Placeholder canvas
[xoo_wsc_cart]

7 Pelancar ASI Alami Untuk Meningkatkan Produksi ASI

Bagikan :
Picture of Echa
Echa
Pelancar ASI Alami Untuk Meningkatkan Produksi ASI

Bunda pasti sudah tahu bahwa air susu ibu (ASI) merupakan salah satu hadiah terindah yang bisa diberikan pada bayi mereka. ASI memang sumber nutrisi terbaik bagi bayi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal. Tapi banyak Bunda yang sering merasa produksi ASI-nya kurang untuk memenuhi kebutuhan bayi. Karena itu Bunda bisa menggunakan pelancar ASI alami untuk meningkatkan produksi ASI.

Ada banyak cara agar produksi ASI meningkat, mulai dari mengonsumsi pelancar ASI alami hingga pijat oksitosin yang benar. Kalau Bunda memilih pelancar ASI dengan bahan alami, pilih yang sehat, bergizi dan tentunya sangat mudah untuk didapatkan. Karena akan menjaga rasa aman serta tenang saat mengonsumsinya untuk bayi dan Bunda.

Baca Juga: Mengenal Teknik Power Pumping Untuk Meningkatkan Produksi ASI

Berikut adalah pelancar ASI alami yang bisa Bunda gunakan untuk meningkatkan ASI ketika menyusui bayi. Cek di sini ya Bunda selengkapnya!.

Laktogogue, Pelancar ASI yang Akan Mengatasi Penurunan Produksi ASI

Laktogogue atau pelancar asi alami

Apabila Bunda telah mencoba segala cara namun produksi ASI tetap menurun, salah satu solusi yang bisa dipertimbangkan adalah mengonsumsi laktogogue. Pelancar ASI biasanya disebut juga laktogogue. Jadi ini merupakan obat, makanan atau zat yang dipercaya dapat membantu merangsang, mempertahankan atau meningkatkan produksi air susu ibu (ASI) ibu menyusui. 

Istilah laktogogue sendiri sebenarnya merujuk kepada obat atau zat yang diyakini dapat merangsang, menjaga, atau meningkatkan produksi ASI. Dan kata ini berasal dari bahasa Yunani, di mana “galact” berarti susu dan “ogogue” berarti meningkatkan.

Baca Juga: Hukum Puasa Bagi Ibu Menyusui, Jangan Takut ASI Kurang!

Laktogogue sendiri terbagi dalam beberapa golongan, yaitu:

1. Laktogogue Obat Sintetis

Dalam penggunaannya, obat sintetis perlu pengawasan karena kemungkinan besar menimbulkan efek samping. Contohnya adalah Metoklopramid, Domperidone.

2. Hormon

Penggunaannya perlu dibatasi dan diawasi oleh dokter karena efek samping yang mungkin timbul. Contohnya seperti Hormon pertumbuhan, Thyrotropin-Releasing Hormone, Oksitosin.

Baca Juga: 7 Ide Menu Bekal Suami Simpel Dalam seminggu, Anti Bosan!

3. Herbal, Pelancar ASI Alami yang Aman

Ini laktogogue yang aman (tanpa efek samping) dan mudah ditemukan di alam. Contohnya adalah Fenugreek, Milk thistle, Biji fennel, Daun katuk, Daun bangun-bangun, Ikan gabus. Dan ini merupakan pelancar ASI yang sering sekali digunakan oleh ibu menyusui untuk meningkatkan ASI. Karena selain aman dan memiliki risiko yang kecil, herbal juga lebih mudah didapatkan oleh Bunda.

7 Pelancar ASI Alami yang Mudah Dikonsumsi Ibu Menyusui 

Berikut beberapa pilihan pelancar ASI alami yang bisa Bunda konsumsi.

1. Biji-Bijian dan Kacang-Kacangan

Pelancar ASI alami seperti biji-bijian dan kacang-kacangan, seperti almond dan kenari mengandung fitoestrogen dan protein yang membantu meningkatkan produksi ASI. Selain itu, mereka juga mengandung lemak sehat yang penting untuk perkembangan otak bayi.

