skip to content
[xoo_wsc_cart]

7 Tipe Bayi Merangkak dan Manfaatnya

Bagikan :
Picture of Echa
Echa
7 Tipe Bayi Merangkak dan Manfaatnya

Perkembangan anak memang beda-beda ya Bunda, apalagi saat anak masih bayi. Salah satunya tahapan yang dilalui bayi adalah fase merangkak yang akan menguatkan otot kaki dan tangan bayi. Tapi Bunda sudah tahu belum kalau ternyata ada banyak tipe bayi merangkak dengan gaya yang berbeda-beda. 

Meski terlihat lucu dan menggemaskan, ternyata merangkak itu cukup melelahkan bagi bayi apalagi kalau baru belajar. Kalau Bunda perhatikan berbagai tipe bayi merangkak ini biasanya rata-rata dilakukan saat bayi belum berumur 1 tahun. Ini memang perkembangan motorik kasar bayi yang semakin lama bertambah. 

Pasti Bunda bahagia ya kalau bisa menyaksikan sendiri momen pertama di setiap fase tumbuh kembang bayi termasuk merangkak. Kalau Bunda penasaran, yuk amati tipe bayi merangkak apa yang anak lakukan. Cek di sini ya tipe-tipe merangkak pada bayi serta manfaat kegiatan merangkak!. 

Tipe Bayi Merangkak yang Sangat Menggemaskan

7 Tipe Bayi Merangkak dan Manfaatnya

Pasti gaya merangkak anak juga beda-beda, ada yang cuma ngesot, ada yang pake tangan dan juga ada yang pakai lutut. Pasti makin menggemaskan semua. Agar Bunda tidak khawatir lagi melihat gaya merangkak anak, berikut tipe bayi merangkak yang perlu Bunda ketahui!.

1. Merangkak Klasik atau Cross Crawl

Bayi menempatkan berat badannya pada kedua tangannya dan lututnya. Misalnya, mereka akan menggerakkan tangan kanan dan lutut kiri secara bersamaan untuk bergerak maju, begitupun sebaliknya. Namun ada juga yang benar-benar bersamaan  menggunakan lutut dan kaki. Jadi lutut kiri akan bergerak maju dengan tangan kiri. Semua tergantung oleh bayinya ya Bunda. 

Baca Juga: Tahapan Tumbuh Kembang Anak Usia 0-12 Bulan: Panduan Lengkap

Dan ternyata ini adalah tipe bayi merangkak yang paling umum dilakukan. Biasanya dilakukan bayi setelah melakukan tipe merangkak commando atau merangkak serangga. Jadi hal ini normal ya Bunda!.

2. Merangkak ala Beruang

Walau mirip dengan tipe merangkak gaya klasik, tetapi bayi menjaga siku dan lutut mereka lurus. Sehingga mereka merangkak dengan tangan dan kaki. Walau terlihat lebih susah karena tidak menggunakan lutut, hal ini juga dilakukan bayi. Jadi pastikan untuk membantunya ketika merangkak beruang agar bayi tidak jatuh.

3. Merangkak Perut alias Commando Crawl

Bayi ada yang menggunakan perut mereka untuk maju, mirip dengan gerakan merayap. Dengan posisi tengkurap, anak akan menggunakan tangan dan lengan agar bisa maju. Sedangkan kaki dan lutut tetap di tanah. Mirip dengan ‘ngesot’ ya Bunda, namun bisa distimulasi baik agar bisa memanfaatkan bagian kaki untuk aktif ikut merangkak. 

Memang sangat unik dan terlihat menggemaskan kan?.

4. Bottom Scooter

Pada tipe merangkak ini, bayi mengandalkan pantat mereka untuk menggeser dan menggunakan kedua tangan mereka untuk bergerak maju. Tahapan ini biasanya transisi ke merangkak tipe klasik. Bayi juga akan meluncur dengan baik karena juga belajar untuk mendorong diri maju dengan kakinya, baik lutut atau telapak kaki.

