bisa mencerahkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat secara tuntas. Hasilnya, kulit pun tetap terawat dan terlihat bersih selama hamil.

Penelitian tentang asam azaleat terhadap ibu hamil masih terbatas, tetapi sejauh ini belum ditemukan bukti bahwa zat ini dapat menyebabkan masalah untuk janin.

Jika Bumil ingin menggunakan skincare dengan kandungan asam azaleat, sebaiknya gunakan secukupnya dan saat Bumil sudah melewati kehamilan trimester pertama. Hal ini untuk meminimalkan resiko zat ini membahayakan janin.

5. Vitamin C

Bumil juga aman menggunakan skincare yang mengandung vitamin C, seperti serum, krim, atau masker. Dalam beberapa produk perawatan kulit, kandungan vitamin C biasanya tertulis sebagai asam L-askorbat.

Vitamin C adalah antioksidan yang mendorong produksi kolagen di kulit serta mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Selain itu, penggunaan skincare vitamin C juga dapat mencerahkan kulit dan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

6. Zinc oxide dan titanium dioxide

Khusus untuk tabir surya atau sunscreen, pilihan terbaik adalah produk berbahan dasar mineral yang mengandung zinc oxide atau titanium dioxide dengan minimal SPF 30 dan memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB. Penggunaan sunscreen setiap hari penting untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Kandungan Skincare yang Perlu Dihindari oleh Ibu Hamil

Selain itu, penting juga untuk mengetahui kandungan skincare apa saja yang harus dihindari atau dibatasi. Berikut ini adalah beberapa daftar kandungan dalam produk perawatan kulit yang perlu dihindari ibu hamil:

  • Asam salisilat
  • Retinol
  • Hidrokuinon
  • Merkuri
  • Formalin
  • Phthalates
  • Timbal

Penggunaan skincare wajah dengan asam salisilat lebih dari 2% bisa terserap ke dalam pembuluh darah dan membahayakan janin. Meski dengan tingkat kurang dari 2% dianggap aman bagi kulit wajah, Bumil tidak dianjurkan menggunakan skincare badan yang mengandung asam salisilat dalam tingkat konsentrasi berapa pun.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan retinol selama kehamilan dapat mengganggu perkembangan janin dan meningkatkan risiko bayi memiliki cacat lahir.

Bumil tidak perlu risau jika ingin menggunakan produk perawatan kecantikan karena masih banyak pilihan kandungan skincare yang aman untuk ibu hamil. Oleh karena itu, sebelum memilih produk skincare, mulai dari pelembab, sunscreen, toner, serum, pembersih wajah, obat totol jerawat, hingga masker, periksa dengan teliti daftar kandungan bahan di dalamnya.

Jika Bumil masih ragu terhadap pilihan kandungan skincare yang aman bagi ibu hamil, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Nantinya, dokter bisa memberikan saran yang sesuai dengan kondisi dan masalah kulit Bumil.

Baca Artikel Lainnya : 7 Skincare Aman Untuk Ibu Hamil dan Ibu Menyusui

Produk Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Produk Terbaik

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Sling Single Compartment Gaia / Cinnamon

FLASH SALE JAM 12.00

Rp144.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp289.000

5/5

559 Terjual

JualGabag Beauty Acne Clarifying Facial Cleanser

FLASH SALE JAM 12.00

Rp54.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp109.000

5/5

458 Terjual

JualGabaG Tas Asi – Cooler Bag – Sling Tote Double Compartment Summer / Gilia / Peony / Andrea

50% OFF

Rp335.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp764.730

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp912.630

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,3RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp1.130.130

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

JualGabaG Tas Asi – Backpack Cooler Bag 2 in 1 KINAN / PEANUT ( Laptop Fit)

FLASH SALE JAM 15.00

Rp226.000

FLASH SALE JAM 15.00

50% OFF

Rp449.000

5/5

267 Terjual

JualKolibri Smart – Gabag Kantong ASI 100 ML WFH (Work From Heart)

FLASH SALE JAM 15.00

Rp20.600

FLASH SALE JAM 15.00

60% OFF

Rp51.500

5/5

3,1RB Terjual

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Single Handbag Bunga / Crystal / Awan / Rain Lily / Hummingbird

40% OFF

Rp199.000

5/5

3,4RB Terjual

JualWebinar Batch II – Gabag Roadshow

NEW !!!

Rp30.000

NEW !!!

0% OFF

5/5

50 Terjual

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Sling Single Compartment People / Forest / Nara / Pink Camo / Cactus

50% OFF

Rp259.000

5/5

4RB Terjual

JualGabag – Kolibri Silicone Pump – Breastpump Manual

FLASH SALE JAM 12.00

Rp188.000

FLASH SALE JAM 12.00

30% OFF

Rp269.000

5/5

1,7RB Terjual

Trending Artikel

Uncategorized
Cara Merangsang ASI untuk Atasi Kendala ASI Sulit Keluar
Pompa-ASI-Handsfree
Uncategorized
Kelebihan pakai pompa ASI handsfree
Diaper-Bag-Lokal-yang-Bagus
Uncategorized
Diaper Bag Lokal yang Bagus
rekomendasi-diaper-bag-terbaik-2
Uncategorized
Rekomendasi Diaper Bag Terbaik
Gabag-Yelo Mom- New-Normal-Bag - Diaper-Bag
Uncategorized
Merek Diaper Bag Yang Bagus dan Murah
Gabag - New Normal Bag Stormy - Diaper Bag
Uncategorized
Rekomendasi Diaper Bag Ransel Terbaik untuk Ibu Modern
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
0
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top