Baca Juga: 10 Menu Buka Puasa untuk Anak, Dijamin Doyan!

2. Sayuran Hijau

Pelancar ASI Alami Untuk Meningkatkan Produksi ASI

Ada banyak sayuran hijau yang bisa Bunda makan seperti bayam, brokoli, dan kangkung. Ketiganya mengandung banyak zat besi dan kalsium yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Dan juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan nutrisi. 

Baca Juga: Cara Pijat Oksitosin Untuk Memperlancar ASI yang Benar

Selain itu juga ada daun katuk dan daun pepaya yang sangat terkenal sejak jaman dahulu. Daun pepaya memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu menyusui. Sedangkan daun katuk merupakan sayuran hijau yang baik, karena mengandung senyawa fitosterol yang dapat merangsang dan melancarkan produksi ASI. Dikenal sebagai pelancar ASI alami, daun katuk memiliki banyak kandungan nutrisi seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Ini dapat membantu merangsang hormon prolaktin yang berperan dalam produksi ASI. 

Tahu tidak Bunda kalau kombinasi daun pepaya dengan daun katuk dan daun bangun-bangun dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Bunda dapat mengonsumsi ramuan herbal ini secara teratur untuk mendukung produksi ASI yang optimal. Sediakan pada menu sehari-hari dalam makan dan menu camilan ibu menyusui, agar Bunda terus mendapat kandungan yang melancarkan ASI setiap saat.

3. Buah Alpukat

Buah alpukat sangat kaya akan lemak sehat, termasuk lemak omega-3 yang penting untuk perkembangan otak bayi dan membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI.

Baca juga: 7 Makanan untuk Memperbanyak ASI Bagi Ibu Menyusui

4. Jahe dan Kunyit

Jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk dalam meningkatkan produksi ASI. Bunda dapat mengonsumsi jahe dalam bentuk teh atau mencampurnya dengan makanan sehari-hari. Penggunaan jahe sebagai cara alami untuk meningkatkan produksi ASI telah terbukti efektif dalam penelitian.

Sedangkan kunyit mengandung minyak atsiri yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Kunyit juga dapat dikombinasikan dengan asam jawa atau sirih untuk memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan ibu dan bayi.

Baca Juga: 5 Makanan Bikin Awet Muda, Bunda Sudah Coba?

5. Ikan

Sumber pangan kaya gizi dan memiliki banyak manfaat ini merupakan dapat menambah kuantitas dan kualitas ASI. Ikan salmon, misalnya, mengandung mineral, vitamin B, protein, dan vitamin D. Asam lemak omega-3 dalam ikan juga membantu menurunkan tekanan darah dan peradangan dalam tubuh, yang dapat membuat tubuh Bunda lebih rileks dan meningkatkan produksi ASI.

6. Air Putih

Ketika Bunda sedang menyusui, jangan lupa untuk minum air putih minimal 3-4 liter sehari. Air putih sangat penting untuk menjaga produksi ASI. Komposisi air dalam ASI dapat mencapai 90%, jadi jika Bunda tidak mengonsumsi cukup air, produksi ASI dapat terpengaruh. Mengonsumsi air putih yang cukup akan menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu produksi ASI menjadi optimal. 

Baca Juga: Menu Buka Puasa Untuk Diet Rendah Kalori Tidak Bikin Gemuk, Wajib Coba ya Bunda!

Jadi kalau Bunda sedang menyusui, perbanyak minum lebih sering dibandingkan ketika tidak menyusui ya!.

7. Fenugreek

Salah satu tanaman herbal yang dipercaya sebagai lactagogue adalah fenugreek. Ini merupakan tanaman herbal yang memiliki manfaat dalam meningkatkan produksi ASI. Kandungan fitoestrogen dalam fenugreek dapat membantu merangsang kelenjar susu untuk menghasilkan lebih banyak ASI. 

Baca Juga: 10 Makanan Pelancar ASI Yang Wajib Ibu Menyusui Konsumsi!