5. Merangkak ala Kepiting

7 Tipe Bayi Merangkak dan Manfaatnya

Buat Bunda yang bayinya merangkak ala kepiting tidak perlu khawatir. Biasanya tipe bayi merangkak ini, caranya dengan bergerak mundur atau menyamping seperti kepiting, lalu bayi akan berusaha melemparkan diri dengan kedua tangan untuk menopang tubuhnya. Bunda bisa menstimulasinya dengan mengajari bayi meletakkan kedua tangan dan kaki lebih lurus dengan posisi badan.

6. Merangkak Berguling

Malas merangkak jadi hanya berguling saja? Tenang, itu termasuk tipe bayi merangkak juga Bunda. Kadang ada bayi yang memilih untuk berguling dari satu tempat ke tempat lain. Walau posisi pindah lebih cepat, Bunda bisa menstimulasinya dengan mengajarkan tangan dan kaki untuk merangkak tipe klasik secara perlahan ya.

7. Merangkak Mundur (Reverse Crawler)

Ada bayi yang tipe merangkaknya mundur dengan menggunakan gerakan yang memungkinkan mereka untuk bergerak ke belakang. Bayi akan menarik diri maju dengan lutut dan tangan mereka, kemudian berguling ke belakang atau bahkan merayap ke belakang. Seru loh Bunda, nanti Bunda tinggal mengajari anak agar bisa merangkak maju ya.

Mengapa Merangkak Penting?

7 Tipe Bayi Merangkak dan Manfaatnya

Selama enam bulan pertama, bayi bergantung pada orang tuanya untuk perpindahan. Ini berarti mereka hanya bisa bergerak dari satu tempat ke tempat lain dengan mendekap. Namun, ketika mereka mencapai usia tujuh bulan, tangan dan kakinya mulai bekerja sama untuk membuat gerakan maju dan mundur.

Perlu Bunda tahu kalau merangkak adalah langkah penting dalam pengembangan motorik bayi dan memiliki beberapa manfaat. Walau mungkin ada yang melewati masa fase merangkak, Bunda bisa tetap mengajari anak agar tetap belajar merangkak.

Baca Juga: 5 Resep Jajanan Anak Sekolah, Dijamin Ketagihan!

Karena merangkak ternyata memiliki banyak manfaat loh Bunda. Berikut manfaatnya!.

1. Mengembangkan Motorik Kasar dan Halus

Merangkak membantu mengasah perkembangan motorik kasar dan halus bayi. Ini membantu mereka memahami bagaimana menggunakan tubuh mereka. Karena itu bayi memerlukan Bunda untuk menemaninya belajar merangkak.

2. Melatih Keseimbangan Tubuh

Bayi merangkak juga melatih keseimbangan tubuh, yang akan menjadi dasar saat mereka belajar berjalan. Biasanya bayi yang merangkak, kekuatan kakinya saat besar tidak akan mudah jatuh dan sangat kuat. Jadi usahakan bayi untuk tetap melewati masa ini ya Bunda.

3. Melatih Koordinasi Mata dan Tangan

Merangkak melatih koordinasi mata dan tangan bayi, membantu perkembangan kemampuan mereka. Untuk menstimulasinya, Bunda bisa menggunakan mainan bulat dan berwarna cerah yang akan menarik perhatian anak. Bisa ditambah mainan yang ada bunyinya jadi saat disentuh akan bunyi, seperti bola yang di dalamnya ada kerincing. Ini akan menarik perhatian bayi sehingga mereka akan semangat mendapatkannya. 

4. Mengembangkan Kekuatan Fisik

Merangkak membantu mempersiapkan tubuh dan otot bayi untuk fase berjalan yang akan datang. Kalau merangkaknya lebih lama, biasanya saat besar anak tidak sering mudah jatuh. Ini karena oto-otot kaki anak sudah lebih kuat di fase merangkak ya Bunda.

5. Membangun Kemampuan Visual Spasial

Merangkak memberi bayi peluang untuk memahami konsep visual spasial dan mengenali benda-benda serta orientasi di sekitarnya.

6. Melatih Koordinasi Sisi Kanan dan Kiri Tubuh

Merangkak membantu koordinasi antara otak kiri dan kanan, yang akan membantu perkembangan pendengaran, penglihatan, dan gerakan bayi.