Itulah beberapa makanan yang bisa Bunda konsumsi untuk membantu meningkatkan produksi ASI. Namun, perlu diingat bahwa tidak ada makanan ajaib yang secara instan dapat meningkatkan ASI dalam jumlah besar. Produksi ASI juga dipengaruhi oleh istirahat yang cukup, dukungan emosional, dan frekuensi dalam memberikan ASI.

Ketika banyak mengonsumsi pelancar ASI alami, jangan lupa juga untuk memperbanyak minum agar kerja ginjal tubuh tetap aman jangka panjang. Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter ya Bunda. Agar tidak salah menentukan pilihan, karena pada beberapa orang ada pelancar ASI yang kurang cocok. Jadi jangan samakan ya Bunda hasil produksi ASI ibu satu dan ibu lainnya meski sama mengonsumsi pelancar ASInya. Karena hasil pada tiap Bunda berbeda-beda.

Jadi terus semangat mengASIhi bayi ya Bunda!.

Produk Terbaik

Produk Terbaik

JualGabag – Handsfree Breastpump – Kolibri IMAX Breastpump

FREE STATER PACK & FREE VOUCHER KONSULTASI

Rp699.000

FREE STATER PACK & FREE VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp879.000

5/5

2,8RB Terjual

JualGabaG Tas Asi – Cooler Bag – Backpack Sling Double Compartment Nirmala / Juwita / Onyx / Praya / Tora / Embun / Nathan / Boston / Yuna

32% OFF

Rp289.000

5/5

2,9RB Terjual

JualGabag – Handsfree Breastpump – Kolibri Maximo Breastpump

FREE STATER PACK & VOUCHER KONSULTASI

Rp1.130.130

FREE STATER PACK & VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.299.000

5/5

1,7RB Terjual

JualSesi Konselor Menyusui GabaG

ONLINE & HOME VISIT

Rp200.000

ONLINE & HOME VISIT

0% OFF

Rp200.000

5/5

200 Terjual

JualGabag – Handsfree Breastpump – Kolibri Minimax Breastpump

FREE STATER PACK & VOUCHER KONSULTASI

Rp912.630

FREE STATER PACK & VOUCHER KONSULTASI

13% OFF

Rp1.049.000

5/5

1,2RB Terjual

JualGabagKids Double Lunch Bag (medium) – Tas Bekal anak

FLASH SALE JAM 12.00

Rp126.000

FLASH SALE JAM 12.00

40% OFF

Rp210.000

5/5

212 Terjual

JualMagic Pack Mermaid – Penghangat Bekal

FLASH SALE JAM 12.00

Rp29.000

FLASH SALE JAM 12.00

40% OFF

Rp49.000

5/5

78 Terjual

JualGabaG Tas Asi – Backpack Cooler Bag 2 in 1 KINAN / PEANUT ( Laptop Fit)

20% OFF

Rp432.000

5/5

224 Terjual

JualGabaG – Ice Gel Pack New Edition 200ml – Hot Gel Pack 200ml

26% OFF

Rp10.000

5/5

10RB+ Terjual

JualGift Card Voucher GabaG

Hemat s.d 100RB

Rp95K - 900K

Hemat s.d 100RB

10% OFF

Rp100K - 1.000K

5/5

113 Terjual

Trending Artikel

Manfaat ASI untuk Bayi Cairan Ajaib yang Tak Tertandingi
Ibu Hamil & Menyusui
Manfaat ASI untuk Bayi: Cairan Ajaib yang Tak Tertandingi
Metode-tes-kehamilan-dengan-jari
Uncategorized
Metode Tes Kehamilan dengan Jari: Apakah Ini Efektif?
Cara Meningkatkan Produksi ASI agar Lebih Melimpah
Ibu Hamil & Menyusui
Cara Meningkatkan Produksi ASI agar Lebih Melimpah
Kehamilan Ektopik: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan
Uncategorized
Kehamilan Ektopik: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan
cara-menghitung-usia-kehamilan-dengan-akurat
Uncategorized
Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Akurat
10 Tips Mudik Bawa Bayi yang Aman dan Anti Repot
Ibu dan Anak
10 Tips Mudik Bawa Bayi yang Aman dan Anti Repot
Keranjang Anda0
There are no products in the cart!
0
Pilih Kupon di Bawah
Scroll to Top