7. Membangun Rasa Percaya Diri

Merangkak membantu bayi memahami kemampuan mereka dan belajar tentang batasan diri. Hal ini membantu mereka tumbuh dengan rasa percaya diri. Apalagi kalau Bunda saat bayi merangkak ikut menyemangatinya, pasti bayi akan tambah senang dan semangat saat merangkak.

Setiap bayi memiliki gaya merangkak uniknya sendiri. Yang penting adalah memberikan kesempatan bagi bayi untuk mengeksplorasi berbagai cara merangkak dan mendukungnya sepanjang perjalanan perkembangan fase ini.

Baca Juga: Berat Badan Bayi Normal Sesuai Usia Dan Faktor Yang Mempengaruhinya

Bunda tidak perlu khawatir anka akan merangkak dengan tipe bayi merangkak yang mana. Berikan kepercayaan dan yang pasti bayi akan berkembang bergerak dengan lebih nyaman sesuai tipe merangkak yang dipilihnya. 

Jadi tetap semangat ya Bunda menstimulasi tumbuh kembang bayi dan mendukungnya penuh kasih sayang. Semangat ya Bunda!.

Produk Terbaik

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Produk Terbaik

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Sling Single Compartment Gaia / Cinnamon

FLASH SALE JAM 12.00

Rp144.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp289.000

5/5

559 Terjual

JualGabag Beauty Acne Clarifying Facial Cleanser

FLASH SALE JAM 12.00

Rp54.500

FLASH SALE JAM 12.00

50% OFF

Rp109.000

5/5

458 Terjual

JualGabaG Tas Asi – Cooler Bag – Sling Tote Double Compartment Summer / Gilia / Peony / Andrea

50% OFF

Rp335.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp764.730

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp912.630

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,3RB Terjual

JualGabag – Pompa Asi – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

Rp1.130.130

FREE VOUCHER KONSULTASI + FREE BREASTPAD CLASSIC

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

JualGabaG Tas Asi – Backpack Cooler Bag 2 in 1 KINAN / PEANUT ( Laptop Fit)

FLASH SALE JAM 15.00

Rp226.000

FLASH SALE JAM 15.00

50% OFF

Rp449.000

5/5

267 Terjual

JualKolibri Smart – Gabag Kantong ASI 100 ML WFH (Work From Heart)

FLASH SALE JAM 15.00

Rp20.600

FLASH SALE JAM 15.00

60% OFF

Rp51.500

5/5

3,1RB Terjual

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Single Handbag Bunga / Crystal / Awan / Rain Lily / Hummingbird

40% OFF

Rp199.000

5/5

3,4RB Terjual

JualWebinar Batch II – Gabag Roadshow

NEW !!!

Rp30.000

NEW !!!

0% OFF

5/5

50 Terjual

JualGabaG – Tas Asi – Cooler Bag – Sling Single Compartment People / Forest / Nara / Pink Camo / Cactus

50% OFF

Rp259.000

5/5

4RB Terjual

JualGabag – Kolibri Silicone Pump – Breastpump Manual

FLASH SALE JAM 12.00

Rp188.000

FLASH SALE JAM 12.00

30% OFF

Rp269.000

5/5

1,7RB Terjual

Trending Artikel

Uncategorized
Cara Merangsang ASI untuk Atasi Kendala ASI Sulit Keluar
Pompa-ASI-Handsfree
Uncategorized
Kelebihan pakai pompa ASI handsfree
Diaper-Bag-Lokal-yang-Bagus
Uncategorized
Diaper Bag Lokal yang Bagus
rekomendasi-diaper-bag-terbaik-2
Uncategorized
Rekomendasi Diaper Bag Terbaik
Gabag-Yelo Mom- New-Normal-Bag - Diaper-Bag
Uncategorized
Merek Diaper Bag Yang Bagus dan Murah
Gabag - New Normal Bag Stormy - Diaper Bag
Uncategorized
Rekomendasi Diaper Bag Ransel Terbaik untuk Ibu Modern
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
0
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top